Penerapan digital marketing atau pemasaran secara digital memang mendatangkan banyak manfaat. Tidak hanya dalam bentuk peningkatan revenue atau konversi lead saja, namun digital marketing juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan ke website yang dimiliki oleh brand. Apa perbedaan traffic dalam digital marketing?
Adanya perbedaan traffic dalam digital marketing memungkinkan kunjungan target konsumen tidak hanya berasal dari satu sumber saja, sehingga potensi traffic yang besar bisa didapatkan oleh brand yang memanfaatkan strategi digital marketing ini. Nah, agar manfaat berupa naiknya traffic ini bisa didapatkan, yuk simak tips jitu untuk meningkatkannya dengan digital marketing berikut ini.
Perbedaan Traffic Dalam Digital Marketing dan Tips Untuk Meningkatkan Traffic
Kirim Email yang Mengandung Tautan ke Website
Email marketing merupakan salah satu bentuk digital marketing, di mana media yang digunakan adalah email. Strategi satu ini dikenal akan sifatnya yang personal, sehingga membuat target konsumen sebagai pihak yang penerima menjadi lebih terhubung dengan brand yang mengirim email. Untuk meningkatkan traffic, kamu bisa sematkan tautan ke website dalam konten email ini.
Salah satu tipe email untuk pemasaran yang bisa meningkatkan traffic adalah email newsletter. Tipe email satu ini biasanya memuat informasi seperti promosi yang diadakan oleh brand. Nah, untuk bisa mengetahui lebih lengkap promosi atau penawaran dari brand, penerima akan diminta untuk mengeklik tautan ke website, sehingga memungkinkan peningkatan jumlah kunjungan ke website.
Buat dan Tayangkan Konten Evergreen
Konten yang menarik banyak traffic atau kunjungan bukan hanya konten yang lagi viral atau sedang trending. Kamu juga bisa meningkatkan traffic dengan hemat melalui konten evergreen. Konten evergreen merupakan tipe konten yang topiknya akan selalu relevan bagi pembaca atau pengunjung, meskipun tahun sudah berganti, begitu pun dengan hal-hal yang viral silih berganti.
Konten evergreen yang ditayangkan di website akan bisa mendatangkan traffic dari waktu ke waktu, walaupun misalnya kamu tidak memuat konten baru sekalipun. Makanya, buatlah dan tayangkan konten evergreen yang topiknya memang sesuai dengan niche dari website brand, untuk menarik lebih banyak kunjungan target konsumen ke depannya.
Bagikan Konten secara Rutin di Berbagai Platform Media Sosial
Ada perbedaan traffic dalam digital marketing, selain organic traffic yang mungkin lebih akrab di telinga orang-orang, ada juga yang namanya social traffic. Nah, social traffic ini merupakan traffic atau kunjungan ke website yang berasal dari media social. Naiknya traffic disebabkan karena pengguna media sosial mengeklik tautan yang beralamatkan ke website dari brand.
Kamu bisa dapatkan social traffic ini dengan rajin atau secara rutin membagikan konten yang berada di website ke media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, ataupun TikTok. Agar calon pengunjung lebih merasa tertarik, jangan lupa untuk membuat caption ataupun bisa ditambahkan dengan gambar, sehingga calon pengunjung merasa rugi untuk tidak mengekliknya.
Konsisten Mengunggah Konten – Perbedaan Traffic Dalam Digital Marketing
Tidak hanya di media sosial, namun jika kamu ingin agar traffic dari website untuk kebutuhan brand milikmu mengalami peningkatkan, kamu harus memastikan untuk konsisten dalam mengunggah konten. Tentu saja konten yang diunggah mengusung topik yang memang sesuai dan berkaitan dengan brand, bukan konten asal yang diunggah untuk sekadar mengisi website saja.
Konsistensi dalam mengunggah konten akan memberikan dampak positif lainnya, di samping meningkatkan traffic ke website tersebut. Tidak hanya menghadirkan laman baru untuk diindeks oleh Google, namun konsistensi ini juga menunjukkan pada calon pengunjung kalau website tersebut punya banyak informasi dan konten menarik lainnya untuk dibagikan dan disimak oleh orang lain.
Riset Keyword untuk Konten
Penggunaan keyword atau kata kunci yang tepat pada konten di website akan bisa membantu meningkatkan traffic. Tindakan ini juga merupakan salah satu bentuk pengaplikasian SEO (Search Engine Optimization), yang mana salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan peringkat website tersebut di laman hasil mesin pencari seperti Google atau Bing.
Dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu, lalu menyematkannya di dalam konten, maka akan bisa mendatangkan kunjungan ke website, apalagi mengingat website yang mungkin berada di laman pertama hasil pencarian Google. Saat ini juga sudah ada banyak tersedia cara untuk melakukan riset keyword dengan gratis, sehingga akan bisa menghemat isi kantong untuk keperluan pemasaran.
Buat Konten yang Berkualitas Tinggi
Perbedaan traffic dalam digital marketing menandakan kalau ada banyak cara untuk bisa mendatangkan traffic tersebut. Namun, tidak ada hal yang lebih baik untuk mendatangkan traffic, dibandingkan dengan konten berkualitas tinggi yang memang dibutuhkan informasinya oleh para pengunjung. Baik itu organic traffic, direct traffic, hingga social traffic bisa didatangkan oleh konten ini.
Konten yang berkualitas tinggi adalah konten yang memang isinya informatif dan menjawab pertanyaan dari pengunjung. Alhasil, sesudah melihat konten tersebut, apa yang diinginkan dan dicarinya akan bisa ditemukan. Kepuasan atas informasi yang diberikan oleh konten pada website, berpotensi membuat pengunjung kembali mengunjungi website karena kontennya yang relevan.
Nah, itulah tadi 6 tips yang bisa kamu lakukan dan ikuti, untuk meningkatkan traffic dengan hemat. Mengingat adanya perbedaan traffic dalam digital marketing, kamu tidak perlu terpaku untuk meningkatkan satu tipe traffic saja. Usahakan untuk meningkatkan berbagai tipe traffic yang ada, sehingga jumlah kunjungan ke website pun akan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.
Sumber:
WebFX Team. Increase Website Traffic with These 15 No-Fail Strategies. WebFX. Diakses pada tanggal 3 Juli 2023 melalui https://www.webfx.com/digital-marketing/learn/increase-website-traffic/
Riserbato, Rebecca. (2022, Oktober 06). 30 Ways to Drive Traffic to Your Website. Hubspot. Diakses pada tanggal 3 Juli 2023 melalui https://blog.hubspot.com/marketing/increase-website-traffic
Mailchimp Team. How to Increase Website Traffic. Mailchimp. Diakses pada tanggal 3 Juli 2023 melalui https://mailchimp.com/resources/5-ways-to-increase-website-traffic/