River

Ini Loh yang Dimaksud dengan Funnel Marketing Digital

Ini Loh yang Dimaksud dengan Funnel Marketing Digital

Funnel marketing digital menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan dalam upaya pemasaran sebuah brand atau bisnis. Biasanya ini digunakan untuk memetakan strategi marketing secara akurat sehingga hasil yang dicapai lebih optimal. Mari cari tahu lebih jauh lagi tentang funnel marketing ini dan tahapan apa saja yang ada di dalamnya. 

Mengenal Apa Itu Funnel Marketing Digital?

(Canva)

Digital marketing funnel biasa disebut juga dengan istilah sales funnel. Ini merupakan sebuah model yang menunjukkan tahapan-tahapan penting yang dilalui oleh audiens sebelum akhirnya membeli barang atau produk. Tahapan ini juga biasa dikenal dengan istilah customer journey

Mari posisikan diri kita sebagai konsumen. Misalnya kita melihat iklan dari sebuah produk. Pasti kita tidak secara langsung membeli produk tersebut. Ada proses di dalamnya yang membawa kita untuk membeli produk ini. Misalnya kita mengenal dulu apa brand-nya lalu mencoba mencari tahu lewat website bisnis mereka kemudian membandingkan dengan produk lain baru melakukan pembelian. 

Sales funnel ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis. Ini biasa digunakan sebagai dasar atau acuan dalam menyusun strategi marketing. Bahkan hal ini bisa dijadikan sebagai panduan bisnis dalam melihat seperti apa perjalanan konsumen mereka. Tujuannya untuk menyusun strategi marketing yang efektif sesuai dengan perjalanan tersebut. 

Manfaat Bisa Didapatkan dari Funnel Marketing Digital

(Canva)

Pemakaian sales funnel ini tentu bukan tanpa alasan. Ada banyak manfaat yang diberikan sehingga tidak heran jika para pebisnis dan marketer membutuhkannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari teknik funnel marketing digital.

Membantu Mengenali Target Pasar

Pertama-tama, sales funnel ini akan membantu kamu untuk mengenali target pasar dengan lebih baik lagi. Ini merupakan langkah paling mudah dan efektif untuk mengenali karakteristik target pasar bisnismu. Bukan untuk menentukan siapa targetnya namun untuk mengenali bagaimana karakter dan perilaku mereka sebelum membeli sebuah produk. 

Proses marketing atau pemasaran sebuah produk tidak bisa mengabaikan karakter dan perilaku konsumen. Jadi penting sekali untuk melihat dan menganalisis bagaimana karakter target audiens. Salah satu caranya ya lewat sales funnel tadi. Kamu bisa menyimpulkan bagaimana karakter dan perilaku mereka melalui tahapan atau perjalanan yang dilalui saat membeli sebuah produk. 

Mempermudah Pembuatan Konten Marketing

Sales funnel ini juga memberikan kemudahan bagi sebuah bisnis untuk membuat konten marketing. Dalam proses pemasaran sebuah produk, pasti akan dibutuhkan marketing. Digital marketing ini menjadi pilihan bagi banyak pebisnis dan diperlukan konten-konten yang menarik di dalamnya. 

Konten yang digunakan ini sebaiknya sesuai dengan target audiens yang sudah ditentukan sebelumnya. Lebih bagus lagi jika konten marketing sesuai dengan perilaku atau karakteristik dari audiens. Jadi kamu bisa memberikan konten yang sesuai dengan perjalanan mayoritas audiens dalam mengenali hingga membeli sebuah produk. 

Meningkatkan Traffic dan Konversi

Sudah pasti sales funnel ini akan membantu meningkatkan traffic dan konversi untuk produk yang kamu jual. Perjalanan yang dilalui oleh konsumen sebelum membeli produk bisa kamu jadikan sebagai acuan. Tahapan mana saja yang harus diperhatikan agar target tersebut mau membeli produk tanpa berpikir lama. Pada akhirnya hal ini bisa membantu mendongkrak konversi dan meningkatkan angka keuntungan. 

Tahapan Funnel Marketing Digital

(Canva)

Sales funnel ini merupakan sebuah rangkaian proses. Jadi ada beberapa tahapan yang terlibat di dalamnya. Berikut ini beberapa tahapan marketing funnel secara digital yang penting sekali untuk kamu ketahui. 

Exposure

Pertama ada tahap exposure dimana target audiens akan mengenali brand yang ditawarkan terlebih dahulu. Ini merupakan titik awal dari sebuah proses digital marketing. Di sini kamu akan mulai beriklan dan menjalankan strategi promosi lewat platform digital yang sudah dipilih sebelumnya. Bisa juga disebut sebagai tahap perkenalan sebuah brand.

 

Baca juga: Digital Marketing Indonesia: Begini Cara Memaksimalkannya

 

Discovery

Setelah mengenali produk, calon konsumen biasanya tidak langsung melakukan pembelian. Mereka akan melewati tahapan bernama  discovery. Ini merupakan tahap dimana calon konsumen akan mencari informasi lebih jauh tentang produk atau brand yang ditawarkan tadi. Pencarian ini bisa bervariasi, lewat media sosial, website, atau berburu review pengguna dari berbagai forum. 

Consideration

Lanjut ke tahap berikutnya ada consideration. Ini merupakan tahapan dimana penjual biasanya sudah berharap konsumen mulai melakukan pembelian. Peluangnya memang lebih besar karena di sini calon konsumen sudah mengenali produk dan sudah mencari banyak informasi mengenai produk tersebut. Di tahap ini kamu bisa mulai berkomunikasi dengan calon konsumen agar peluang konversi meningkat. 

Conversion

Inilah tahap dimana calon konsumen sudah mengambil keputusan. Jadi di tahap ini konsumen akan membeli sebuah produk karena merasa sudah tahu dan mengenali produk tersebut dengan baik. Konversi ini ditandai dengan adanya transaksi dimana pembeli akan menerima barang dan penjual akan mendapatkan uangnya. 

Customer Relationship

Tidak berhenti sampai di konversi saja, ternyata sales funnel ini juga berlanjut ke tahap customer relationship. Ini merupakan tahapan dimana kamu perlu menjalin hubungan yang kuat dan baik dengan konsumen. Tujuannya untuk menjaga agar konsumen tersebut menjadi pelanggan setia dan terus melakukan pembelian di bisnismu. 

Retention Funnel Marketing Digital

Tahapan terakhir dari sales funnel adalah retention dan hal ini akan terjadi secara terus-menerus. Retention merupakan tahap dimana pebisnis dapat menarik perhatian konsumen agar bisa melakukan pembelian berulang atau repurchase. Ini adalah tahapan yang cukup penting karena akan membantu bisnismu untuk mendapatkan pelanggan setia atau loyal customer

Funnel marketing digital ini memiliki fungsi penting dalam strategi pemasaran. Tidak heran jika hal ini sangat penting untuk dipelajari dan dipahami oleh semua pebisnis atau marketer. Pastikan setiap tahapan yang terlibat di dalamnya benar-benar dilalui dengan baik oleh sebuah bisnis agar menghasilkan angka penjualan yang memuaskan. 

Sumber:

https://toffeedev.com/blog/digital-marketing-funnel/.

https://finance.detik.com/solusiukm/d-6313619/digital-marketing-funnel-pengertian-tahapan-dan-strateginya#:~:text=Mengutip%20Diggity%20Marketing%2C%20digital%20marketing,customer%20untuk%20menjadi%20pelanggan%20loyal..

https://inmarketing.id/6-tahapan-digital-marketing-funnel-untuk-kesuksesan-pemasaran.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *