Pada era digital marketing seperti sekarang, salah satu profesi yang begitu dicari adalah digital marketing specialist. Jika dilihat dari namanya, bisa dibilang digital marketing spesialist adalah ahlinya di bidang digital marketing. Penasaran dengan profesi yang menjadi incaran di bidang digital marketing ini? Simak penjelasannya berikut ini, beserta dengan peran penting yang diembannya.
Apa Itu Digital Marketing Specialist?
(Canva)
Digital marketing spesialist adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola sebuah brand, dengan cara ikut terlibat dalam kampanye pemasaran atau marketing campaigns. Adapun tanggung jawab yang diemban oleh seorang digital marketing specialist seperti melakukan riset pasar, menyusun strategi pemasaran, serta menciptakan konten digital untuk menyukseskan campaign.
Seorang digital marketing specialist bisa memilih spesialiasinya di area atau bidang tertentu, misalnya di bidang SEO, paid search atau PPC, media sosial, display media, dan lainnya. Pun begitu, seorang digital marketing specialist harus selalu berusaha untuk mengembangkan kemampuannya di berbagai bidang terkait dengan digital marketing.
Peran Seorang Digital Marketing Specialist
(Canva)
Menentukan Tujuan Digital Marketing Campaign
Sebelum mulai membuat campaign, digital marketing specialist bertugas untuk menentukan tujuan dari diadakannya digital marketing campaign tersebut. Jika sudah diketahui tujuan apa yang ingin dicapai dari campaign tersebut, maka pengembangan bahan campaign nanti akan jadi lebih terarah.
Menciptakan dan Mengeksekusi Digital Marketing Campaign
Sebagai seorang digital marketing specialist, kamu berperan dalam membuat digital marketing campaign, lalu kemudian mengeksekusinya. Kamu akan terlibat mulai dari perencanaan, menyusunan, serta pengimplementasioan digital marketing campaign tersebut di berbagai channel dan platform digital yang ada.
Dalam rangka menyukseskan digital marketing campaign tersebut, kamu bisa memanfaatkan pencarian organik, iklan berbayar, email marketing, media sosial, dan channel lainnya. Dengan begini, maka orang-orang yang melihat digital marketing campaign tersebut juga akan makin mengenali perusahaan, brand, produk, dan jasa yang kamu pasarkan.
Membuat Copy dan Konten
Sebagian digital marketing specialist mungkin bekerja dengan content writer dan/atau copywriter untuk membuat copy atau konten yang diperlukan untuk digital marketing campaign mereka. Namun, kebanyakan digital marketing specialist diekspektasikan untuk bisa melakukan hal itu sendiri, baik membuat copy atau menulis konten.
Ekspektasi atas digital marketing specialist inilah yang membuat orang yang mengemban profesi ini harus memiliki kemampuan menulis persuasif yang bagus, serta proses penulisan konten yang efisien dari segi waktu, agar bisa sukses nanti ke depannya. Selain copy dan konten berupa artikel, digital marketing specialist juga biasa menulis guest post, eBook, dan tulisan lainnya.
Mengembangkan Visual Aset untuk Digital Campaign
Pada umumnya, seorang digital marketing specialist diharapkan bisa untuk menciptakan dan mengembangkan visual aset sendiri untuk kebutuhan digital campaign. Namun, tak jarang juga digital marketing specialist memilih untuk bekerja sama dengan desainer grafis untuk mewujudkan aset visual tersebut.
Seorang digital marketing specialist yang hebat biasanya ditandai dengan ilmunya yang mendalam seputar penggunaan tool grafis, seperti Adobe Illustrator. Digital marketing specialist itu nantinya bisa memanfaatkan tool tersebut untuk mengembangkan aset demi kebutuhan display advertising, email marketing campaign, serta pemasaran infografik.
Mengelola Website
Digital marketing specialist juga berperan dalam mengelola website, serta mempublikasikan konten di website tersebut. Pengelolaan website ini dilakukan guna mendukung kampanye pemasaran yang sedang dijalankan. Sebagai seorang digital marketing specialist, kamu akan diharapkan paham akan sistem manajemen konten perusahaan, serta melakukan optimisasi teknis pada website.
Mengawasi dan Mengoptimasi Marketing Campaign
Seorang digital marketing specialist juga berperan dalam hal mengawasi performa marketing campaign, serta mengoptimasinya dari waktu ke waktu. Kamu yang mengembang profesi ini bisa menggunakan tool seperti Google Analytics guna mengetahui bagaimana dihasilkannya traffic pada website dan mengidentifikasi peluang terbaik guna meningkatkan tujuan bisnis.
Melaporkan Hasil Marketing Campaign
Sebagai seorang digital marketing specialist, kamu juga akan bertanggung jawab untuk memberikan laporan pada marketing manager atau direktur pemasaran di tempat kamu bekerja. Kamu perlu mempersiapkan laporan hingga presentasi, guna menunjukkan hasil pekerjaanmu dalam marketing campaign yang telah dilakukan sebelumnya.
Agar bisa membuat laporan marketing campaign yang tepat dan berdaya guna, kamu harus melakukan analisis terlebih dahulu atas hasil dari campaign yang diadakan. Dalam laporan yang diberikan pada pimpinan tersebut, kamu juga harus memberitahukan secara spesifik, berapa target KPI (Key Performance Indicators) yang berhasil kamu capai.
Memantau Perkembangan Tren Teknologi dan Digital
Jika kamu memutuskan untuk menjadi seorang digital marketing specialist, maka kamu harus pastikan kalau kamu selalu mengikuti tren terkini yang berkaitan dengan teknologi web dan digital. Kemunculan media sosial baru hingga tren digital marketing terkini harus selalu masuk ke dalam radarmu. Hal ini nantinya akan berguna bagimu dalam menyusun campaign nantinya.
Menjalin Kerjasama dengan Pekerja Kreatif
Jika kamu merasa belum mumpuni untuk membuat konten ataupun mendesain web guna kepentingan digital campaign nantinya, kamu bisa jalin kerjasama dengan pekerja kreatif terlebih dahulu. Sebagai seorang digital marketing specialist, kamu juga berperan dalam menghubungi, mewawancarai, dan mempekerjakan pekerja kreatif, seperti artist, web designer, dan videographer.
Digital marketing spesialist adalah sosok dibalik pelaksanaan digital marketing sebuah brand. Peran digital marketing specialist ini tidak main-main, mulai dari menentukan tujuan digital marketing campaign, hingga melaporkannya nanti pada para atasan. Makanya, tidak heran jika digital marketing specialist diharapkan punya deretan skill yang mumpuni di bidang ini.