River

Iklan TikTok: 5 Strategi Kreatif untuk Menarik Perhatian Generasi Z dan Milenial

Iklan TikTok: 5 Strategi Kreatif untuk Menarik Perhatian Generasi Z dan Milenial

TikTok telah diprediksi masih akan mendominasi media sosial di tahun 2023. Hal ini bisa dilihat dari berbagai macam fitur yang terus dikembangkan di dalamnya seperti iklan TikTok dan lain sebagainya yang akan memudahkan para pengguna nya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Contoh pengembangan fitur yang ditawarkan seperti durasi video yang ditawarkan awalnya 15 detik namun seiring perkembangannya durasi yang ditawarkan bisa mencapai 10 menit. Bahkan saat ini TikTok menjadi social commerce yang tengah naik daun.

Bahkan sudah banyak yang mengenal TikTok dengan istilah “keranjang kuning”. Bahkan membeli di sana sangat menguntungkan karena tersedia banyak voucher serta adanya fitur live yang memungkinkan calon pembeli melihat barang dagangan secara langsung.

Kenapa TikTok Populer?

Tentu saja banyak yang bertanya-tanya kenapa TikTok ini menjadi media sosial yang berhasil mendominasi terutama di tahun 2023. Tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan dan berikut beberapa alasan tersebut.

a. Konten kreatif serta unik

TikTok sangat memungkinkan pengguna membuat video secara singkat memakai banyak efek kreatif serta filter menarik. Fitur tadi memungkinkan pengguna menghasilkan konten unik dan menarik sehingga pengguna menjadi lebih tertarik.

b. Per Algoritma Dan canggih

TikTok memakai algoritma canggih untuk menganalisis preferensi untuk pengguna serta memberikan konten relevan dengan personal. Jadi setiap pengguna mempunyai mempunyai pengalaman yang nantinya disesuaikan minat dan perilakunya sehingga membuatnya akan terus terlibat pada platform.

c. Efek viral serta tren

TikTok mempunyai kemampuan dalam menciptakan tren serta memicu konten menjadi viral. Saat video ataupun suatu tantangan tertentu memperoleh popularitas, maka pengguna lain akan sering ikut serta pada tren tersebut sehingga membuat konten menjadi lebih luas dan mendapatkan sorotan publik.

d. Komunitas aktif

TikTok merupakan iklan yang interaktif sehingga memungkinkan pengguna untuk bisa berinteraksi dengan kreator ataupun koten. Ini membuat rasa komunitas diantara para pengguna, memperluas jangkauan konten, dan meningkatkan keterlibatan.

e. Aksesibilitas dan keberagaman

TikTok bisa diunduh dengan gratis serta tersedia pada berbagai perangkat jadi bisa diakses banyak orang di seluruh dunia. TikTok juga menampilkan banyak konten dengan berbagai keragamannya sehingga platform ini menjadi inklusif serta menarik untuk banyak audiens.

Strategi Marketing Untuk Millennial dan Gen Z

Seperti yang sudah disebutkan diatas jika TikTok juga menjadi e-commerce yang mana salah satu penjualannya bisa memanfaatkan fitur TikTok Ads. Pengguna platform ini dari berbagai kalangan namun kebanyakan dari kaum millennial dan Gen Z.

Kedua generasi ini tergolong kreatif, berani serta menciptakan banyak trend. Kesadarannya terhadap nilai tergolong cukup tinggi dan ketertarikan di brand yang “keep it real” juga tergolong tinggi. Maka dari itu untuk menjangkaunya diperlukan pendekatan yang berbeda dan ini merupakan strateginya

a. Bangun citra yang relatable

Generasi ini menyukai berbagai hal yang mampu membuatnya merasa terhubung. Mereka akan cenderung mendukung brand yang memang selaras dengan pandangan dan perasaanya.

Maka Anda perlu untuk mencari sebuah masalah tertentu serta meyakinkan mereka bahwa brand yang Anda tawarkan bisa menawarkan sebuah penyelesaian.

b. Menjadi brand kredibel serta autentik

Generasi ini lebih senang dengan brand autentik serta bisa dipercaya. Jadi teknik pemasaran yang lebih disenangi sifatnya nyata dan personal.

Brand yang ingin menyasar audiens pada generasi tersebut ada baiknya bersikap transparan pada produknya seperti memberikan informasi terkait bahan yang dipakai di produk ataupun menjelaskan proses dari pembuatan produknya.

c. Jual pengalaman dan bukan hanya sekedar produk

Perlu dipahami jika generasi ini sudah akrab sejak dini dengan internet terutama GenZ. Jadi generasi ini sudah kebal dengan promosi bersifat hard selling. Sehingga pengalaman untuk memperoleh serta memakai suatu produk akan lebih diutamakan.

d. Membuat profil sosial media yang engaging

Generasi ini mempunyai karakteristik senang berinteraksi dengan dunia maya. Jadi dengan kata lain generasi ini termasuk ke digital natives yang pastinya telah akrab dengan berbagai fitur pada media sosial.

Dibandingkan dengan brand kaku serta satu arah maka generasi ini lebih senang brand yang memang memungkinkan interaksi yang mana membuat mereka merasa terlibat. Contohnya yakni membalas komentar ataupun mengadakan polling pada media sosial.

Sehingga diperlukan suatu brand yang bisa menciptakan suatu wajah ataupun brand profil yang bisa melekat di benak para audiens, sehingga akan lebih mudah diingat.

e. Memanfaatkan influencer

Salah satu dari strategi pemasaran Tiktok yang tergolong cukup efektif dan cukup untuk menarik perhatian yakni dengan cara melibatkan influencer di media sosial yang saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang.

Terutama untuk Gen Z kehadiran influencer ini cenderung dianggap sebagai teman yang bisa diandalkan. Maka dari itu banyak dari generasi tersebut mudah percaya serta mau untuk mengikuti hal-hal yang influencer lakukan termasuk juga memakai produk yang serupa.

Itulah strategi iklan TikTok yang bisa Anda terapkan terutama jika target pasarnya pada generasi millenial dan Gen Z. Pastikan juga jika Anda menggunakan bantuan dari digital marketing agency seperti River Work supaya iklan yang dibuat lebih tepat dalam menyasar target yang diinginkan.

Referensi:

Khairunnisa Nuha. 2023. “9 Strategi Pemasaran untuk Memenangkan Hati Gen Z yang Tepat”. Narasi.tv

Kreativv. “5 Strategi Marketing Gen Z yang Harus Banget Diterapkan di 2021”. Kreativv.com

Anfarizi Deswina. 2023. “Alasan Tiktok Menjadi Platform Sosial Media Yang Populer di 2023”. Politekniktempo.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *