River

Ternyata, Ini Bedanya Digital Marketing dan Marketing di Indonesia!

Ternyata, Ini Bedanya Digital Marketing dan Marketing di Indonesia!

Memasuki era digital, teknik pemasaran pun bergeser ke penggunaan platform digital sebagai medianya. Makanya, gak heran jika pemanfaatan digital marketing Indonesia saat ini begitu berkembang dengan begitu pesat. Lantas, apa yang menjadi pembeda antara digital marketing dengan sekadar marketing saja? Simak ulasannya di bawah ini. 

Pengertian Marketing dan Digital Marketing

pengertian-marketing-dan-digital-marketing

(Canva)

Sebelum membahas perbedaan antara keduanya, yuk pahami lagi pengertian dari marketing dan digital marketing ini. Istilah marketing merujuk pada aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produk dan layanan yang dimilikinya. Sedangkan istilah digital marketing merujuk pada aktivitas promosi perusahaan yang menggunakan internet dan platform digital lainnya. 

Berdasarkan pengertian istilahnya, kamu mungkin sudah memahami perbedaan antara marketing dan digital marketing. Marketing mencakup semua bentuk atau platform pemasaran atau promosi yang dilakukan, guna terjualnya produk atau terpakainya layanan, sedangkan digital marketing fokus pada promosi atau pemasaran produk atau layanan dengan menggunakan platform digital. 

Jika dibandingkan dengan pemasaran terdahulu atau yang masih tradisional, tentu terdapat perbedaan yang signifikan dengan digital marketing. Jika pemasaran tradisional menggunakan media berupa banner, spanduk, brosur, iklan televisi dan radio, digital marketing malah menggunakan media digital seperti email, website, aplikasi ponsel, dan lainnya. 

Tipe Digital Marketing 

tipe-digital-marketing

(Canva)

Berdasarkan media yang digunakan, digital marketing bisa dibedakan ke dalam beberapa tipe. Pemilihan tipe digital marketing yang tepat ini nantinya bisa disesuaikan dengan tujuan pemasaran produk atau layanan yang kamu miliki. Simak berikut ini tipe-tipe dari digital marketing tersebut. 

SEO (Search Engine Optimization

seo-search-engine-optimization

(Canva)

SEO (Search Engines Optimization) bisa dibilang sebagai salah satu tipe digital marketing Indonesia favorit pada saat ini. SEO berguna untuk mengoptimasi website, sehingga laman website tersebut bisa muncul di peringkat teratas hasil pencarian Google, saat konsumen potensial mencari informasi untuk kata kunci atau keyword yang berhubungan dengan brand yang dimiliki. 

Dalam mengaplikasikan SEO, kamu perlu mengetahui apa saja kata kunci sehubungan produk atau layananmu yang digunakan oleh konsumen. Jika kata kuncinya sudah diketahui, maka kamu bisa mengembangkan konten terkait dengan kata kunci tersebut. Gak hanya meningkatkan peringkat di halaman hasil pencarian, SEO juga akan meningkatkan traffic organik ke website tersebut. 

Content Marketing 

content-marketing

(Canva)

Content marketing merupakan tipe digital marketing yang memanfaatkan konten untuk memasarkan sebuah brand. Format konten untuk kebutuhan content marketing bisa disesuaikan dengan platform yang digunakan, seperti blog, media sosial, email, dan platform lainnya. Jadi, gak heran jika kontennya pun beragam nanti, bisa jadi berupa infografik, video, template, dan lainnya. 

Social Media Marketing 

social-media-marketing

(Canva)

Social media marketing juga merupakan salah satu tipe digital marketing Indonesia favorit saat ini. Melihat makin banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, tentu gak salah jika hal tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan pemasaran. Sesuai dengan namanya, social media marketing (SMM) memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan brand, produk, atau konten. 

Penggunaan social media marketing membuatmu bisa jadi lebih dekat dengan konsumen dan calon konsumen, mengingat interaksi 2 arah yang bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya saja, dengan menggunakan Instagram sebagai media promosi, kamu bisa saling berbalas komentar dengan calon konsumen, sehingga kamu bisa tahu apa hal yang diinginkannya dari brand milikmu. 

Email Marketing 

email-marketing

(Canva)

Email marketing merupakan pemasaran yang dilakukan melalui email atau surat elektronik. Dari cara kerjanya, bisa dibilang kalau email marketing menghubungkan langsung brand dengan target konsumen yang memang tertarik dengan brand tersebut. Hal ini disebabkan karena brand butuh persetujuan dulu dari konsumen untuk menerima email pemasaran yang dikirimkan padanya. 

Lantas, apa saja konten atau isi dari email pemasaran yang dikirimkan pada konsumen tersebut? Utamanya, email pemasaran yang dikirimkan berguna untuk mempertahankan interaksi antara brand dengan konsumen. Konsumen bisa memperoleh informasi terbaru mengenai brand, seperti produk atau layanan terbaru, promo yang sedang berlangsung, serta trivia lain yang gak kalah menarik. 

Instant Message Marketing

instant-message-marketing

(Canva)

Instant message marketing merupakan tipe pemasaran digital yang menggunakan pesan singkat sebagai media untuk pemasarannya. Perlu dipahami, pesan singkat untuk pemasaran ini gak hanya terbatas pada pesan singkat melalui provider saja, melainkan juga pesan singkat melalui platform lain, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan platform lainnya yang punya fitur direct message

Pemanfaatan instant message marketing ini akan membuat konsumen merasa lebih terhubung dengan brand yang kamu miliki. Jadi, saat ada pertanyaan dari konsumen, feedback akan bisa langsung diberikan dengan layanan pesan otomatis yang dipasang oleh brand tersebut pada platform instant message marketing yang digunakannya. Konsumen pun jadi gak merasa terabaikan.  

Affiliate Marketing 

affiliate-marketing

(Canva)

Siapa nih yang sudah mencoba untuk menjadi seorang affiliate marketer? Affiliate marketing merujuk pada pemasaran yang menggunakan jasa pembuat konten untuk memasarkan brand-nya. Saat terjadi pembelian produk atau jasa yang dipicu oleh promosi konten tersebut, maka akan ada komisi yang diberikan oleh si pembuat konten tersebut.  

Saat ini, pemasaran dengan metode ini banyak digunakan oleh e-commerce besar tanah air, seperti Shopee dan Tokopedia.  Jika kamu berhasil mengajak orang untuk membeli produk yang dijual di e-commerce tersebut melalui tautan yang kamu berikan, maka komisi menarik akan kamu terima. Semakin banyak yang membeli melalui tautanmu, tentu semakin banyak komisinya. 

Itulah tadi ulasan mengenai perbedaan antara marketing dan digital marketing, berikut dengan beberapa tipe digital marketing tersebut. Saat ini, bidang digital marketing Indonesia bisa dibilang berkembang dengan begitu pesat. Kamu yang memiliki brand dan ingin bisa mencapai target penjualan yang diinginkan, bisa manfaat digital marketing untuk promosi brand milikmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *