Ada banyak sekali jenis bisnis yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis mereka. Hal itu wajar karena media sosial ini berfokus pada daya tarik secara visual sehingga bisa memancing jumlah audiens melalui fitur Reels, Insta Story hingga Feeds yang dimilikinya.
Dengan meletakkan iklan Instagram di salah satu fiturnya maka Anda bisa mempromosikan bisnis sehingga bisa dikenal lebih luas.
Cara Meningkatkan Interaksi Dengan Target Audiens Instagram
Jika Anda ingin memanfaatkan media sosial Instagram untuk promosi bisnis, maka paling tidak harus mengetahui siapa target bisnis dengan tepat.
Target audiens adalah sekelompok konsumen tertentu dalam Instagram yang teridentifikasi memiliki minat atau ketertarikan pada produk dan layanan dari bisnis Anda. Audiens target tersebut bisa dikategorikan sesuai dengan jenis kelamin, usia, pendapatan, informasi demografis, minat hingga lokasi audiens.
Dengan mengetahui siapa target audiens dari bisnis Anda, akan sangat berguna untuk bisa meningkatkan jumlah penjualan sekaligus pangsa pasar dalam bisnis.
Agar target audiens bisa terjangkau dengan mudah dan bisa meningkatkan interaksi yang dibuat dengan mereka membutuhkan metode yang tepat. Cara tersebut lebih popular dikenal dengan sebutan menumbuhkan engagement audiens sehingga mampu menarik banyak perhatian audiens tentang bisnis Anda.
1. Buat konten yang menarik
Cara yang pertama adalah untuk membuat sebuah konten promosi bisnis yang menarik dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens. Konten iklan Instagram yang menarik juga bukan hanya ditentukan dari isi serta ide kontennya saja, namun juga penggunaan gambar, warna dan pemilihan kata yang dilakukan dengan matang. Dalam hal ini, penting untuk dibuat strategi konten promosi yang ingin dilakukan sehingga penggunaan iklan di Instagram bisa lebih dioptimalkan.
Untuk membuat konten iklan yang menarik, Anda bisa menggunakan gambar, foto atau video yang bisa membuat target audiens bisa betah menyimak konten tersebut. Untuk melengkapi konten tersebut bisa ditambahkan caption teks yang menyampaikan deretan kata yang dipilih dengan matang sesuai dengan tema konten.
2. Tepat memilih hashtag
Menjadi salah satu fitur terbaik Instagram, penggunaan hashtag juga terbukti bisa membantu meningkatkan jumlah pengunjung Instagram secara organic. Namun tentu saja syaratnya Anda harus bisa tepat memilih jenis hashtag yang efektif untuk memunculkan konten sesuai dengan tema yang dipilih audiens. Untuk penggunaan hashtag dalam sebuah konten iklan biasanya akan ditulis sesuai kebutuhan, yaitu yang tepat dengan isi konten.
Banyak yang menggunakan hashtag atau tagar untuk membantu dalam pencarian sebuah informasi. Dan dengan menggunakan hashtag, bisa meningkatkan penemuan konten iklan Instagram milik Anda sekaligus mengoptimalkan visibilitas brand bisnis.
3. Ajak audiens untuk terlibat aktif
Untuk bisa meningkatkan interaksi yang efektif bisa dilakukan dengan cara mengajak target audiens untuk terlibat aktif sehingga tujuan iklan tercapai. Pemilik konten iklan bisa mengajak target audiens untuk berdiskusi dengan cara mengajukan pertanyaan yang memancing respon di kolom komentar. Atau bisa juga dengan cara mengadakan kuis atau giveaway untuk mengajak audiens berpartisipasi secara aktif.
4. Manfaatkan fitur InstaStory
Banyak yang memilih untuk menampilkan iklan Instagram yang ingin dipromosikan dengan menggunakan fitur InstaStory. Faktanya, jumlah pengguna Instagram yang tertarik untuk melihat InstaStory memang jauh lebih banyak bahkan mencapai jumlah 80 persen. Anda juga bisa mencoba menggunakan jenis iklan berbayar untuk menampilkan InstaStory milik Anda dengan jangkauan audiens yang lebih luas.
Selain menggunakan iklan Instagram yang berbayar, Anda juga bisa menggunakan jasa influencer terkenal untuk menjangkau target audiens yang baru. Banyak yang memanfaatkan kepopuleran seorang influencer untuk menjangkau target audiens yang baru dan menjadikan kepercayaan audiens pada brand yang direkomendasikan influencer sebagai satu promosi terbaik untuk mereka.
5. Ketahui konten promosi yang dibutuhkan audiens
Setiap waktunya trend konten selalu berubah seiring dengan berkembangnya apa yang diinginkan oleh target audiens. Untuk itu, penting untuk mengetahui apa yang diinginkan audiens sehingga Anda bisa membuat sebuah konten promosi sesuai dengan yang diinginkan audiens.
Anda bisa memulainya dengan mengetahui format konten seperti apa yang terbanyak memberikan interaksi, bagaimana jika pertanyaan diselipkan dalam caption hingga jenis pendekatan terbaik untuk memancing respon audiens untuk memberikan komentar.
6. Atur jadwal posting konten dan sesuaikan budget
Bahwa untuk menggunakan iklan Instagram memang memerlukan anggaran biaya yang tak sedikit, karena hal tersebut bergantung pada jam tayang yang ramai ketika Instagram sedang digunakan.
Pastikan untuk posting konten iklan di Instagram tepat ketika target audiens sedang aktif menggunakan media sosialnya. Sehingga bisa secara efektif meningkatkan keterlibatan audiens secara langsung dan visibilitas konten promosi yang ditayangkan.
Waktu terbaik untuk posting konten iklan di media sosial Instagram adalah pada pukul 7 pagi dan pukul 10 malam pada hari kerja. Beberapa orang memanfaatkan waktu di sore hari dimana kebanyakan orang bersantai sepulang dari aktivitas bekerja mereka. Namun pastikan untuk membuat perpaduan waktu sekali waktu sehingga tak memunculkan kebosanan karena waktu posting yang monoton.
Sekian ulasan tentang bagaimana cara yang efektif untuk meningkatkan interaksi dengan target audiens di Instagram. Iklan Instagram akan berfungsi secara maksimal jika Anda bisa melakukan semua hal tersebut di atas dengan baik dan benar. Selamat mencoba.
Referensi:
Store.sirclo.com. Riskita, Amelia. 2022. 6 Cara Memaksimalkan Instagram Ads Sebagai Medium Beriklan. Diakses pada 4 Juli 2023.
Koinworks.com. Stephanie, Kimberly.2017. 9 Tips Meningkatkan Engagement Audiens di Instagram. Diakses pada 4 Juli 2023.
Binus.ac.id. 10 Tip Praktik Terbaik Instagram dalam Membangun Audiens. (2021). Diakses pada 4 Juli 2023.