Ketika ditanya apa media sosial yang populer di tahun 2023 maka jawabannya adalah TikTok. Bahkan saat ini TikTok Business mulai banyak diminati terutama bagi pebisnis bahkan di pertengahan tahun lalu pengguna TikTok di Indonesia mencapai 109.9 juta terbesar kedua di dunia.
Walaupun populer namun banyak masyarakat yang beranggapan jika aplikasi ini sebagai aplikasi video “joget-joget” ataupun konten lucu. Padahal aplikasi ini mempunyai potensi yang besar untuk bisa menjadi sarana dalam pengembangan usaha.
Mengenal Apa Itu TikTok Bisnis
TikTok for Business merupakan akun bisnis yang ada di media sosial TikTok dan secara spesifik dipakai dalam mengoptimasi usaha untuk kegiatan promosi pada sebuah produk maupun layanan jasa untuk para penggunannya.
Saat ini merupakan era yang mana semuanya serba canggih sehingga dinamakan dengan era digital. Pada era ini Anda bisa mendapatkan ataupun memperoleh sesuatu hal dengan lebih mudah.
Salah satunya pada saat ini memperoleh uang yang mana bisa dilakukan dengan banyak cara. Saat ini sudah tersedia banyak platform media sosial yang bisa dipakai dalam memperoleh penghasilan ataupun uang secara mudah.
Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk itu adalah TikTok. salah satu caranya Anda bisa memanfaatkan layanan TikTok Shop ataupun fitur toko di sana. Nantinya Anda bisa mempromosikan barang ataupun jasa yang akan dijual lewat TikTok.
Tips Memaksimalkan Akun Bisnis Pada Tiktok Busines
a. Memahami platform secara baik
Supaya bisa memaksimalkan pemakaian TikTok for Business, Anda perlu memahami secara benar fitur yang tersedia. TikTok termasuk platform yang memiliki konsep cukup baru dan tentunya memerlukan waktu untuk bisa dimengerti penggunaanya.
Konsep yang ada di dalamnya seperti edit video dan juga pelajari hal terkait algoritma TikTok yang mana ini bertujuan agar distribusi video menjadi lebih maksimal.
b. Membuat topik spesifik serta temukan peluang
Menemukan niche ataupun celah yang ada di kompetitor adalah salah satu kunci sukses dalam memanfaatkan layanan TikTok for Business ini.
Menjadi seorang kreator ataupun barang unik, berkarakter, serta mudah untuk diingat bisa meningkatkan kemungkinan agar orang menjadi lebih tertarik dengan berbagai konten yang dibuat.
c. Buat perencanaan frekuensi untuk upload konten
Agar konten yang dibuat bisa FYP (For You Page) serta terus berhasil meningkatkan engagement, maka disarankan meng-upload video yang dibuat secara rutin serta konsisten.
Sehingga sangat penting membuat jadwal secara rutin untuk upload konten dan untuk merencanakan hal itu bisa memanfaatkan social media calendar.
d. Menciptakan konten otentik
Tren yang tengah populer terutama pada generasi saat ini yaitu konten jujur serta tidak dibuat-buat. Jadi TikTok adalah platform yang terbaik untuk menyampaikan video dengan pembawaan tersebut.
Menggunakan akun TikTok for Business yang dimiliki, maka buat konten yang membuat penonton merasa dekat, jangan buat terlalu serius ataupun kaku karena dapat menghadirkan suatu perspektif maupun sisi lain pada brand Anda.
Pembuatan konten video ini tidak perlu sempurna, namun hal itu bisa dimanfaatkan menjadi suatu daya tarik tersendiri untuk sebuah brand.
e. Buat challenge
Membuat tantangan ataupun challenge menarik termasuk salah satu cara tepat dalam memperoleh perhatian di TikTok. Bahkan Anda dapat mengikuti tantangan yang tengah populer saat ini, jangan lupa kaitkan dengan brand Anda untuk melakukan promosi.
Jika ingin menciptakan ataupun mengikuti trend pastikan itu bersifat positif bukan sebaliknya karena sudah pasti tantangan yang diikuti akan berpengaruh pada brand Anda.
f. Tampilkan produk secara menarik
Pastikan untuk membuat produk yang hendak ditampilkan dalam konten video terlihat menarik. Usahakan menunjukan detail produknya seperti fitur unggulan, warna, ukuran, bahan, dan lainnya.
Jangan lupa menambahkan link yang mengarah ke toko Anda di bagian deskripsi video jadi calon pembeli bisa secara langsung untuk mengakses toko secara mudah.
g. Memberikan diskon ataupun promo
Promosi serta diskon menjadi strategi yang ampuh dalam menarik minat calon pembeli. TikTok Shop memberikan penawaran berupa fitur “Flash Sale”, ini memungkinkan Anda memberikan diskon besar untuk jangka waktu yang terbatas.
Anda juga dapat membuat kode promo khusus serta membagikannya lewat konten video. Pastikan mempromosikan diskon yang ada di seluruh platform media sosial jadi calon pembeli yang merasa tertarik bisa langsung membeli.
h. Berinteraksi dengan pengguna secara aktif
Interaksi bersama pengguna ini sangatlah penting dalam membangun suatu hubungan baik dengan calon konsumen. Pastikan menjawab komentar ataupun pesan masuk dengan ramah dan cepat.
Ketika ada kritik maupun saran, jangan pernah ragu menerima serta mempertimbangkannya secara baik. Ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli serta berpotensi dalam meningkatkan penjualan.
i. Monitoring performa toko
Pastikan untuk selalu memonitor performa toko lewat fitur Analytics di Tiktok Business. Nantinya informasi terkait jumlah kunjungan, tampilan, dan juga penjualan toko untuk kurun waktu tertentu akan ditampilkan.
Tentunya dengan memonitor performa Anda bisa mengoptimalkan toko dengan cara menyesuaikan konten serta strategi penjualan yang akan dilakukan.
Itulah cara untuk memanfaatkan TikTok Bisnis dengan baik. Sampai disini Anda paham jika TikTok tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk hiburan namun juga untuk berbisnis.
Referensi:
Rahmalia Nadiyah. 2022. “TikTok for Business: Apa Itu, Cara Membuat, Tips Memakai, dan Manfaatnya”. Glints.com
Santika Raski. 2023. “Cara Memanfaatkan TikTok Bisnis Untuk Tambah Penghasilan (2023)”. Blog.sribu.com
Kasirpintar. 2022. “TikTok For Business: Cara Mudah Dapatkan Cuan Di Masa Kini”. Kasirpintar.co.id