Digital Marketing Spesialist adalah menjadi salah satu jenis pekerjaan yang semakin populer belakangan ini. Dari tingginya perkembangan internet, banyak perusahaan menggunakan memakai jasa mereka dalam menjual produk atau layanan secara online.
Beberapa Kemampuan yang Perlu Dimiliki Spesialis Pemasaran Digital
Digital marketer sering berkutat dalam pembuatan konten; optimasi situs, memasang iklan online, email marketing; dan admin sosmed. Memang jika dilihat sekilas, cukup kompleks modal kemampuan seorang spesialis pemasaran digital.
Kalau Anda ingin menjadi pemasar digital handal, lebih baiknya kuasai terlebih dahulu skill-skill berikut:
1. SMM
Setiap barang yang dijual sekarang sering kali tidak lepas dari peran media sosial. SMM atau pemasaran melalui sosial media memungkinkan pemasar membangun pengikut dengan jangkauan yang sangat luas.
SMM juga bisa menarget calon pelanggan dengan promosi atau konten yang relevan dengan calon pelanggan tersebut. Harus jitu dalam memutuskan media sosial mana yang pas untuk bisnis Anda.
Misal saat sudah gencar promosi melalui FB, bisa saja potensi terbesar ada pada TikTok. Nantinya Anda perlu mempelajari variasi konten yang efektif, cara komunikasi, jam unggah konten, dan sebagainya. Segala hal yang bisa mengikat pengikut suatu bisnis menjadi loyal adalah salah satu misi SMM.
2. Copywriting
Selain SMM, copywriting tidak kalah penting dalam bidang digital marketing. Skill copywriting membuat Anda dapat mengubah bahasa yang tadinya susah dipahami ke yang lebih familiar dengan konsumen. Walau memang terkesan simpel, skill copywriting dijamin akan membuat bisnis lebih meyakinkan dan menjadi persuasif.
Dalam mempelajari copywriting, Anda perlu tahu seperti apa cara tepat agar menarik perhatian para calon pembeli. Copywriting perlu memunculkan ketertarikan dengan jasa atau pun produk. Copywriting selanjutnya bisa mempengaruhi calon pelanggan untuk melakukan pembelian produk Anda.
Tidak hanya itu saja, copywriting akan membuat pelaku bisnis luwes berkomunikasi bersama konsumen. Dengan begitu, Anda akan lebih dipercaya oleh konsumen. Copywriting memiliki beberapa bentuk.
Bisa dari copywriting di website, email pemasaran, postingan di media sosial, iklan di platform, dan bahkan pada produknya itu sendiri. Dengan kata lain, cakupan copywriting cukup luas.
3. SEO
Digital Marketing Spesialist adalah profesi yang pastinya tidak lepas dari SEO. SEO erat kaitannya dengan trafik organik. Elemen penting digital marketing ini muncul paling awal tepatnya dari sejak terdapat website. Pemasar sering berkutat pada SEO supaya situs bisa masuk ke halaman pertama Google atau mesin pencarian lainnya.
Hasil dari SEO adalah lebih banyak lagi netizen mampir mengunjungi situs tersebut. Ada salah satu elemen utama dari SEO yaitu kata kunci/ keyword. Riset harus dilakukan terhadap kata kunci tersebut agar bisa mengetahui volume pencarian maupun tingkat kesulitan kata kunci.
Ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk keperluan ini. Misalnya Ahrefs, Keyword Planner dari Google, Moz, dan sebagainya. Perlu diketahui juga kalau kompetisi pada bidang SEO semakin ketat.
Apa lagi, tidak menutup kemungkinan Google sering mengeluarkan algoritma barunya. Spesialis pemasaran digital pun dituntut harus adaptif terhadap pembaruan tersebut.
4. Audience Building
Seni yang bertujuan memikat target pelanggan/ konsumen ke produk atau merek lalu menjaga mereka tetap setia adalah audience building. Caranya melakukan audience building adalah dengan memakai kanal komunikasi. Bisa memakai berbagai media sosial atau pun email.
Agar dapat sukses membangun audience, harus memahami beberapa aspek. Salah satunya adalah memahami konsumen. Anda harus memahami apa saja yang disukai oleh mereka, jenis media sosial mana yang sering digunakan. Termasuk juga kebiasaan mereka bertransaksi.
Audience building tidak lepas juga dari pembuat konten terbaik untuk menarik konsumen. Bisa memakai video, variasi tulisan, postingan, dan lain sebagainya. Perlu juga menjaga “engagement” bersama konsumen sebagai pilar audience building lainnya.
Caranya bisa dengan membuat forum misalnya. Baik itu perusahaan startup atau perusahaan besar, aspek-aspek diatas penting untuk dipahami lalu diterapkan dengan benar. Tujuan akhir skill digital marketing spesialist adalah adalah menjaga dengan baik hubungan kepada konsumen. Harapannya audience building mampu membuat hubungan tersebut awet juga untuk jangka panjang.
5. Project Management
Skill terakhir yang penting untuk spesialis pemasaran digital adalah project management. Pemasaran secara digital membutuhkan koordinasi bagus agar dapat berjalan efektif. Kreatif tidak cukup, perlu susunan strategi yang terukur.
Kebanyakan proyek dalam digital marketing akan melibatkan banyak kontributor. Jika ingin meluncurkan blog untuk suatu perusahaan misal, perlu bekerja dengan writer atau pun divisi terkait yang menangani bidang teknis website.
Lalu jika ingin meluncurkan proyek promosi melalui platform media sosial. Akan dibutuhkan baik itu copywriter, admin sosmed, dan divisi pemasaran itu sendiri. Tanpa adanya project management yang baik, hasilnya bisa berantakan.
Contoh masalah yang bisa terjadi karena project management yang tidak benar cukup beragam. Mulai dari boros pemakaian dana, proyek yang selesai tidak tepat waktu, atau bahkan pembatalan proyek tanpa ada alternatif.
Itulah beberapa kemampuan atau skill yang perlu dimiliki jika Anda ingin menjadi spesialis dalam bidang marketing digital. Digital Marketing Spesialist adalah jenis profesi yang sering dibutuhkan semakin dibutuhkan kedepannya.
Source:
Abrar Firdiansyah. 2022. “Daftar Skill Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui”. glints.com
Bitlabs Academy. “7+ Keahlian Digital Marketer yang Banyak Dicari Perusahaan”. bitlabs.id