Digital marketing merupakan teknik pemasaran yang sangat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Dari tahun ke tahun strategi digital marketing akan terus berubah karena tren media digital juga akan berbeda. Jika tidak mengikuti perubahan zaman sesuai tren di masyarakat maka strategi yang diterapkan tidak akan bisa memberi efek yang optimal.
Pentingnya Mengikuti Tren Digital Marketing
Mengapa penting bagi marketer untuk mengikuti tren strategi pemasaran digital terbaru? Perlu diketahui bahwa persaingan di bidang ini cukup ketat. Hampir semua perusahaan atau bisnis menggunakan strategi pemasaran lewat platform digital. Mereka akan terus mengikuti tren yang berkembang di kalangan masyarakat terkait pemakaian media digital.
Misalnya sebelum TikTok muncul, masyarakat lebih banyak menggunakan Instagram. Pada saat itu Instagram menjadi media pemasaran yang sangat efektif dan bisa menjangkau begitu banyak target audiens. Namun saat ini kondisi berubah karena muncul platform TikTok yang ternyata mampu meraup jumlah pengguna yang cukup signifikan.
Kini TikTok menjadi salah satu media digital yang sangat populer untuk menjalankan strategi pemasaran. Bahkan dibandingkan Instagram, TikTok bisa menjangkau lebih banyak jumlah audiens dan meningkatkan penjualan secara signifikan. Jika pelaku usaha tidak move on dan terus menggunakan Instagram tanpa memanfaatkan TikTok, bisa jadi hasil penjualannya akan jalan di tempat.
Strategi Digital Marketing 2023
Mari cari tahu apa saja tren pemasaran digital yang bisa kamu terapkan di tahun 2023. Salah satu tugas penting yang harus dijalankan oleh seorang digital marketer memang mengikuti perkembangan dan tren seperti ini. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran digital 2023 yang sangat efektif untuk diterapkan:
Pemakaian Konten Video
Konten video kini menjadi salah satu bentuk digital marketing yang paling umum digunakan. Bisa dilihat sendiri zaman sekarang ada banyak sekali bentuk promosi atau iklan produk melalui video. Marketer juga semakin kreatif membuat video yang menarik sehingga bisa menjangkau lebih banyak target audiens.
Dibandingkan konten iklan berupa foto atau poster, konten video memang terlihat jauh lebih menarik. Video lebih bisa dinikmati oleh para audiens dan membuat pesan di dalamnya tersampaikan dengan baik. Apalagi sekarang ada fitur Reels di Instagram yang mempermudah pengguna untuk mengunggah konten-konten video dengan mudah sehingga kreativitas bisa semakin berkembang.
Live Streaming Jadi Andalan
Saat ini ada banyak sekali pelaku bisnis yang melakukan live streaming atau siaran langsung di media sosial. Faktanya, siaran langsung ternyata sangat membantu mendongkrak hasil penjualan. Live streaming bisa mempopulerkan sebuah produk atau bisnis secara efektif. Apalagi jika hal tersebut dilakukan lewat platform yang populer seperti TikTok dan Instagram.
Bahkan saat ini e-commerce sudah menyediakan fitur live streaming yang bisa dipakai oleh semua pengguna. Melalui fitur tersebut, penjual bisa melakukan promosi secara langsung kepada audiens. Mereka juga bisa menjaring lebih banyak konsumen selama live streaming. Selain popularitas bisa meningkat, angka penjualan juga akan meningkat pesat lewat cara ini.
Kerja Sama dengan Influencer
Tren strategi digital marketing 2023 berikutnya yang juga efektif untuk dicoba adalah kerja sama dengan influencer. Sepertinya ini bukan bentuk tren pemasaran digital yang baru namun masih cukup populer diterapkan di zaman sekarang. Di sini pelaku bisnis akan berusaha untuk menggandeng influencer yang punya pengaruh cukup besar untuk meningkatkan jangkauan target konsumen mereka.
Jika kamu ingin menjalankan strategi ini, maka penting sekali untuk memilih influencer yang tepat. Saat ini ada banyak sekali influencer yang bisa kamu ajak untuk bekerja sama. Namun tidak semuanya cocok dengan bisnis yang kamu jalankan atau target konsumen yang kamu inginkan. Jadi harus disesuaikan sehingga apa yang dilakukan oleh influencer tadi bisa memberi pengaruh ke audiens yang tepat.
Optimasi Mobile
Selanjutnya kamu perlu melakukan optimasi mobile. Di zaman sekarang ini penggunaan perangkat mobile sangatlah tinggi. Sebagian besar orang lebih memilih untuk mengakses informasi maupun belanja lewat perangkat mobile mereka. Jadi para digital marketer sangat disarankan untuk mengoptimalkan akses mobile mereka. Bisa dimulai dengan optimasi website untuk perangkat mobile.
Umumnya kenyamanan akses website lewat perangkat mobile kurang begitu diperhatikan. Padahal di zaman sekarang ini banyak orang lebih sering mengakses website pakai perangkat mobile. Jika tampilan website di mobile jauh lebih nyaman dan efektif, maka strategi pemasaran digital ini bisa jauh lebih optimal. Jadi sangat disarankan untuk mulai mengoptimasi SEO mobile di tahun 2023 ini.
Media Sosial sebagai Customer Service Tools
Marketer di tahun 2023 ini juga akan lebih fokus pada pemakaian media sosial sebagai customer service tools. Mereka akan menggunakan media sosial sebagai alat untuk melayani konsumen secara langsung. Jadi media sosial tidak hanya dipakai untuk promosi namun juga berkomunikasi dan melayani konsumen. Hal ini ternyata sangat disukai oleh konsumen karena terasa jauh lebih praktis.
Sebagian besar konsumen di zaman sekarang memang lebih suka mengakses informasi produk bahkan melakukan pembelian via media sosial. Media sosial sebagai customer service tools juga terbukti punya banyak keunggulan. Salah satunya bisa menghasilkan pelayanan yang cepat dan efektif sehingga memberi kepuasan tersendiri bagi konsumen.
Penerapan strategi digital marketing yang tepat dan sesuai tren tentunya akan memberi hasil lebih optimal. Apalagi persaingan bisnis di dunia digital seperti sekarang begitu ketat. Tentunya kamu harus punya strategi pemasaran digital yang benar-benar efektif demi keuntungan lebih besar. Kamu bisa mulai dengan menerapkan satu per satu tren digital marketing yang sudah dibahas tadi.
Sumber:
Aini, Alisatul. (2023, Juli 09). 7 Tren Digital Marketing 2023, Marketer, Siapkan Dirimu! Diakses pada tanggal 10 Juli 2023 melalui https://glints.com/id/lowongan/tren-digital-marketing-2023/.
Rayi, Marhyandi. (2022, Desember 21). Rekomendasi Strategi Digital Marketing di Tahun 2023. Diakses pada tanggal 10 Juli 2023 melalui https://meson-digital.com/blog/strategi-digital-marketing/.
GreatNusa. (2023, April 30). 5 Strategi Digital Marketing yang Efektif di Tahun 2023. Diakses pada tanggal 10 Juli 2023 melalui https://greatnusa.com/artikel/strategi-digital-marketing-2/.