Strategi digital marketing saat ini bisa diterapkan untuk promosi berbagai jenis produk. Tidak hanya produk berupa barang namun juga layanan jasa. Bagi kamu yang menjalankan bisnis jasa, cobalah untuk mengoptimalkan performa bisnismu melalui pemasaran digital. Yuk, cari tahu seperti apa strategi pemasaran digital yang cocok untuk diaplikasikan dalam dunia bisnis jasa.
Mengapa Pemasaran Digital?
Sebelumnya, kamu perlu memahami apa sebenarnya alasan penerapan digital marketing dalam bisnis jasa. Tentu saja jawabannya tidak jauh berbeda dari tujuan pemakaian digital marketing pada bisnis jual beli barang fisik. Tujuan utamanya adalah demi mendapatkan perhatian masyarakat dan meningkatkan angka konversi atau transaksi.
Persaingan bisnis jasa di era digital saat ini sama ketatnya dengan bisnis-bisnis yang lain. Itulah mengapa dibutuhkan strategi pemasaran digital yang saat ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Melalui digital marketing, kamu bisa memperkenalkan bisnismu kepada lebih banyak orang tanpa batasan tempat dan waktu.
Digital marketing juga dianggap sebagai jenis pemasaran dengan biaya yang terjangkau. Jika kamu baru memulai bisnis jasa tersebut dan belum memiliki bujet besar untuk melakukan promosi, maka digital marketing bisa jadi pilihan. Efektivitasnya pun cukup tinggi mengingat saat ini sebagian besar masyarakat menggunakan media digital dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Jasa
Teknik promosi yang satu ini akan membantu bisnismu dikenal oleh masyarakat luas, apalagi jika kamu menerapkan strategi yang tepat. Berikut ini akan dibahas strategi digital marketing seperti apa yang cocok untuk mempromosikan sebuah bisnis jasa.
Tentukan Tujuan Pemasaran
Pertama-tama, kamu harus menentukan tujuan terlebih dahulu. Setiap campaign atau promosi pasti punya tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, kamu ingin melakukan pemasaran digital dengan tujuan agar bisnis jasamu dikenal oleh banyak orang. Bisa juga tujuan pemasaran digital tersebut adalah untuk meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan nilai keuntungan.
Jika kamu punya tujuan yang jelas, maka kamu bisa lebih mudah menyusun strategi dan langkah-langkah ke depannya. Tujuan ini juga akan membantu kamu untuk lebih fokus saat menjalankan strategi pemasaran digital. Selain itu, tujuan akan menjadi acuan bagi kamu dalam melakukan evaluasi dan analisis hasil pemasaran nantinya.
Lakukan Riset Pasar secara Mendalam
Langkah berikutnya, lakukan riset pasar secara mendalam karena promosi yang efektif harus bisa menyasar target pasar dengan tepat. Pelajari baik-baik seperti apa target pasarmu lalu cari tahu seperti apa minat mereka. Ini akan mempermudah kamu menghasilkan konten marketing yang sesuai dengan target pasar.
Digital marketer juga umumnya akan melakukan riset untuk mengetahui konten seperti apa yang saat ini sedang trending di masyarakat. Hampir semua pebisnis menggunakan digital marketing di era modern seperti sekarang. Jika kamu menghadirkan konten yang membosankan, tentu akan sulit untuk menarik perhatian publik terhadap bisnismu.
Kumpulkan Data Target Pasar
Selanjutnya kamu bisa mengumpulkan data target pasar yang ingin dijangkau. Sangatlah penting bagi digital marketer untuk mengenali target pasarnya dengan baik jadi pengumpulan data seperti ini memang harus dilakukan. Data-data yang sudah terkumpul juga bisa dimanfaatkan untuk strategi marketing yang baru misalnya saja email marketing.
