KOL marketing biasanya digunakan untuk media digital dan bagi Anda yang ingin tahu peran dari KOL dan influencer, bisa simak penjelasannya di bawah ini.
Masih banyak pebisnis yang hanya mengenal pemasaran online melalui website atau media sosial saja dan tidak tahu ada strategi yang tidak kalah efektifnya. Strategi untuk meningkatkan brand Anda yang terbaru dan perlu dicoba adalah bekerjasama dengan influencer atau figur yang berpengaruh.
Hal ini juga bisa dikenal dengan pemasaran KOL dan semakin banyak pebisnis yang menggunakan strategi ini. Strategi pemasaran yang satu ini banyak dipilih karena lebih efektif dan juga mengikuti perkembangan zaman.
Nah, bagi Anda yang ingin tahu peran dari KOL dengan influencer untuk pemasaran digital bisa simak penjelasannya di bawah ini.
Apa Itu KOL dan Bedanya dengan Influencer
KOL atau Key Opinion Leader merupakan figur yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, seperti followers ataupun pengikutnya di media sosial sehingga membuat keputusan melakukan pembelian di suatu produk atau brand tertentu. Kemampuan mempengaruhi pandangan orang lain inilah yang banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis atau pemilik brand.
Influencer dan KOL pada prinsipnya masih sama, namun ada perbedaan dimana KOL itu seseorang yang memiliki kemampuan atau kompetensi di bidang tertentu. Keahlian yang mereka miliki tersebut benar-benar valid dan memiliki kredibilitas. Bisanya influencer hanya mengandalkan popularitas di media sosial saja.
Peran KOL dan Influencer bagi Pemasaran Digital
Peran kol dan juga influencer dalam pemasaran digital adalah:
1. Memperkuat Kredibilitas dan Reputasi Brand
Peran penting yang dimiliki oleh influencer dan KOL adalah memperkuat kredibilitas dan reputasi brand. KOL merupakan fitur yang berpengaruh bagi bisnis Anda dan juga mereka memiliki keahlian di bidangnya jadi mempunyai kekuatan tersendiri bagi para followers mereka. Apalagi figur tersebut memiliki reputasi yang bagus sehingga bisa dipercaya oleh masyarakat, khususnya followersnya.
Mereka tidak akan mempertaruhkan reputasinya untuk mempromosikan suatu brand atau produk yang tidak berkualitas. Produk yang mereka perkenalkan biasanya memiliki reputasi yang baik dan otomatis akan memberitahu kepada followers mereka. Strategi ini sangat cocok digunakan apabila Anda berfokus di penguatan merek.
2. Membangun Brand
Peran influencer dengan KOL berikutnya adalah membangun brand awareness dari suatu produk maupun brand. Mereka memiliki peran yang sangat penting untuk menerapkan strategi digital marketing sebab memiliki kemampuan untuk membangun brand awareness tersebut. Mereka bisa memberikan rekomendasi terpercaya mengenai suatu produk atau layanan kepada para followersnya.
Saat mereka mengulas suatu produk secara tidak langsung membuat banyak orang semakin berminat dan bisa membangun kepercayaan bahwa produk tersebut benar-benar bagus dan berkualitas. Influencer dan KOL berperan sebagai pembentuk opini yang bisa membuat perhatian para konsumen pada brand Anda.
3. Menghasilkan ROI Tinggi
Peran mereka selanjutnya adalah untuk menghasilkan ROI atau Return On Investment yang tinggi. Agar bisa menghasilkan ROI yang tinggi tentu saja harus menentukan tujuan secara jelas. Itulah sebabnya influencer dan KOL tidak boleh disepelekan perannya untuk bisnis Anda kedepannya.
Anda harus menentukan tujuan pemasaran yang tepat untuk meningkatkan konversi, loyalitas konsumen, memaksimalkan penjualan hingga brand awareness.
4. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Influencer dan KOL juga memiliki peran untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Secara tidak langsung merek akan merekomendasikan ataupun memberi ulasan positif mengenai suatu produk atau layanan. Hal ini bisa memberikan efek yang luar biasa untuk menciptakan kepercayaan konsumen.
Anda bisa melihat banyak orang yang lebih mempercayai saran dari salah satu orang yang mereka anggap mempunyai pengalaman atau pengetahuan yang lebih banyak. Bahkan banyak masyarakat yang tidak ragu langsung mengikuti saran hingga rekomendasi yang diberikan para influencer atau KOL.
5. Menjangkau Target Audiens
Peran penting influencer dan KOL juga bisa menjangkau target audiens secara spesifik. Mereka juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan keterlibatan dengan konsumen secara langsung. Terlebih lagi KOL atau influencer yang terbiasa melakukan interaksi dengan followers mereka melalui DM, komentar atau kerap melakukan pertemuan secara langsung.
Dengan interaksi secara aktif, influencer dan KOL bisa merespon pertanyaan secara langsung, berbagi pengalaman sesuai dengan produk atau layanan tertentu dan merespon pertanyaan dari mereka. Ini tentu saja bisa membuat konsumen secara otomatis terlibat dengan suatu brand atau produk yang Anda miliki.
6. Meningkatkan Peluang Penjualan dan Terciptanya Konversi
Peran penting dari influencer dan KOL yang terakhir adalah untuk meningkatkan peluang penjualan suatu produk. Mereka akan langsung merekomendasikan suatu produk kepada followersnya yang sudah mempercayainya. Bahkan followers mereka terinspirasi mencoba suatu produk yang direkomendasikan dan memiliki potensi menjadi pelanggan setia.
Alhasil bisa meningkatkan angka penjualan dan keuntungan bisnis Anda. Mereka juga memiliki peran untuk menerapkan strategi marketing dengan sesuai dengan sasarannya. Supaya kerjasama dengan mereka sukses dan sesuai dengan harapan, maka Anda juga harus mengoptimalkan peran influencer dan KOL dengan baik.
Seperti itulah beberapa peran penting mereka dalam pemasaran digital yang perlu Anda ketahui sebelum mengandalkan mereka.
Referensi:
Bounche. “Apa Itu KOL dan Fungsinya untuk Digital Marketing”. Bounche.com
Redcomm “Apa itu KOL dan Perannya dalam Pemasaran Digital” Redcomm.co.id
Dreambox. “Pentingkah KOL Marketing untuk Bisnis Anda? Berikut Penjelasannya” Dreambox.id