Kamu pasti sudah sering mendengar tentang digital marketing. Teknik pemasaran yang satu ini memang sedang populer digunakan oleh para pelaku bisnis di era modern seperti sekarang. Strategi digital marketing ini ternyata memang sangat efektif untuk membuat brand atau bisnismu jadi top of mind. Yuk, kenali lebih dekat tentang strategi marketing ini!
Mengenal Lebih Dalam Digital Marketing
(Canva)
Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah digital marketing. Tapi apa sebenarnya digital marketing itu? Ya, digital marketing merupakan sebuah aktivitas pemasaran atau promosi sebuah brand memakai media digital. Media digital yang digunakan ini sangat bervariasi, bisa website, media sosial, Google Ads, dan masih banyak lagi.
Saat ini penggunaan media digital memang semakin marak dilakukan oleh kalangan masyarakat. Jadi bukan hal yang aneh jika perusahaan dan pebisnis-pebisnis lainnya ingin memanfaatkan media tersebut untuk promosi. Tujuannya sama seperti teknik promosi pada umumnya yaitu menarik konsumen atau target pasar dengan cepat dan efektif.
Ada juga yang mengartikan digital marketing sebagai sebuah kegiatan pemasaran yang melibatkan pemakaian jaringan. Selain itu pemasaran ini juga membutuhkan teknologi digital agar bisa mencapai tujuan perusahaan. Pemanfaatan jaringan dan teknologi digital ini membuat langkah pemasaran jadi jauh lebih efektif serta mampu menjangkau target yang lebih luas.
Kelebihan
Apa yang membuat strategi digital marketing begitu diminati dan banyak digunakan oleh para pebisnis? Ternyata teknik marketing tersebut dinilai punya banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimaksud.
Hemat Biaya
Kelebihan pertama, teknik marketing ini jauh lebih hemat biaya dibandingkan strategi promosi konvensional atau tradisional. Mari bandingkan biaya yang perlu kamu keluarkan jika promosi lewat media sosial dan menggunakan cara tradisional seperti brosur, spanduk, dan lain-lain. Biasanya biaya untuk cetak brosur, cetak spanduk, pasang iklan di billboard, jauh lebih besar.
Promosi melalui media sosial bisa gratis karena kamu tinggal mengunggah konten promosi dengan mudah. Kecuali jika kamu menggunakan fitur iklan yang memang sudah disediakan oleh platform media sosial tadi. Namun rata-rata harganya memang lebih murah dibandingkan teknik promosi yang konvensional. Inilah alasan kenapa digital marketing sekarang juga banyak diandalkan oleh para pelaku UMKM.
Mudah Dianalisis
Digital marketing juga lebih mudah untuk dianalisis. Kamu bisa dengan mudah mengukur efektivitas hasil iklan atau promosi karena ada catatan atau track-nya dengan jelas. Lain halnya dengan iklan konvensional lewat poster dan billboard, sulit untuk mengetahui siapa saja yang sudah melihat iklan dan berapa luas jangkauan iklan tersebut.
Mari lihat bagaimana jika kamu melakukan promosi lewat platform digital, media sosial Instagram misalnya. Kamu bisa dengan mudah melihat insight iklan yang sudah diunggah. Berapa banyak orang yang telah melihat iklan tersebut dan berapa orang yang menyukainya. Kamu bisa melakukan analisis dari hasil data yang sudah didapatkan tadi.
Jangkauan Pasar Lebih Luas
Digital marketing juga memiliki jangkauan yang jauh lebih luas. Tidak heran jika langkah promosi ini bisa menjangkau banyak target audiens karena memang memakai jaringan internet dan tidak terbatas tempat. Lain halnya dengan billboard atau iklan konvensional yang jangkauannya lebih terbatas di lingkungan sekitarnya saja.
Baca juga: Digital Marketing Indonesia: Cara Memulai dan Strateginya
Penentuan Target Audiens Lebih Mudah
Lewat digital marketing, kamu bisa beriklan secara efektif karena ada fitur yang bisa dipakai untuk menentukan target audiens. Jadi kamu bisa menentukan kemana saja iklan tersebut akan dibagikan. Iklan yang diunggah bisa lebih efektif karena akan dibagikan tepat sasaran sesuai dengan kriteria yang sudah kamu setting tadi.
Strategi Digital Marketing
(Canva)
Kamu juga bisa memanfaatkan teknik digital marketing ini untuk mengembangkan bisnis yang kamu jalankan. Lewat teknik pemasaran ini, brand yang kamu rilis bisa dikenal oleh lebih banyak orang. Berikut ini beberapa strategi yang bisa kamu jalankan dalam upaya pemasaran digital:
Pilih Media Digital yang Tepat
Pertama-tama, kamu harus memilih dulu media digital mana yang akan dipakai. Sekarang ini ada banyak sekali jenis media digital yang digunakan untuk promosi bisnis atau produk. Pilih mana yang menurutmu paling sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan target pasar. Bisa website, media sosial, email, dan masih banyak lagi.
Siapkan Konten yang Menarik
Selanjutnya kamu bisa menyusun konten promosi yang menarik sesuai platform digital yang sudah dipilih tadi. Konten ini menjadi salah satu faktor penting yang akan berpengaruh pada efektivitas iklanmu. Jadi pastikan kontennya unik dan benar-benar bisa menarik perhatian target konsumen.
Buat Jadwal Upload Konten
Konten yang sudah dibuat tadi sebaiknya diunggah sesuai jadwal yang tepat. Kamu bisa menyusun jadwal upload konten promosi supaya engagement-nya bisa optimal. Hindari jam-jam dimana audiens tidak terlalu banyak mengakses media digital. Manfaatkan momen prime time untuk mengunggah konten agar momennya pas.
Lakukan Interaksi dengan Audiens
Jangan lupa, lakukan interaksi dengan audiens agar lebih meningkatkan kredibilitas dan value bisnismu. Jika kamu memakai media sosial, maka lakukan tanya jawab atau adakan giveaway untuk para pengikut. Interaksi ini juga akan meningkatkan engagement dan mengangkat akun bisnismu tersebut.
Evaluasi Hasil Pemasaran
Pastikan kamu selalu melakukan evaluasi untuk menilai apakah langkah pemasaran digital yang diambil sudah tepat atau belum. Lihat apakah engagement-nya sudah sesuai harapan atau belum. Cek kembali mana bagian yang masih kurang dan harus diperbaiki.
Strategi digital marketing ini memang sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak target audiens. Kamu juga bisa memperkenalkan produkmu lebih luas lagi karena memang jangkauannya tidak terbatas. Selain itu melalui teknik pemasaran ini kamu juga bisa lebih kreatif dan menyesuaikan kebutuhan iklan sesuai bujet yang tersedia.
Sumber:
https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/#Bagaimana_Cara_Memulai_Digital_Marketing
https://store.sirclo.com/blog/kelebihan-dan-kekurangan-digital-marketing/
https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-digital-marketing