Tentukan Platform yang Ingin Dipakai
Dunia digital marketing begitu luas karena media atau platform yang bisa dipakai begitu banyak. Sebelumnya kamu sudah menentukan target pasar yang ingin dijangkau. Kamu juga sudah melakukan analisis untuk mengenali mereka lebih jauh. Seharusnya kamu juga sudah tahu media atau platform digital apa yang bisa menjangkau mereka secara efektif.
Setiap platform digital punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Teknik promosi yang bisa diterapkan juga pasti berbeda tergantung pada jenis medianya. Itulah mengapa penting untuk menentukan terlebih dahulu media apa yang bisa dipakai agar hasil promosinya lebih optimal. Bisa Instagram, TikTok, email marketing, website bisnis, dan masih banyak lagi.
Buatlah Marketing Content Plan
Langkah berikutnya yang perlu dilakukan saat menerapkan digital marketing adalah membuat content plan. Kekuatan konten berperan besar dalam keberhasilan pemasaran digital. Selain pemilihan platform yang tepat, pembuatan rencana konten juga harus diperhatikan dengan baik.
Susun materi konten sejak awal sehingga kamu tidak perlu kebingungan dan bisa mengunggah konten sesuai jadwal. Adanya content plan juga akan membantu kamu lebih konsisten dalam melakukan promosi di media-media digital.
Terapkan Digital Marketing Funnel
Kamu juga perlu menerapkan digital marketing funnel demi mendapatkan hasil promosi yang optimal. Teknik digital marketing funnel ini adalah langkah promosi di media digital dengan cara mengikuti proses yang dilalui oleh konsumen. Mulai dari mengenal produk, mencari informasi soal produk tersebut, sampai melakukan transaksi.
Jika kamu bisa menerapkan digital marketing funnel, maka akan lebih mudah untuk mengumpulkan konsumen yang loyal. Teknik pemasaran digital ini sangat disarankan kalau kamu ingin menjalankan bisnis jasa untuk jangka waktu lama. Ini juga efektif untuk jenis bisnis jasa karena biasanya klien akan menggunakan sebuah layanan jasa untuk jangka panjang.
Lakukan Evaluasi secara Berkala
Tahap terakhir dalam proses digital marketing adalah evaluasi. Setelah menjalankan semua strategi pemasaran digital mulai dari riset pasar, pemilihan platform, hingga penyusunan konten maka kamu harus mengulas hasilnya. Lakukan evaluasi untuk mengetahui apakah strategi pemasaran digital yang kamu lakukan sudah bagus dan efektif atau belum.
Bukan tidak mungkin bagi kamu untuk mengubah strategi digital marketing di tengah jalan. Seiring dengan berjalannya waktu, bisa jadi minat atau tren pasar juga berubah. Kamu juga mungkin perlu memperluas target pasar demi mendapat keuntungan lebih besar. Hal-hal ini membuat strategi pemasaran digital bisa berubah menyesuaikan kondisi dan kebutuhan.
Sumber:
Hamid, Idham. (2022, Juni 24). Ampuh! Ini 6 Langkah Menyusun Strategi Digital Marketing yang Tepat. Diakses pada tanggal 12 April 2023 melalui https://aptana.co.id/blog-details/Ampuh-Ini-6-Langkah-Menyusun-Strategi-Digital-Marketing-yang-Tepat–BL-62.
Tim Redaksi Serayu News. (2021, Oktober 07). Penerapan Strategi Digital Marketing dalam Pemasaran Jasa. Diakses pada tanggal 12 April 2023 melalui https://serayunews.com/penerapan-strategi-digital-marketing-dalam-pemasaran-jasa/.
Digital Sasana Team. (2020, Oktober 19). How to Develop the Right Digital Marketing Strategy? Diakses pada tanggal 12 April 2023 melalui https://sasanadigital-com.translate.goog/bagaimana-cara-menyusun-strategi-digital-marketing-yang-tepat/?_x_tr_sl=id&_x_tr_tl=en&_x_tr_hl=en&_x_tr_pto=sc.