Platform YouTube saat ini memiliki pengguna lebih dari 150 juta sehingga memiliki potensi unggul untuk dimanfaatkan menjadi media promosi bisnis terbaik. YouTube ads adalah sebuah layanan yang disediakan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa dari bisnis melalui platform YouTube.
Ada banyak keuntungan jika menggunakan iklan di platform YouTube diantaranya adalah bisa menentukan target audiens sesuai dengan minat dan lokasinya.
Bagaimana Cara Beriklan di YouTube?
Sebelum kita mempelajari tentang bagaimana cara beriklan di YouTube, terlebih dahulu ketahui apa saja bentuk iklan yang ada di platform tersebut. YouTube menyediakan setidaknya 4 bentuk iklan yang bisa digunakan pengguna sesuai kebutuhan bisnisnya. Yaitu:
- Discovery Ads, yaitu jenis iklan yang penayangannya dilakukan pada laman hasil pencarian dan homepage YouTube.
- Non Video Ads, jenis iklan yang ditampilkan tanpa video melainkan berbentuk kartu, gambar ataupun teks.
- Skippable in-stream Ads, adalah jenis iklan yang popular digunakan dengan durasi minimal 12 detik dan maksimal 3 menit dan tersedia opsi untuk melewatkannya.
- Non Skippable Ads, adalah jenis iklan yang tak bisa dilewati (diskip) oleh penonton YouTube.
Cara menggunakan YouTube ads pun terbilang mudah untuk dilakukan. Ada beberapa tips mudah yang direkomendasikan untuk kalangan pengguna pemula diantaranya adalah sebagai berikut:
- Unggah video iklan yang ingin dipakai di channel YouTube Ads dengan terlebih dahulu login ke akun YouTube milik Anda. Pilih untuk upload video lalu lakukan proses unggah video, jangan lupa untuk melengkapi judul, deskripsi dan tag iklan dengan jelas.
- Buat iklan bisnis dengan menggunakan Google Ads, pilih tujuan dari pembuatan iklan tersebut dan klik opsi “continue” untuk lanjut ke proses selanjutnya.
- Kemudian Anda bisa memilih target penonton dari iklan yang dibuat sehingga bisa dibuat agar lebih tepat pada sasaran. Target penonton bisa dipilih sesuai dengan informasi demografis, usia, status, jenis kelamin dan lain sebagainya.
- Langkah yang terakhir adalah dengan memasukkan link atau tautan video iklan yang sudah diunggah ke akun YouTube ke Google Ads. Isi kolom URL, lengkapi dengan Call to Action dan headline iklan lalu akhiri langkah dengan meng-klik tombol “create campaign”
Bagaimana Cara Mengoptimalkan YouTube Ads Untuk Tingkatkan Jumlah Penonton?
Untuk mendapatkan tujuan maksimal dari penggunaan iklan di YouTube memang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus bisa dilakukan dengan optimal sehingga hasil penggunaan iklan pun memuaskan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan penggunaan YouTube ads sehingga hasilnya sesuai dengan tujuan bisnis.
1. Tepat tentukan tujuan iklan YouTube
Pastikan Anda mengetahui apa tujuan iklan yang dibuat dengan menggunakan platform YouTube. Keuntungannya bukan hanya agar supaya iklan bisa tepat pada sasaran, namun juga akan memudahkan Anda untuk membuat iklan sehingga bisa meningkatkan jumlah views sekaligus brand awareness.
2. Buat konten yang unik, menarik dan padat berisi
Konten iklan tentunya dibuat dengan tujuan agar supaya target audiens yang menontonnya bisa tertarik dan berminat lebih dalam untuk mengetahui brand tersebut.
Dalam sebuah iklan yang ditayangkan di YouTube, 5 detik pertama menjadi waktu yang paling penting untuk menentukan apakah konten iklan Anda menarik atau tidak. Maka dari itu sangat penting untuk bisa membuat sebuah konten iklan yang unik, menarik sekaligus padat berisi semua informasi yang dibutuhkan audiens terkait brand bisnis.
3. Lakukan pengujian A/B
Jenis pengujian ini dilakukan dengan cara melakukan tes pada elemen pembuka video, call-to-action, promosi brand bisnis hingga isi pesan yang ingin disampaikan pada audiens melalui konten tersebut. Dengan melakukan pengujian A/B ini maka iklan yang diunggah bisa memiliki kualitas tampilan yang bagus sehingga bisa digunakan secara kontinu.
4. Pertimbangkan untuk gunakan Call to Action
Banner Call To Action atau CTA bisa dibuat dengan cara mengarahkannya ke laman produk utama atau landing page. Disarankan untuk meletakkan banner CTA di bagian awal video YouTube ads, sehingga akan memungkinkan video iklan yang diunggah bisa dilihat penonton. Hal tersebut akan menjadikan iklan atau promosi bisnis bisa menjadi lebih efektif.
5. Sisipkan end screen
Cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan iklan di YouTube adalah dengan menyisipkan end screen. Sesuai dengan namanya, end screen akan diletakkan di bagian akhir video yang menampilkan thumbnail video iklan yang diunggah. Tujuan dari penggunaan endscreen ini adalah untuk bisa meningkatkan brand awareness dari audiens pada produk atau jasa bisnis.
5. Tepat memilih kata kunci
Cara yang terakhir adalah pastikan untuk tepat memilih kata kunci yang sesuai dengan channel YouTube sehingga akan memudahkan Google untuk mencari video iklan yang dibuat. Penggunaan kata kunci yang tepat juga akan membuat iklan yang dibuat di YouTube bisa lebih tepat pada sasaran target audiens.
YouTube ads sekilas memang terlihat mudah untuk dibuat dan digunakan, namun tentunya untuk mendapatkan kesuksesan dengan mencapai jumlah penonton yang tinggi membutuhkan proses tersendiri. Anda harus bisa membuat video iklan yang sekiranya mampu membuat audiens betah berlama-lama ada di akun YouTube sehingga iklan bisa tersampaikan dengan benar sesuai tujuannya.
Referensi:
Efektifkah Menggunakan Iklan YouTube untuk Marketing Bisnis Anda? (2023). Diakses pada 4 juli 2023 dari Dreambox.id
4 Tips Mudah Gunakan YouTube Ads bagi Pemula. (2023). Diakses pada 4 Juli 2023 dari Rajakomen.com
Utomo, Prasetyo. 2023. YouTube Ads: Panduan Praktis Beriklan di YouTube untuk Pemula. Diakses pada 4 Juli 2023 dari Revou.co