River

Rahasia Sukses Digital Marketing, Intip Disini!

Rahasia Sukses Digital Marketing, Intip Disini!

Tidak bisa dipungkiri kalau di era digital sekarang ini, strategi digital marketing menjadi strategi andalan di antara para pemilik usaha. Dengan memanfaatkan platform atau channel berbasiskan internet, seperti media sosial dan email, para pemilik usaha melancarkan pemasarannya guna menggaet target audiens yang jadi incarannya. 

Walaupun begitu, bukan berarti kesuksesan sudah menjadi jaminan bagi para pengguna strategi digital marketing ini. Jika penerapannya tidak efektif, tentu bisa dibilang kalau strategi digital marketing yang digunakannya tidak tepat guna. Nah, agar strategi digital marketing Indonesia yang kamu jalankan bisa sesuai harapan, kamu bisa intip rahasia suksesnya di bawah ini. 

Lakukan Riset atas Target Audiens, Kompetitor, dan Ekspektasi Pasar Digital Marketing Indonesia

Agar strategi digital marketing yang kamu terapkan bisa sukses, mulailah penyusunan strategi dengan melakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa lakukan riset mendalam terkait target audiens alias orang-orang yang kamu harapkan akan menggunakan produk atau jasamu, para kompetitor, sekaligus ekspektasi dan standar pasar atas bidang usaha yang dijalankan. 

Riset yang kamu lakukan ini akan bisa membantumu dalam memahami dan menentukan tujuan apa saja yang kamu ingin capai dalam usaha dengan menerapkan strategi ini, termasuk juga memahami apa sih yang diinginkan oleh target audiens, sehingga kamu bisa menghadirkan produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan mereka. 

Untuk riset atas kompetitor sendiri akan memberikanmu insight atau informasi mengenai bagaimana cara kompetitor tersebut melakukan aktivitas secara online, untuk bisa menggaet target audiens. Dari hasil riset atas kompetitor tersebut, kamu jadi bisa memutuskan apakah pendekatan atau aktivitas yang dilakukan kompetitor akan mendatangkan keuntungan yang sama bagi usahamu.  

Tentukan Tujuan Penerapan Strategi Digital Marketing Indonesia

Kesuksesan penerapan strategi digital marketing juga ditentukan oleh tujuan yang ingin kamu capai dengan menerapkan strategi tersebut. Meskipun kelihatannya sepele, namun tidak sedikit pemilik usaha yang lalai dalam melakukan hal ini. Akibatnya, mereka pun jadi hanya sekadar menjalankan usaha saja, tanpa adanya deretan tujuan untuk dicapai, sehingga usaha bisa jadi berkembang. 

Sangatlah penting untuk menentukan tujuan apa yang ingin kamu capai, jika kamu menjalankan strategi digital marketing ini. Adanya tujuan ini juga bakal memotivasimu untuk mewujudkannya satu-persatu, dengan memanfaatkan platform atau channel yang tersedia untuk kebutuhan digital marketing. 

Salah satu bentuk pendekatan yang bisa memudahkanmu untuk menentukan tujuan tersebut adalah dengan pendekatan SMART (specific, measurable, achievable, relevant, timed). Berdasarkan pendekatan SMART ini, kamu harus membuat tujuan yang sifatnya spesifik, bisa diukur tingkat keberhasilannya, bisa dicapai, relevan dan realistis, serta ada periode waktu untuk mencapainya.   

Jangan Ragu Memanfaatkan Ragam Channel 

Strategi digital marketing Indonesia yang sukses ditandai dengan diversifikasi channel atau platform yang digunakan untuk kepentingan digital marketing tersebut. Dengan memanfaatkan channel yang berbeda-beda, maka kamu akan bisa menjangkau target audiens dan menyampaikan pesan pada mereka secara lebih efektif. 

Misalnya saja, kamu memanfaatkan beberapa platform media sosial sekaligus untuk digital marketing, seperti Instagram dan Twitter. Mengingat Instagram lebih berisikan konten visual, sedangkan Twitter lebih ke konten dalam bentuk teks, kamu bisa buat konten berupa visual dan teks sekaligus, untuk meningkatkan engagement dengan target audiens, baik di Instagram maupun Twitter.

