Geliat bisnis online di Indonesia terus meningkat. Sebagian dari bisnis online yang ada merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Para pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan strategi digital marketing untuk keperluan bisnis mereka.
Apalagi digital marketing dapat lebih terjangkau untuk kalangan UMKM dengan memilih strategi pemasaran yang tepat. Nah, untuk membantu Anda yang ingin menerapkan digital marketing untuk UMKM bisa simak panduan dan tips lengkapnya berikut.
Panduan Menerapkan Digital Marketing bagi UMKM
Pada dasarnya digital marketing merupakan pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan perangkat digital atau internet. Tidak butuh modal besar, UMKM juga bisa memanfaatkan digital marketing dengan cara seperti berikut.
1. Manfaatkan media sosial
Hampir semua orang setiap harinya mengakses media sosial. Oleh sebab itu, media sosial kerap digunakan juga oleh para pelaku bisnis untuk marketing atau pemasaran produk mereka. Untungnya media sosial bisa dimanfaatkan gratis.
Anda bisa saja upload foto, video, atau konten menarik lainnya untuk promosi produk melalui platform media sosial. Namun, untuk Anda yang sudah memiliki sedikit budget untuk promosi lebih intens bisa menggunakan social media marketing specialist.
Melalui marketer profesional, pemasaran online di media sosial akan lebih maksimal dengan konten yang berkualitas dan pengelolaan chanel media sosial yang lebih teratur. Anda tinggal menunggu penjualan meningkat berkat promosi yang dilakukan di media sosial tersebut.
Selain itu, tersedia juga media social ads yang dapat digunakan untuk pemasaran digital. Melalui iklan berbayar yang pastinya memiliki visibilitas lebih tinggi. Pelanggan akan lebih mudah menemukan produk Anda karena biasanya iklan berada di bagian paling atas.
2. Membangun Website Digital Marketing
UMKM juga dituntut untuk go digital seperti bisnis-bisnis lainnya. Setelah memiliki akun media social, bisnis Anda perlu dibuatkan website. Kenapa? Sebab dengan memiliki website akan membuat bisnis terlihat lebih profesional
Melalui strategi digital marketing yang baik, website bisnis Anda bisa meningkatkan penjualan dan manfaat lainnya di masa mendatang. Jika masih awam dengan dunia website, ada digital marketing agency yang bisa membantu Anda dalam membuat hingga mengelola website.
Anda cukup memilih jasa pembuatan website yang sesuai kebutuhan dan budget. Website yang dibuat oleh tim handal tentu akan lebih bagus. Desain website yang menarik, responsif, mobile friendly, dan tentunya SEO friendly.
Dengan memiliki website, Anda juga tidak perlu menunggu toko 24 jam untuk mendapatkan pembeli. Konsumen atau pelanggan tetap bisa mengakses website kapan saja. Anda hanya perlu memeriksa riwayat pesanan dan segera memproses pesanan tersebut.
3. Melakukan Endorsement
Pemasaran digital untuk UMKM juga membutuhkan bantuan endorsement. Bisa menggunakan jasa influencer atau dengan kerjasama Key Opinion Leader (KOL). Bedanya apa?
Influencer merupakan orang-orang yang memiliki akun media sosial dengan banyak pengikut, bisa ratusan ribu hingga jutaan followers. Para influencer ini kerap digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan bisnisnya.
Pelaku UMKM juga bisa menggunakan jasa endorsement untuk pemasaran digital. Pilih saja jasa endorsement yang memang masih terjangkau oleh anggaran yang Anda miliki.
Selain influencer, Anda juga bisa menggunakan bantuan KOL untuk promosi. KOL merupakan orang-orang yang memang menjadi ahlinya atau expert, misalnya dokter, psikolog, desainer, chef, dan lainnya.
4. Email marketing
Berikutnya adalah strategi digital marketing menggunakan email. Melalui email marketing, Anda bisa mempromosikan produk baru atau promo terkini kepada customer. Email marketing merupakan salah satu cara yang bisa membantu Anda tetap terhubung dengan pelanggan.
Selain itu, email juga biasanya digunakan untuk proses pengiriman barang dan notifikasi status atau lainnya. Anda bisa memanfaatkan email marketing untuk keperluan branding dan meningkatkan penjualan.
Manfaat Menerapkan Digital Marketing bagi UMKM
Digital marketing merupakan salah satu langkah tepat bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk menjangkau pasar mereka. Pasalnya, banyak orang yang memiliki media sosial dan menggunakannya setiap hari. Pemasaran digital melalui media sosial atau lainnya juga memberikan sejumlah keuntungan seperti berikut.
1. Mendatangkan pelanggan
Keuntungan yang bisa didapatkan yaitu pemasaran digital kini lebih efektif untuk mendatangkan pelanggan daripada pemasaran yang hanya dilakukan secara konvensional. Selain itu, pemasaran digital dapat menjangkau pasar lebih luas sehingga lebih besar kemungkinannya untuk menghasilkan pelanggan.
2. Menghemat biaya promosi
Promosi produk atau bisnis memang membutuhkan biaya. Untungnya dengan adanya marketing digital ini, pemasaran produk dapat dilakukan dengan cara yang lebih hemat. Beberapa bahkan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya.
Baca juga: Strategi Digital Marketing Untuk Pemula
3. Meningkatkan penjualan
UMKM perlu melakukan digital marketing sebab bisa mendatangkan penjualan dengan lebih baik. Melalui konten atau iklan di media sosial, produk Anda akan dilihat oleh banyak orang. Beberapa dari mereka mungkin saja akan menjadi pelanggan yang tertarik untuk membeli produk.
4. Melayani pelanggan dengan cepat
Pemasaran digital juga memberikan manfaat untuk peningkatan layanan pelanggan. Salah satunya fitur live chat atau chat box yang biasa ditambahkan pada sebuah website. Pelayanan untuk konsumen pun akan lebih cepat dan maksimal.
Nah, itulah beberapa tips mudah untuk menerapkan strategi digital marketing bagi pelaku UMKM. Manfaatkan digital marketing untuk mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan.
Source:
Salsabila Nanda. 2021. “Cara menerapkan Digital Marketing untuk UMKM”. Skill Academy
Ginee. 2022. “5 Tips Trik Digital Marketing untuk UMKM, Terapkan Sekarang”. Ginee.com