River

Jenis Strategi Digital Marketing Paling Jitu

Jenis Strategi Digital Marketing Paling Jitu

Pada dasarnya strategi digital marketing adalah pemasaran untuk mempromosikan brand atau produk melalui media digital. Misalnya menggunakan media sosial, website, e-mail, dan platform lain berbasis digital.

Keuntungan menggunakan digital marketing adalah mampu menjangkau target pasar secara lebih luas. Terlebih saat ini, hampir semua orang sudah terhubung ke internet, bahkan melakukan aktivitas di dalamnya seperti komunikasi, membagikan aktivitas, dan lain-lain.

Biaya yang dibutuhkan untuk menerapkan digital marketing pun tidak semahal biaya pemasaran secara konvensional. Anda tidak harus mencetak majalah, koran, membayar biaya penayangan di televisi, dan lain-lain yang membutuhkan budget cukup besar.

Tetapi untuk menerapkan digital marketing juga dibutuhkan jam terbang dan orang-orang yang profesional di dalamnya. Sebab, tanpa adanya strategi sebelum melakukannya, Anda akan sulit dalam merealisasikannya.

Beberapa Strategi yang Digunakan Dalam Digital Marketing

beberapa-strategi-yang-digunakan-dalam-digital-marketing

(Canva)

Berikut ini beberapa jenis strategi digital marketing yang bisa menunjang bisnis Anda semakin naik pesat, baik dari sisi brand awareness ataupun penjualan.

Social Media Marketing (SMM)

social-media-marketing

(Canva)

Social Media Marketing atau yang sering disebut dengan SMM adalah salah satu strategi yang digunakan untuk digital marketing melalui media sosial dimana media sosial merupakan platform yang digunakan untuk membangun brand perusahaan, meraih penjualan, dan mengatur traffic website

Sebagai tambahan, Anda juga bisa membangun hubungan langsung dengan para konsumen atau calon konsumen. SMM mampu menyediakan analitik data yang melacak keberhasilan digital marketing yang sudah dilakukan.

Tiga kekuatan utama dari strategi SMM ini adalah koneksi, interaksi, dan data konsumer. Koneksi mengacu pada bagaimana cara perusahaan dapat menjalin hubungan dengan para konsumennya. Kemudian interaksi mengacu pada bagaimana perusahaan bisa berkomunikasi langsung dengan konsumen.

Sementara data konsumer yaitu untuk menyajikan data yang bisa digunakan untuk evaluasi keberhasilan proses pemasaran. Strategi ini membutuhkan orang-orang yang profesional di bidang ini. Sehingga untuk mewujudkannya agar lebih maksimal, Anda butuh River Work untuk menanganinya.

Penerapan SEO (Search Engine Optimization)

penerapan-seo-search-engine-optimization

(Canva)

Strategi digital marketing menggunakan teknik SEO adalah suatu metode yang bisa membuat website Anda berada di page rank pertama dalam mesin pencarian Google.

SEO digunakan untuk mengarahkan traffic pembaca agar masuk ke dalam website Anda. Salah satu trik dasar untuk menerapkannya adalah optimalisasi penggunaan keyword dan selalu update konten.

Sederhananya, ketika Anda mencari suatu informasi mengenai “jual baju kekinian” katakanlah. Jika website Anda menggunakan SEO dengan keyword tersebut, tentu saja konten yang dibuat akan masuk dalam page rank laman Google. Sehingga akan banyak orang-orang yang kemudian melakukan klik pada konten tersebut.

Cara kerja mesin pencarian seperti Google pada dasarnya menggunakan algoritma, frasa, kata kunci, kejelasan Bahasa, dan pembaruan website. Sehingga Anda perlu memahami bagaimana penerapan SEO dalam mengelola website yang Anda buat.

Beberapa strategi yang bisa Anda gunakan menggunakan SEO ini, diantaranya menggunakan keyword khusus yang paling banyak dicari. Kemudian memasukkan tautan link dari satu halaman menuju ke halaman lainnya. 

Selain itu, membuat tautan yang langsung ditujukan ke laman website Anda (backlink), serta menggunakan bantuan tools tambahan seperti Google Search Console dan Google Analytics.

Menerapkan Email Marketing

menerapkan-email-marketing

(Canva)

Membuat email promosi menjadi salah satu cara tepat untuk menjadikan brand Anda selalu dikenal oleh para subscriber. Cara ini juga tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak.

Email promosi bisa Anda gunakan untuk meraih penjualan, boosting traffic untuk menuju ke website, dan membangun hubungan dengan para calon konsumen dan konsumen loyal.

Trik penggunaan email promosi ini menjadi salah satu teknik yang relevan untuk menunjang tujuan perusahaan. Konten yang Anda buat sudah semestinya dibuat sedemikian rupa untuk meraih target pasar yang tepat.

Segmentasi pasar menjadi hal penting agar email promosi bisa sampai tepat sasaran pada target audiens dimana Anda bisa mengirimkan email secara spesifik pada segmentasi yang spesifik pula. Sehingga Anda harus menggunakan data untuk menguji manakah konsumen yang merupakan pembeli impulsif dan konsumen loyal atau pelanggan.

Dua tipe konsumen tersebut adalah target khusus yang sebaiknya harus dijaga. Anda bisa mengirimkan e-mail untuk mengingatkan konsumen agar menyelesaikan pembelian produk yang sudah ada di dalam shopping cart. Selain itu, Anda juga bisa memberikan tawaran promo atau diskon untuk membuat konsumen semakin tertarik.

Berdasarkan beberapa tipe konsumen yang sudah tersegmentasi, sebaiknya Anda mengirimkan e-mail yang sesuai dengan kategori konsumen tersebut. Sehingga teknik digital marketing yang dilakukan tidak menjadi sia-sia atau hanya masuk ke dalam spam e-mail dari penerimanya.

Anda juga bisa meraih efektivitas dari email promosi berdasarkan strategi dengan mengirimkan email pada target audiens. Tetapi untuk mengetahui bagaimana hasilnya, Anda juga harus bisa melacak performa email promosi melalui metrik khusus.

Untuk mewujudkan teknik digital marketing menggunakan email promosi ini memang tidak mudah. Anda butuh bantuan River Work yang bisa menunjang maksimalnya strategi tersebut.

Itulah strategi digital marketing yang bisa Anda temukan di jasa profesional digital marketing dimana penerapan strategi tersebut dibuat sedemikian rupa secara terencana dan terukur, serta berbasis riset. Jangan sampai pemasaran dibuat secara asal agar tidak menjadi hal yang sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *