River

Strategi Digital Marketing Indonesia untuk Pemula

Strategi Digital Marketing Indonesia untuk Pemula

Menggunakan strategi digital marketing Indonesia sejatinya bukan hal yang merugikan saat ini, malah justru menguntungkan. Melalui strategi ini, suatu bisnis dapat menjangkau banyak pelanggan maupun calon customer secara mudah di berbagai platform digital.

Mengaplikasikan Strategi Digital Marketing untuk Pemula

Saking pentingnya, tidaklah mengherankan jika kemudian semakin banyak orang mulai mendalami strategi pemasaran digital. Terlebih, strategi yang kuat akan membantu bisnis mencapai tujuan yang optimal. Buat kamu yang masih pemula, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendalami strategi ini. Berikut beberapa di antaranya.

1. Segera tentukan target pasar

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan saat memulai strategi digital marketing adalah menentukan siapa target pasar atau konsumen terlebih dahulu. Kamu juga wajib memiliki suatu Setelah menentukan siapa yang akan menjadi konsumen dari produk yang kamu tawarkan, maka buatlah produk sebagai solusi masalah mereka.

Kamu juga perlu melakukan riset sebelum membuat produk yang akan menjawab permasalahan yang dialami oleh kelompok masyarakat tertentu. Nantinya, kelompok itulah yang akan menjadi target pasar dari produk atau jasa yang kamu hasilkan.

2. Tentukan produk dengan solusi terbaik

Hal yang juga wajib diketahui saat mempelajari strategi digital marketing Indonesia untuk pemula adalah mengetahui dan menentukan produk yang akan ditawarkan sebagai solusi. Dengan kata lain, kamu tidak hanya memilih pasar namun juga memiliki produk yang tepat.

Pastikan kembali produk tersebut menjadi solusi dari permasalahan yang dialami oleh para konsumen. Perlu diingat bahwa produk tersebut bukan hanya solusi terbaik, sebab jika tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, maka mereka akan meninggalkan produk kita dan mencari yang lebih baik.

3. Mulai membuat website sendiri

Salah satu cara mempelajari digital marketing selanjutnya yakni dengan membuat website sendiri. Tentunya, web ini dibangun setelah kamu memiliki produk yang jelas serta target pasar yang tepat. Website ini tentu akan menjadi salah satu identitas yang akan dikenal pasar.

Sebenarnya kamu dapat menggunakan platform marketplace yang banyak tersedia di internet. Akan tetapi ingatlah bahwa situs tersebut bukan merupakan milikmu sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membangun website sendiri sehingga dipandang lebih profesional.

4. Membangun media sosial

Setelah membangun website, maka langkah berikutnya yang wajib dilakukan adalah membuat akun sosial media. Media sosial saat ini dipandang sebagai salah satu platform yang sangat menguntungkan bagi berbagai bisnis, terutama dalam hal promosi.

Kamu bisa memilih sejumlah media sosial yang saat ini sedang tren. Mulai dari Facebook, Instagram, hingga TikTok. Ada baiknya kamu memilih media sosial yang tepat dan sesuai dengan target pemasaran produk yang kamu incar.

Sebagai contoh, jika target pasar yang kamu sasar adalah remaja putri, maka media sosial seperti TikTok atau Instagram lebih cocok. Berbeda misalnya jika target pasar adalah orang-orang yang sudah lebih dewasa, maka menggunakan Facebook atau WA Business dapat menjadi pilihan.

5. Kembangkan macam-macam strategi digital marketing

Mempelajari digital marketing Indonesia untuk pemula tentu tidak akan maksimal apabila kamu tidak menerapkan berbagai strategi yang tersedia. Untuk pemula, kamu dapat mempelajari SEO, SEM, hingga Social Media Ads. Ketiganya dapat digunakan untuk meningkatkan jangkauan digital marketing yang kamu lakukan.

SEO digunakan supaya bisnis yang kamu jalankan dapat muncul di laman pertama Google. SEM merupakan layanan berbayar yang dapat digunakan sehingga bisnis yang kamu jalankan lebih cepat dikenal. Sementara Ads berkaitan dengan iklan yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan SEM.

Selain itu, kamu juga dapat membuat berbagai konten yang juga berguna sebagai langkah pemasaran yang cocok untuk berbagai target pasar. Mulai dari video marketing, content grafis di media sosial, dan sebagainya. Semakin menarik konten tentu dapat mengundang banyak pelanggan.

6. Marketing dengan jasa influencer

Periklanan menggunakan influencer saat ini dipandang sebagai salah satu strategi yang ampuh untuk meningkatkan hasil dari strategi digital marketing. Influencer sendiri merupakan strategi marketing yang dilakukan melalui endorsement orang yang memiliki pengaruh di media sosial.

Kamu dapat bekerja sama dengan orang yang sudah memiliki branding dan memiliki pengaruh bagi followers-nya yang banyak. Ketika ada produkmu yang direkomendasikan oleh influencer, maka akan ada banyak followers yang kemudian mencari lebih jauh tentang produk tersebut dan membelinya.

7. Perbanyak ilmu dan pengalaman

Bagi para pemula, mempelajari banyak hal dan meningkatkan pengalaman dalam bidang digital marketing sudah pasti harus selalu dilakukan. Kamu dapat bergabung dalam sejumlah komunitas digital marketer hingga mengikuti bootcamp atau berbagai pelatihan untuk semakin mengasah skill.

Kamu juga dapat membaca berbagai referensi buku hingga tutorial di internet perihal digital marketing. Terlebih, saat ini ada banyak referensi yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar dengan berbagai fasilitas. Jangan ragu bertanya pada ahlinya jika mengalami kesulitan.

Itulah sejumlah strategi digital marketing Indonesia yang bisa dijalankan bagi kamu yang merasa masih awam dan pemula. Tidak perlu lagi merasa canggung dengan banyaknya digital marketer berpengalaman, justru gunakan kesempatan belajar dengan mereka. Selamat mencoba!

Source:

Hamid. (2022). Strategi Digital Marketing yang Tepat. APTANA.co.id

Redaksi. (2022). Cara Belajar Digital Marketing untuk Pemula dan Langkahnya. Binar Academy.

Redaksi. (2022). 12 Cara Belajar Digital Marketing untuk Pemula. PijarMahir.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *