Sebagai orang yang menjalankan marketing agency atau agensi pemasaran, kamu tentu ingin bisa memikat hati banyak klien dengan keberhasilanmu dalam memasarkan bisnis klien tersebut. Untuk bisa melakukannya, setiap aspek di agensi marketing tersebut harus bekerja sama agar bisa memberikan hasil akhir yang berkualitas atau performa marketing agency, serta mengaplikasikan ilmu-ilmu penting berikut ini.
Kecermatan Memilih Staf dengan Keahlian Mumpuni Untuk Menilai Performa Marketing Agency
Agensi marketing merupakan tempat berkumpulnya orang-orang dengan keahlian yang berbeda-beda, di mana tujuannya satu yakni menghasilkan bentuk pemasaran yang tepat bagi bisnis kliennya. Ada staf yang terampil di bidang copywriting, manajemen media sosial, SEO (search engine optimization), data analysis, desain grafis, dan masih banyak lagi skill lainnya.
Nah, agar agensi marketing yang kamu jalankan nantinya bisa menunjukkan performa yang berkualitas, pastikan kamu memilih staf dengan skill atau kemampuan mumpuni terkait dengan pemasaran yang disebutkan di atas. Jangan karena ingin menghemat dana atau pengeluaran, kamu memberikan jobdesk pada staf yang tidak sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.
Komunikasi yang Bagus
Kesuksesan marketing agency salah satunya bergantung pada kemampuan setiap individu yang terlibat di dalamnya dalam hal berkomunikasi. Komunikasi yang bagus akan membangun koneksi, baik antar individu di dalam tim agensi marketing tersebut, serta koneksi yang kuat antara kamu sebagai penyedia jasa marketing dengan klien yang merupakan pengguna jasa.
Komunikasi yang bagus antar individu di dalam tim atau secara internal agensi, akan bisa secara efektif memanfaatkan keahlian masing-masing individu untuk mewujudkan bentuk pemasaran yang diinginkan. Sedangkan komunikasi yang bagus dengan klien akan bisa membantu merepresentasikan ide yang dimiliki klien, untuk keperluan pemasaran bisnis yang dijalankannya.
Kreativitas
Kreativitas dan agensi marketing merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Agensi marketing mungkin ada banyak di luar sana, namun kreativitas yang dimiliki oleh tiap agensi marketing inilah yang kemudian menjadi pembeda antara satu agensi marketing dengan agensi marketing yang lainnya.
Hasil kerja yang kreatif bisa kamu dapatkan dengan bantuan staf yang bisa berpikir out of the box alias beda dari yang lainnya. Klien akan merasa senang dengan ide pemasaran yang baru dan orisinal, yang nantinya bakal membuat bisnisnya lebih dilirik oleh para target konsumen. Agar kreativitas terasah, jangan ragu mengajak staf ikut workshop atau ragam pelatihan untuk bisa upskill.
Kemampuan dalam Memecahkan Masalah
Jangan anggap proses dalam menciptakan sebuah marketing campaign itu selalu mulus. Pasti selalu saja ada kendala atau masalah yang timbul, di mana jika kendala itu tidak diselesaikan dengan baik, maka akan bisa mengganggu jalannya proses menghasilkan marketing campaign yang sudah ditunggu-tunggu oleh klien.
Sebagai orang yang menjalankan agensi marketing, kamu harus tahu bagaimana caranya untuk menyelesaikan masalah yang sekiranya timbul dalam proses kerja. Kenali apa sumber masalah tersebut, lalu selesaikan dengan secepat mungkin. Cara ini dilakukan agar masalah atau kendala yang terjadi tidak berlarut-larut, sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu.
Manajemen Data yang Mumpuni
Bagi setiap agensi marketing, big data sifatnya sangatlah krusial. Big data ini merujuk koleksi data yang sifatnya masif, di mana dengan kemampuan manajemen atas big data tersebut akan membuat agensi marketing bisa lebih baik memahami keinginan dari para target audiens atau konsumen dari klien yang menggunakan jasanya.
Jika manajemen data sudah bisa dilakukan dengan baik, maka marketing campaign yang didesain nantinya akan bisa menjangkau target audiens yang tepat, optimasi harga, hingga meningkatkan penjualan dari bisnis klien tersebut. Jadinya, perlakuan atas masing-masing klien akan berbeda, sesuai dengan industri hingga bahkan kompetitor dari bisnisnya.
Global Branding
Jika ingin agensi marketing kamu makin berkembang dengan pesat, bahkan bisa menjangkau audiens secara global, maka jangan lupa untuk terus meningkatkan branding dari agensi. Apakah untuk mewujudkan global branding membuat agensi marketing-mu harus memiliki kantor cabang di beberapa negara lainnya? Tentu saja hal ini bukan merupakan sebuah kewajiban.
Global branding bisa kamu wujudkan dengan cara memahami karakter digital target audiens global, serta mengetahui cara bagaimana mereka bisa terhubung dengan layanan dari agensi marketing yang kamu jalankan. Dengan cara ini, maka kamu bisa mengembangkan agensi marketing menjadi lebih luas, serta menjangkau klien yang tidak hanya berskala nasional tapi juga internasional.
Digital Fluency
Pada era digital seperti sekarang, agensi marketing tentu saja harus dipenuhi dengan orang-orang yang memiliki digital fluency atau kefasihan digital yang tinggi. Kamu harus memastikan setiap individu yang bekerja sama di bawah lingkup agensi marketing tersebut sudah menguasai teknologi teranyar, sehingga nantinya bisa mereka manfaatkan untuk kebutuhan menghasilkan marketing campaign.
Kefasihan digital di antaranya bisa terlihat dari penggunaan ragam tools, yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam menghasilkan marketing campaign. Maka dari itu, pastikan juga kalau ragam tools yang digunakan oleh staf merupakan tools terbaru yang bisa membuat mereka lebih terbantu dalam proses mendesain atau menciptakan marketing campaign.
Nah, itulah tadi beberapa ilmu yang baiknya dipelajari dan terus diasah guna meningkatkan performa marketing agency yang kamu jalankan. Mulai dari keahlian yang mumpuni, hingga kefasihan digital, semuanya harus dimiliki oleh setiap individu yang terlibat dalam agensi marketing. Dengan begini, maka agensi marketing yang solid, berkualitas, dan produktif akan terwujud.
Sumber:
Harrison, Evie. (2021, Mei 03). 10 Best Strategies to Improve Your Marketing Agency’s Productivity. ClickUp. Diakses pada tanggal 5 April 2023 melalui https://clickup.com/blog/10-best-strategies-to-improve-your-marketing-agency-productivity/
Adobe Communications Team. (2018, Juli 05). The Top 10 Traits of a Successful Marketing Agency. Adobe. Diakses pada tanggal 5 April 2023 melalui https://business.adobe.com/blog/basics/the-top-10-traits-of-a-successful-marketing-agency
Rock Content Writer. (2022, Februari 18). How to Scale your Marketing Agency for Success? 9 Top Tips. Rock Content. Diakses pada tanggal 5 April 2023 melalui https://rockcontent.com/blog/how-to-scale-your-marketing-agency/