River

Funnel Marketing Digital: Kesalahan Umum Dan Cara Mengatasinya

Funnel Marketing Digital: Kesalahan Umum Dan Cara Mengatasinya

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan pasti tidak selalu mulus dan lancar seperti yang Anda kehendaki. Terkadang Anda akan mengalami kendala atau bahkan bisa juga melakukan kesalahan mendasar dan umum pada Funnel Marketing Digital.

Funnel Marketing Digital sendiri merupakan salah satu jenis metode pemasaran untuk menghasilkan sebuah visitor atau traffic. Kemudian, traffic ini nantinya akan ditujukan untuk melakukan pembelian, serta memelihara traffic tersebut agar pelanggan tetap loyal pada Anda.

Kesalahan Umum Pada Funnel Marketing Digital

Sebagai informasi, ada beberapa kesalahan umum yang mungkin Anda alami ketika Anda sedang melakukan Funnel Marketing Digital. Kesalahan umum ini wajar terjadi Anda tidak perlu khawatir akan kesalahan yang terjadi tersebut.

Pertama-tama, Anda wajib mengetahui apa saja kesalahan umum yang dapat Anda alami saat melakukan Funnel Marketing Digital. Kesalahan-kesalahan umum tersebut dapat Anda simak pada ulasan berikut di bawah ini.

1. Audiens yang salah dan tidak sesuai target.

Kesalahan umum atau mendasar yang pertama adalah audiens yang salah, tidak tepat dan tidak sesuai dengan target. Hal ini umum terjadi jika Anda melakukan Funnel Marketing Digital. Hal ini dapat terjadi apabila Anda tidak menargetkan audiens tertentu.

Memang ada baiknya Anda menargetkan seluruh lapisan audiens, namun hal tersebut tidak disarankan sebab Anda harus memikirkan hubungan antara produk atau jasa yang perusahaan Anda dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens.

2. Tidak menggunakan SEO atau Search Engine Optimization.

Satu kesalahan umum lainnya yang mungkin Anda alami adalah dengan tidak menggunakan SO atau search Engine Optimization. Padahal Anda dapat mendapatkan banyak pelanggan potensial dengan optimasi SEO ini.

Mungkin Anda dan para pebisnis tidak sabar jika menggunakan SEO sebab proses optimasi pada halaman webnya membutuhkan waktu yang lama. Namun, pada akhirnya nanti, Anda akan menikmati hasilnya setelah Anda memutuskan untuk menggunakan SEO.

3. Ingin untung dalam waktu cepat.

Tentu Anda dan para pebisnis memutuskan untuk membuka usaha dan bisnis demi mendapatkan untung. Dan mungkin saja Anda ingin mendapatkan untung yang banyak dalam waktu yang relatif cepat.

Tidak hanya dari bidan bisnis, dari bidang lain pun Anda tidak mungkin mendapatkan hasil dalam tempo singkat. Dibutuhkan banyak waktu agar bisnis Anda diterima oleh pelanggan, berkembang serta mengalami kemajuan.

 

Baca juga: Tools Untuk Melihat Traffic Digital Marketing

 

4. Mengaplikasikan banyak sekali strategi marketing.

Mungkin bagi Anda menggunakan banyak strategi marketing akan memperlancar  bisnis Anda, namun ternyata Anda salah. Menggunakan strategi marketing yang terlalu banyak hanya akan membuang waktu dan energi yang Anda miliki saja.

Cara Mengatasi Kesalahan Umum Pada Funnel Marketing Digital

Melakukan kesalahan umum pada saat melakukan Funnel Marketing Digital tentu saja akan membuat Anda khawatir, apalagi jika Anda awam tentang hal tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus memahami cara-cara mengatasinya dengan mudah.

Sesudah Anda mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang bisa Anda alami pada Funnel Marketing Digital, kini saatnya Anda mengetahui cara mengatasinya. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi kesalahan umum yang sudah disebutkan di atas.

1. Mencari audience yang tepat.

Tentu saja Anda harus mencari audience yang tepat untuk mengatasi kesalahan audiens. Untuk itu, Anda harus melakukan peninjauan ulang Ads yang ada di dalam digital platform yang telah Anda pilih. Selain itu, Anda dapat melakukan penggantian call to action supaya lebih menarik Audiens.

Untuk mendapatkan hasil pencarian audiens yang tepat, Anda harus melakukan riset secara berkala. Hal ini dimaksudkan supaya Anda benar-benar menemukan target audiens yang tepat dan sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Mulai menggunakan SEO atau Search Engine Optimization.

Untuk Anda yang tidak menggunakan SEO sebelumnya, cara mengatasinya yaitu dengan mulai dalam menggunakan SEO atau Search Engine Optimization. Penggunaan SEO tentu memudahkan pelanggan menemukan website bisnis dan jasa yang Anda tawarkan.

Untuk melakukan optimasi pada website yang Anda miliki, diperlukan konten yang berhubungan erat dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda dapat melakukan keyword research untuk mencari kata kunci yang paling sering dicari dalam search engine.

3. Perlu kesabaran dan lebih memaksimalkan strategi marketing.

Seperti yang Anda ketahui, tidak ada hal yang bisa Anda peroleh dengan cara yang mudah dan singkat. Semua perlu proses dan waktu yang cukup lama. Yang perlu lakukan adalah lebih bersabar dan memaksimalkan strategi marketing yang dijalankan sembari menunggu hasilnya.

Perkembangan teknologi apalagi teknologi digital saat ini berkembang dengan sangat pesatnya. Oleh karena itu, algoritma yang ada pada search engine atau platform media sosial seringkali berubah. Untuk itu, diperlukan kesabaran Anda juga dalam menemukan pelanggan yang baru.

4. Fokus pada satu strategi marketing saja.

Anda hanya perlu fokus pada satu strategi marketing saja. Selain lebih efisien, terbukti lebih efektif menggunakan satu strategi marketing saja. Anda bisa mengandalkan jasa marketing digital agency seperti River Work supaya strategi marketing Anda berjalan dengan lancar.

Kesalahan-kesalahan umum yang terjadi saat melakukan Funnel Marketing Digital dapat menimpa siapa saja yang melakukan pemasaran digital. Namun dengan adanya cara mengatasinya, maka Anda tak perlu lagi risau serta khawatir ketika Anda sedang melakukan Funnel Marketing Digital.

Source:

Jordi Gunawan. 2022. “Kesalahan Digital Marketing Yang Harus Dihindari di 2023”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *