River

Sudah Tahu Marketing Agency Tugasnya Apa?

Sudah Tahu Marketing Agency Tugasnya Apa?

Dalam hal pemasaran dan periklanan perusahaan, ada berbagai jenis marketing agency atau agensi pemasaran yang sangat populer dan banyak digunakan. Kegiatan pemasaran selalu dibutuhkan oleh usaha kecil hingga besar dan korporasi. Agensi periklanan sudah terkenal sejak lama, dan sekarang trennya mengarah ke agen pemasaran digital. 

Munculnya perusahaan-perusahaan agensi ini memiliki keunggulan tersendiri. Selain mendukung pembangunan ekonomi dari berbagai sudut, perusahaan-perusahaan baru yang masih belum memahami pemasaran dengan baik dapat menggunakan jasa agensi. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Apa Itu Agensi Pemasaran atau Marketing Agency?

(Canva)

Agensi pemasaran atau marketing agency adalah agen yang membantu klien menerapkan dan mengelola aktivitas strategi pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Berbeda dengan agensi digital marketing, agensi pemasaran menggunakan strategi pemasaran tradisional yang fokus pada jasa pemasaran seperti periklanan media cetak, public relations, brand management, pemasaran melalui siaran televisi atau radio.

Agen pemasaran mempertimbangkan seluruh aspek pemasaran yaitu produk atau jasa, harga, tempat dan promosi. Kegiatan ini lebih dari sekadar iklan karena mencakup pendekatan umum untuk menjual produk atau layanan. 

Banyak juga agensi yang menawarkan layanan riset pasar, pengembangan merek, konten kreatif, periklanan digital, pembelian media, dan layanan pemasaran lainnya. Kantor pemasaran mengembangkan strategi dan rencana pemasaran yang komprehensif. Agensi ini juga memberikan laporan tentang semua metrik terkait sehingga kamu bisa melacak kinerja pemasaran perusahaan.

Dalam bisnis, bukan tidak mungkin bila ditemukan banyak metode pemasaran perusahaan yang sama. Hal ini juga menciptakan persaingan dan menuntut bisnis untuk bekerja lebih keras untuk memasarkan produk dengan lebih baik. Agensi pemasaran hadir untuk membantu bisnismu dengan membuat strategi atau menawarkan layanan khusus untuk mengembangkan bisnis melalui saluran pemasaran dan periklanan yang berbeda. 

Tugas dan Peran Marketing Agency

(Canva)

Beberapa tugas dan peran dari agensi pemasaran adalah sebagai berikut.

Memasarkan Secara Profesional

Mari bicara soal profesionalisme marketing. Dalam dunia pemasaran, profesionalisme sangat penting untuk kelangsungan usaha. Pondasi profesionalisme adalah bisa mencapai tenggat waktu dan target namun juga media pemasaran yang berkualitas. 

Sekalipun suatu teknik pemasaran memiliki waktu penyelesaian yang berhasil, percuma jika kualitasnya tidak memuaskan. Di sisi lain, teknik pemasaran, meskipun secara kualitatif memuaskan, tidak ada gunanya jika tidak memenuhi tenggat waktu. Agensi pemasaran harus selalu memperhatikan dua hal ini agar klien tidak kecewa.

Mengetahui Tren

Manfaat lain yang akan kamu dapatkan dengan menyewa jasa marketing agency adalah mengetahui tren, karena ini menjadi tugas utama agensi. Tren di dunia pemasaran sangat cepat berubah. Ketika datang ke pasar bisnis, kamu bisa ketinggalan jika tidak up to date

Sebuah agensi pemasaran harus memahami tren termasuk juga tren di dunia digital. Dengan menggunakan jasa ini, kamu tidak perlu lagi mempertanyakan informasi tren. Karena agensi biasanya melatih beberapa orang untuk fokus pada tren. 

Membuat Rencana Pemasaran dan Mengelolanya

Membantu mengembangkan, merencanakan, dan mengelola konsep pemasaran adalah salah satu tugas lainnya dari agensi pemasaran. Selain itu, agensi juga merencanakan media apa yang paling kamu butuhkan untuk bisnis. Hal ini termasuk juga saran strategi yang paling efektif dan efisien.