Tidak hanya platform media sosial ini saja, melainkan juga platform atau channel lainnya yang biasa digunakan dalam strategi digital marketing, seperti email, website, dan masih banyak lagi. Manfaatkan sebanyak mungkin yang kamu mau dan bisa kelola dengan baik, sehingga bisa menghasilkan besaran engagement yang kamu inginkan dengan target audiens. 

Ukur Keberhasilan dengan Key Performance Indicator (KPI) 

Bagaimana caranya agar kamu bisa tahu kalau strategi digital marketing Indonesia yang kamu jalankan sudah mencapai tujuan atau belum? Jawabannya adalah dengan melihat apakah hasilnya sudah memenuhi key performance indicator (KPI) atau belum. KPI merupakan tolak ukur dalam menentukan keberhasilan suatu kinerja, termasuk kinerja digital marketing yang diterapkan. 

Sebagai contoh, bagi kamu yang memanfaatkan media sosial sebagai platform digital marketing, beberapa KPI yang cocok untuk kamu gunakan seperti impresi atau jumlah kontenmu ditayangkan, reach atau jumlah orang yang melihat kontenmu di media sosial, jumlah pengikut, like atau jumlah orang yang menyukai kontenmu, ataupun jumlah komentar di konten tersebut. 

Dari kesemua KPI tersebut, kamu bisa tentukan angka yang harus dicapai guna menentukan berhasil atau tidaknya strategi digital marketing. Misalnya saja, jika jumlah pengikutmu di Instagram berjumlah 1.000 akun, kamu bisa tentukan keberhasilan KPI berdasarkan jumlah like yang diberikan sebanyak 10% dari jumlah pengikut alias 100 jumlah like per konten yang diunggah. 

Minta Feedback dari Konsumen dan Target Audiens 

Feedback yang diberikan oleh konsumen juga merupakan rahasia sukses dalam menerapkan strategi digital marketing. Jadi, jangan anggap masukan atau komentar yang diberikan oleh konsumen atau target audiens sebagai kritik belaka. Malah, kamu bisa mendapatkan inspirasi dari feedback yang berasal dari konsumen dan target audiens tersebut. 

Untuk bisa mendapatkan feedback dari konsumen dan target audiens, kamu bisa lakukan berbagai macam hal. Misalnya saja, jika kamu menggunakan platform media sosial seperti Instagram, kamu bisa tuliskan caption yang mengajak untuk meninggalkan komentar yang berisikan kesan dan masukan atas produk atau jasa yang kamu jual. 

Digital marketing memang merupakan strategi pemasaran yang efektif, asalkan kamu menerapkannya dengan cara yang tepat. Agar penerapan strategi digital marketing untuk usahamu bisa sukses, kamu bisa sontek rahasianya di atas. Jadilah orang selanjutnya yang sukses dalam berusaha dengan pakai digital marketing Indonesia

Sumber: 

Raviv, Indre. (2021, April 15). Five Tips For Creating A Successful Digital Marketing Strategy. Forbes. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023 melalui https://www.forbes.com/sites/forbescommunicationscouncil/2021/04/15/five-tips-for-creating-a-successful-digital-marketing-strategy/?sh=7948dc945221

Campaign Monitor Team. (2020, April 22). Top 10 Ways to Make Your Digital Marketing Efforts Successful. Campaign Monitor. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023 melalui https://www.campaignmonitor.com/blog/email-marketing/top-10-ways-to-make-your-digital-marketing-efforts-successful/

Digital Marketing Institute Team. (2018, Juni 18). 7 Key Ingredients of a Successful Digital Marketing Strategy. Digital Marketing Institute. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023 melalui https://digitalmarketinginstitute.com/blog/7-key-ingredients-of-a-successful-digital-marketing-strategy

Chapman, Cameron. Digital Marketing 101: How to Define KPIs. Skill Crush. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023 melalui https://skillcrush.com/blog/digital-marketing-kpis/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *