Email marketing merupakan strategi pemasaran melalui media email untuk mempromosikan produk dan jasa, serta mempererat hubungan produsen dengan klien potensialnya. Strategi pemasaran ini dilakukan dengan cara mengirim pesan secara langsung ke alamat email para klien. Penggunaan email marketing untuk jangka panjang akan bisa menghadirkan manfaat berikut ini.
Membuat Konten yang Dipersonalisasi
(Canva)
Penggunaan email marketing memungkinkan kamu untuk menghadirkan personalized content atau konten yang dipersonalisasi. Personalized content merujuk pada konten yang dibuat sedemikian rupa, agar bisa relevan dan sesuai dengan target konsumen atau klien. Dengan begini, maka konsumen akan merasa kalau produk atau jasa bisa memenuhi kebutuhan mereka.
Salah satu contoh simpel dari personalized content ini adalah penggunaan nama target konsumen atau klien pada email yang dikirimkan. Percaya atau tidak, faktanya memang tingkat CTR (Click-Through-Rate) atau jumlah klik pada email pemasaran lebih tinggi pada email yang memuat nama target konsumen, dibandingkan dengan email yang tidak memuatnya.
Media Pengumpul Feedback Kosumen
(Canva)
Salah satu strategi email marketing untuk jangka panjang juga menjadu media yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui bagaimana penerimaan atau tingkat kepuasaan konsumen dari barang atau jasa yang bisnismu hadirkan. Hal ini membuat kamu maupun konsumen akan tetap saling terkoneksi antara satu sama lain, sehingga kemungkinan konsumen melakukan repurchase akan terbuka lebar.
Melalui email marketing, kamu bisa mengirim survei kepuasan, untuk mengetahui feedback dari konsumen tersebut. Dengan menggunakan cara ini, kamu juga akan bisa mengalkulasikan Net Promotor Score (NPR) atau nilai yang menggambarkan tingkat loyalitas konsumen. Berdasarkan nilai ini, kamu akan bisa menyusun strategi baru untuk meningkatkan pengalaman konsumen tersebut.
Email Marketing Jangka Panjang untuk Meningkatkan Angka Penjualan
(Canva)
Penggunaan email marketing tentu saja diharapkan agar bisa meningkatkan angka penjualan. Kampanye email marketing bisa menyertakan produk atau jasa dari bisnis yang kamu jalankan, kemudian mengajak konsumen untuk melakukan pembelian atau menyampaikan bahwa sedang ada penawaran khusus untuk pembelian pada para konsumen.
Meskipun tidak dilakukan promosi secara terang-terangan atau hard selling, namun konten email marketing berisikan pesan yang secara tidak langsung mengajak konsumen untuk melakukan pembelian barang atau jasa. Berhasilnya ajakan pada para konsumen untuk melakukan pembelian tersebut, tentu nantinya akan meningkatkan angka penjualan pada bisnismu.
Email Marketing untuk Jangka Panjang Sebagai Media Komunikasi dengan Target Konsumen
(Canva)
Calon konsumen mana sih yang tidak akan merasa senang jika suatu brand bisa menjalin komunikasi yang baik dengan mereka? Inilah kondisi yang bisa diwujudkan dengan email marketing. Email marketing memungkinkanmu untuk meningkatkan komunikasi dengan target konsumen. Saat target konsumen merasa dirinya didengar oleh brand tersebut, maka loyalitasnya akan meningkat.
Jika sudah terjalin engagement yang bagus dengan target konsumen, maka email pemasaran yang kamu kirimkan akan selalu ditunggu-tunggu oleh target konsumen. Apalagi jika misalnya ada produk atau penawaran baru, biasanya target konsumen yang sudah loyal tersebut tidak akan berpikir dua kali untuk melakukan pembelian.
Meningkatkan Traffic ke Website
(Canva)
Tak hanya sekadar untuk promosi produk atau jasa saja, namun dengan menggunakan email marketing, kamu juga bisa meningkatkan traffic atau kunjungan ke website resmi bisnismu dan meningkatkan SEO. Alhasil, tak hanya engagement dengan brand yang meningkat, melainkan juga engagement dengan website-nya.
Agar bisa mewujudkan peningkatkan traffic ke website melalui email marketing, jangan lupa untuk menyisipkan tautan yang akan membawanya ke konten di website bisnismu. Pastikan juga email pemasaran tersebut mengandung call-to-action (CTA), sehingga target konsumen yang membacanya akan merasa terajak untuk mengeklik tautan tersebut.
Email Marketing untuk Jangka Panjang Membuat Biaya Pengeluaran Lebih Efektif
(Canva)
Manfaat email marketing untuk jangka panjang adalah bisa menghemat biaya untuk pemasaran. Dibandingkan dengan pemasaran tradisional yang mengharuskanmu untuk mencetak spanduk, menyewa papan billboard, dan lainnya, biaya yang dikeluarkan untuk keperluan email marketing terbilang lebih efektif dan terjangkau dari segi biaya.
Agar bisa menghasilkan email marketing yang oke punya, kamu hanya membutuhkan copywriter dan desainer grafis, jika sekiranya kamu tidak menggunakan gambar yang bisa digunakan secara gratis. Selain hemat dari segi biaya, email marketing juga hemat dalam segi waktu, disebabkan karena penyusunannya terbilang tidak terlalu lama dibanding media pemasaran tradisional.
Meningkatkan Brand Awareness
(Canva)
Pengiriman email pemasaran yang dilakukan secara reguler, akan membantu membuat target konsumen mengenali brand yang kamu punya, berikut dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Alhasil, brand awareness dari bisnismu pun akan mengalami peningkatkan. Hal ini membuat email marketing untuk jangka panjang sangatlah baik. Jika brand awareness sudah meningkat, maka kepercayaan konsumen akan brand juga akan mengalami peningkatan.
Mengirim Email untuk Tujuan Berbeda
(Canva)
Tahukah kamu kalau dengan menggunakan email marketing, kamu bisa mencapai tujuan yang berbeda-beda dalam hal pemasaran? Pada email marketing sendiri, ada beberapa tipe email yang biasa dikirimkan pada target konsumen. Ada yang isinya untuk menyambut konsumen baru, penyampaian rasa terima kasih, newsletters, penawaran khusus, dan lainnya.
Perbedaan isi dari email marketing tersebut, akan bisa membuatmu mencapai tujuanpemasaran yang berbeda-beda, dengan hanya menggunakan satu bentuk media pemasaran saja. Makanya, tidak salah kiranya jika kamu memilih email marketing ini sebagai media pemasaran untuk bisnis yang kamu jalankan.
Sebagai salah satu strategi pemasaran yang sudah lama dikenal oleh para pebisnis, email marketing mendatangkan begitu banyak manfaat. Adapun manfaat email marketing untuk jangka panjang mulai dari peningkatkan angka penjualan, hingga meningkatkan engagement dengan konsumen. Penggunaan email marketing akan bisa membantu perkembangan bisnismu.