Strategi diperlukan untuk memastikan keberhasilan proses pemasaran. Mendiskusikannya dengan perusahaan adalah langkah penting pada tahap ini karena dari perusahaan dan pihak agensi harus mencocokkan, mengetahui, dan mendiskusikan intuisi strategi mana yang harus ditempuh perusahaan.

Memantau Hasil Pemasaran

Setiap proses pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan pasti dievaluasi. Salah satu evaluasinya menyangkut pertumbuhan perusahaan, mulai dari kepercayaan pengguna terhadap produk yang dijual dan berapa lama pengguna ingin terus menggunakan produk tersebut. Kegiatan ini juga menjadi tugas dari agensi pemasaran. 

Membantu pemasaran selaras dengan sasaran bisnis, pengelolaan setiap penetapan sasaran/sasaran bisnis berbeda dengan pemasaran. Selain itu, agensi harus memastikan target pemasaran tercapai. Kegiatan pemasaran memiliki tujuan tertentu yang harus direncanakan dengan baik berdasarkan hasil evaluasi.

 

Baca juga: Jenis Strategi Digital Marketing Paling Jitu

 

Menemukan Strategi Baru

Agensi marketing harus menemukan kemungkinan potensial dari tiap-tiap strategi pemasaran. Proses ini menjadi tanggung jawab dan tugas yang harus dipenuhi. Jika strategi tidak di-update, bisa-bisa klien ketinggalan peluang besar. Selain itu, strategi baru yang mungkin lebih baik bisa diadopsi oleh perusahaan atau dikembangkan sendiri menjadi lebih sempurna.

Manfaat Agensi Pemasaran atau Marketing Agency

(Canva)

Jika melihat tugas dan perannya, agensi pemasaran memang dapat berontribusi pada perusahaan. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain yang akan kamu dan perusahaan dapatkan jika menggunakan jasa marketing agency. Berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan.

Meningkatkan Penjualan

Jasa pemasaran akan meningkatkan konversi penjualan perusahaan. Salah satunya karena banyak agen pemasaran menerapkan strategi pemasaran mesin pencari, yang dianggap memiliki tingkat konversi tertinggi. Oleh karena itu, produk atau jasa yang dipasarkan pada bisnis dapat lebih mudah menarik calon pelanggan.

Menghemat Waktu 

Bayangkan kalau kamu baru saja memulai bisnis dan perlu mempekerjakan beberapa ahli untuk menghasilkan strategi bisnis. Belum lagi staf kreatif yang membantu produksi. Waktu untuk lebih fokus pada pengembangan bisnis bisa tersita. Selain itu, kamu tidak perlu mempelajari seluk-beluk pemasaran dari awal untuk menerapkannya pada bisnismu.

Membantu Bisnis Berkembang

Menggunakan jasa agen pemasaran akan membantu bisnis berkembang dengan strategi dan panduan yang tepat. Begitu pula ketika kamu membandingkan dengan pesaing lain, bisnis kamu akan memiliki nilai yang kuat yang dapat membantumu menonjol di antara persaingan di pasar. Selain itu, pemasaran bisnis lebih profesional ketika manajemen berada di tangan tim yang tepat.

Itulah pembahasan mengenai marketing agency. Semua jenis perusahaan pasti ingin meningkatkan penjualan bisnis dan pada akhirnya mempengaruhi cara memasarkan produk tersebut. Sebelum kamu memutuskan, pikirkan dengan matang agensi mana yang akan kamu pilih.

 

Sumber:

https://www.dreambox.id/blog/digital-marketing/pentingnya-marketing-agency-untuk-pertumbuhan-bisnis-anda/#keuntungan-saat-menggunakan-jasa-marketing-agency

https://www.dhadigital.com/pengertian-dan-peranan-digital-marketing-agency-saat-ini/

https://marketz.id/ini-dia-pengertian-agency-tugas-dan-4-jenis-jenisnya/#:~:text=Marketing%20Agency%20akan%20membangun%20strategi,melacak%20kinerja%20pemasaran%20bisnis%20Anda.

https://www.mediatics.co.id/publications/marketing-agency-dan-peran-pentingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *