Influencer management merupakan salah satu hal yang penting untuk melancarkan strategi digital marketing. Influencer atau yang sering disebut dengan Key Opinion Leader juga peran yang penting untuk mempromosikan brand Anda. Biasanya para influencer merupakan orang-orang yang memiliki pengaruh karena memiliki banyak pengikut di akun media sosial mereka.
Influencer tidak hanya berasal dari kalangan selebritis, namun juga datang dari mereka yang termasuk content creator atau orang-orang yang memiliki bakat maupun spesialisasi secara khusus.
Management ini diperlukan untuk mempersiapkan dan merencanakan campaign bagi influencer dan kemudian mereka akan melaporkan hingga menganalisis hasilnya. Nah, di bawah ini merupakan beberapa manfaat memiliki manajemen influencer untuk bisnis Anda.
Manfaat Influencer Management Bagi Bisnis
Manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki manajemen influencer bagi bisnis Anda adalah:
Menjaga Citra Bisnis Anda
Salah satu contoh manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila memiliki manajemen influencer adalah bisa menjaga citra bisnis yang Anda miliki. Terlebih lagi influencer merupakan partner bisnis yang termasuk ke dalam eksternal di perusahaan Anda. Itulah sebabnya Anda harus menjaga nama dan cita yang baik untuk perusahaan.
Dengan memiliki manajemen influener, maka bisa memberikan kerjasama atau pelayanan yang baik dengan para influencer yang bekerjasama dengan Anda. jika manajemen dijalankan dengan baik, otomatis lebih terorganisir dan tidak ada kendala selama melakukan negosiasi, evaluasi kerja atau proses pembuatan konten.
Alur Manajemen jadi Teratur
Bagi Anda yang mengandalkan influencer management, maka bisa memastikan alur manajemen lebih teratur. Biasanya manajemen memiliki tugas dan juga bertanggung jawab di setiap tahapan campaign marketing yang dilakukan. Seperti yang kita ketahui, kegiatan campaign marketing terdiri atas 3 tahapan, yaitu tahapan pertama pra campaign, campaign running dan evaluasi.
Selain itu, biasanya untuk mengandalkan influencer akan ada perjanjian atau MoU. Dengan adanya manajemen influencer bisa menjaga profesionalitas influencer. Perusahaan atau pihak influencer tidak akan melakukan suatu tindakan seenaknya dan perjanjian yang dibuat mempunya kekuatan hukum.
Efisiensi Waktu
Masih banyak pebisnis atau perusahaan yang tidak memperhatikan bahwa influencer itu bekerjasama bukan hanya dengan mereka saja, namun dengan banyak brand yang lainnya. Hal ini tentu saja harus diatur dengan adanya penjadwalan yang harus disesuaikan dengan jadwal mereka juga. Terlebih lagi influencer yang sudah cukup terkenal sehingga sudah pasti banyak brand yang bekerjasama dengan mereka dan memiliki jam terbang tinggi.
Dengan menggunakan manajemen influencer, maka bisa membuat jadwal yang tepat demi kenyamanan kedua belah pihak. Biasanya influencer memiliki batas waktu pengerjaan konten mereka sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati. Semua proses bisa berjalan dengan baik apabila semua diatur oleh manajemen influencer.
Sebagai Konsultan Hukum
Influencer management juga memiliki manfaat sebagai konsultan hukum. Manajemen influencer memiliki peran untuk mempersiapkan sejumlah dokumen yang memiliki kekuatan hukum untuk menjaga profesionalitas brand. Otomatis influencer juga tidak akan menemukan brand yang memiliki track record tidak baik dan tidak profesional selama menjalankan tugasnya.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya saat melakukan kerjasama biasanya ada dokumen MoU yang memiliki kekuatan hukum. Apalagi ada influencer atau brand yang tersandung dengan kasus hukum, maka manajer influencer ini bisa mengatasi risiko seperti ini. Tentu saja selama melakukan kerjasama pasti ada kendalanya dan bisa diminimalisir jika resikonya cukup besar.
Dengan adanya manajemen influencer pastinya membuat bisnis bisa berjalan dengan lancar apabila bekerja dengan influencer. Keuntungannya adalah bisa meningkatkan brand Anda apabila memilih influencer yang tepat dan juga menggunakan manajemen influencer dengan baik.
Riset Influencer Sesuai Brand
Tentu saja tidak akan mudah bagi sebuah brand atau perusahaan untuk menemukan influencer yang tepat. Apalagi ada banyak influencer yang bisa kita temui saat ini sehingga perlu berhati-hati dalam memilihnya. Influencer nantinya akan bertanggungjawab untuk memperkenalkan brand yang Anda miliki.
Ada banyak pertimbangan yang perlu Anda perhatikan saat riset influencer dan salah satunya adalah sesuai dengan brand yang Anda miliki. Anda tidak boleh asal memilih influencer hanya karena memiliki jumlah followers banyak saja. Pemilihan influencer yang tepat dan berpengaruh untuk brand Anda itu yang paling penting.
Komunikasi Jadi Lebih Mudah
Manfaat manajemen influencer lainnya adalah untuk melakukan komunikasi dengan mudah. Sebelum melakukan kerjasama dengan influencer tentu saja harus melakukan negosiasi terlebih dahulu. Anda bisa mengandalkan manajemen influencer untuk melakukan negosiasi supaya bisa bekerjasama dengan baik.
Terlebih lagi Anda memiliki beberapa ketentuan dalam melakukan kerjasama dan begitu juga dengan para influencer. Mereka tidak hanya sekedar membuat konten saja, namun juga harus mengikuti perjanjian atau ketentuan yang sudah dibuat. Bekerjasama dengan influencer akan lebih mudah karena bisa berkomunikasi dan melakukan negosiasi melalui pihak influencer management.
Bisa Melakukan Evaluasi
Manfaat manajemen influencer yang terakhir adalah bisa melakukan evaluasi supaya meningkatkan brand Anda dengan baik. Di tahap terakhir campaign yaitu evaluasi dan biasanya berupa hasil campaign dari media sosial influencer atau yang lainnya.
Hasil evaluasi ini bisa dijadikan sebagai penilaian apakah campaign yang dilakukan dengan influencer berhasil atau tidak.
Jadi, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila memiliki influencer management bagi bisnis.
Referensi:
Dreambox. “Mengapa Influencer Management Penting bagi Marketing Bisnis? Dreambox.id
Influencer 101. “7 Alasan Pentingnya Memiliki Management Influencer yang Baik”. Influencer101.id