River

Kenali Pekerjaan Copywriter dan Ruang Lingkupnya

Kenali Pekerjaan Copywriter dan Ruang Lingkupnya

Copywriter adalah salah satu profesi yang belakangan semakin populer seiring perkembangan dunia digital marketing. Pada dasarnya, profesi ini sudah ada sejak dulu, bahkan jauh sebelum teknologi semakin canggih seperti saat ini. Kemahiran merangkai kata-kata menjadi kebutuhan pokok sebuah perusahaan dalam pemasaran. 

 

Karena itulah profesi sebagai seorang copywriter menjadi sangat krusial. Jika kamu salah satu orang yang gemar menulis dan kreatif, profesi ini mungkin cocok untuk kamu. Biar lebih paham tentang copywriter dan ruang lingkupnya, simak penjelasan di bawah ini! 

 

Pengertian Copywriter

 

Ketika kamu mendengar copywriter, apa yang kamu bayangkan pertama kali? Mungkin banyak orang yang menganggap pekerjaan ini hanya seputar tulis menulis saja. Atau seseorang yang menghabiskan waktunya untuk menulis. Anggapan tersebut tidak salah, namun kurang tepat karena copywriter bukan sebatas tulis menulis saja. 

 

Tugas utamanya memang membuat tulisan namun untuk kebutuhan promosi. Promosi ini bisa meliputi iklan, media sosial, brosur dan lainnya. Tulisan tersebut setidaknya mengandung kata-kata atau kalimat yang mampu mengarahkan konsumen untuk membeli sebuah produk atau jasa yang dipromosikan. 

 

Kebanyakan orang sering beranggapan bahwa copywriter dan content writer adalah pekerjaan yang sama. Namun meski namanya mirip, tugas dan ruang lingkup keduanya sangat berbeda jauh. Seorang content writer bertugas membuat artikel yang edukatif dan informatif sedangkan seorang copywriter membuat tulisan persuasif. 

 

Jadi pekerjaan ini mengharuskan agar kreatif dan memiliki keahlian untuk membuat tulisan yang bisa menarik hati konsumen. Karena tujuan dari copywriting ini untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa dari perusahaan yang diwakili, baik dengan cara soft selling atau hard selling.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan Copywriter

 

Pekerjaan copywriter mungkin salah satu pekerjaan yang terlihat mudah dibandingkan dengan seorang bankir atau pekerja di bidang lainnya. Namun demikian seorang copywriter memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting untuk memberikan dampak pada target pasar suatu perusahaan. 

Tak hanya itu, ia juga bertanggung jawab untuk membangun reputasi dan wajah sebuah perusahaan sehingga bisa mempresentasikannya dengan baik. Lantas sebenarnya apa tugas dan tanggung jawab seorang copywriter.

 

1. Menulis Konten Sosial Media

Sebagai seorang copywriter, salah satu skill yang harus dimiliki adalah bisa menulis konten yang menampilkan atau mempresentasikan wajah dari sebuah merek atau brand. Dari sinilah skill kreativitas diuji. Bagaimana cara seorang copywriter agar bisa menulis kata-kata yang mampu mempresentasikan keinginan daripada perusahaan tersebut. 

2. Seorang Copywriter Harus Berkolaborasi 

Tugas lain dari pekerjaan seorang copywriter yaitu bisa bekerjasama dengan berbagai departemen misalnya dengan pihak marketing, PR, sampai dengan bagian penting seperti customer service. 

Dalam hal ini, komunikasi yang baik sangat dibutuhkan oleh pekerjaan yang satu ini. Dengan komunikasi yang baik, maka akan tercipta kolaborasi sehingga bisa menciptakan hasil yang maksimal. 

 

3. Membuat Konten dengan Maksimal

 

Selanjutnya pekerjaan satu ini memiliki peran sebagai representasi sebuah perusahaan, maka dari itu dalam memproduksi atau membuat konten harus berkualitas tinggi dan menyesuaikan gaya perusahaan yang diwakili. Konsep yang akan digunakan harus fresh dan unik sehingga berbeda dari konten kompetitor. Dengan begitu, peluang untuk menarik konsumen lebih besar dari konten unik tersebut. 

 

4. Menginterpretasikan Ide Kreatif

 

Seorang copywriter harus bisa mengadaptasi poin daripada pihak kreatif agar menjadi konten yang persuasif. Apa itu konten persuasif? Konten yang berisi ajakan halus atau bisa mengarahkan konsumen agar mau membeli barang dan jasa yang dipromosikan. 

 

5. Mengelola Proyek dari Klien

 

Selain kreatif dan komunikasi yang baik, copywriter juga dituntut agar bisa membagi waktu dengan baik agar bisa memegang beberapa proyek yang diterima sekaligus. Di mana proyek tersebut terkadang memiliki tenggat waktu yang cenderung lebih singkat. 

 

6. Membuat Konsep Berbeda untuk Setiap Konten

 

Tugas yang selanjutnya adalah membuat konsep untuk sebuah konten. Copywriter harus bisa menampilkan konsep atau desain konten dan strategi produksi konten yang akan dipilih kepada petinggi perusahaan. Maka dari itu cara mempresentasikan sebuah tampilan visual atau konsep harus menarik agar para petinggi bisa menyetujui konsep yang akan digunakan tersebut. 

 

Pentingnya Pekerjaan Copywriter

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pekerjaan ini termasuk salah satu pekerjaan yang sangat krusial dan penting bagi sebuah perusahaan. Pernahkah kamu lihat teks iklan yang cukup singkat namun berdampak besar? Misalnya tulisan iklan sebuah brand ternama “Brilliant, in every way”

 

Dari tulisan iklan tersebut, kamu bisa melihat kekuatan copywriting. Cukup dengan kalimat singkat bisa mempersuasi konsumen. Kalimat singkat tersebut cukup powerful sehingga bisa menarik perhatian pembaca. 

 

Mempromosikan sebuah brand tentu membutuhkan anggaran. Nah salah satu cara atau strategi untuk menghemat anggaran tersebut adalah mempromosikan brand dengan copywriting. Jadi anggaran yang sebelumnya akan digunakan untuk pemasaran bisa dialihkan untuk membayar seorang copywriter. 

 

Membuat tulisan untuk sebuah iklan juga harus disesuaikan dengan tren pasar sehingga bisa tepat sasaran. Maka dari itu, copywriting akan membantu untuk menargetkan konsumen dengan lebih baik. Sebagai contoh, jika konsumen yang ditargetkan adalah anak muda maka bahasa yang bisa digunakan santai dan informal. 

 

Itulah pengertian, tugas dan tanggung jawab serta pentingnya pekerjaan seorang copywriter sebagai salah satu strategi pemasaran yang banyak dilakukan oleh perusahaan. Lebih pentingnya lagi dengan bantuan copywriting ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan. 

 

Oleh karena itu seorang copywriter harus memiliki skill atau kemampuan yang baik dalam membuat konsep untuk setiap konten yang akan digunakan untuk promosi brand dari perusahaan yang diwakili. Dengan copywriting yang baik tentu akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli barang atau jasa tersebut. 

 

Sumber  

https://www.kuncie.com/posts/apa-itu-copywriter#:~:text=Copywriter%20adalah%20orang%20yang%20menulis,seperti%20jingle%20iklan%20atau%20slogan.

https://jatismobile.com/id/blog/aplikasi-dan-platform-digital/tugas-copywriter/

https://www.belajarlagi.id/post/prospek-jenjang-karier-copywriter

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *