Advertising adalah upaya yang dilakukan sebuah perusahaan untuk menarik perhatian para pelanggan. Kalimat yang dibuat melalui advertising ini bertujuan untuk mengajak para pelanggan agar melakukan suatu tindakan misalnya membeli produk atau jasa yang dipromosikan.
Salah satu pencetus teknik periklanan modern atau advertising adalah David Ogilvy, seorang pria yang berasal dari kalangan sederhana. Siapakah sosok pria tersebut? Inilah fakta menarik seorang tokoh advertising dunia David Ogilvy.
Perjalanan Hidup Seorang Tokoh Advertising Dunia, David Ogilvy
David Ogilvy merupakan pria kelahiran Inggris, lahir pada tanggal 23 Juni tahun 1911. Pria yang memiliki nama lengkap David Mackenzie Ogilvy ini merupakan tokoh advertising dunia yang lahir dari keluarga yang sederhana. Kedua orang tuanya merupakan seorang cendekiawan klasik dan broker keuangan.
Di tahun 1920-an, terjadi masalah besar pada bisnis ayahnya, bisnisnya mengalami kebangkrutan hingga membuat David tidak bisa melanjutkan kuliah. Kemudian pada tahun 1931, David memutuskan pergi dari Inggris dan magang di Majestic Hotel, Perancis sebagai chef.
Setelah setahun magang, David kemudian pergi ke Skotlandia dan bekerja sebagai seorang penjual kompor gas AGA. Dengan tekad yang kuat, ia menjual kompor tersebut dengan mendatangi satu rumah ke rumah lainnya. Berkat kerja kerasnya, penjualan kompor gas AGA mengalami peningkatan.
Dari keberhasilan tersebut, David diangkat menjadi karyawan dan diminta langsung menulis panduan penjualan produk yang benar. Tulisan panduan yang ditulis oleh David kemudian oleh para karyawan digunakan untuk menjual merek produk kompor gas tersebut.
Mulai Berkarir di Dunia Advertising Inggris
Setelah Francis Ogilvy yang merupakan sang kakak membaca tulisan panduan penjualannya dan merasa tertarik, Francis akhirnya menunjukkan tulisan tersebut kepada salah satu agensi periklanan di London. Penawaran tersebut disambut baik oleh agensi, kemudian pihak agensi menawarkan posisi bagus sebagai account executive kepada David Ogilvy.
Setelah David Ogilvy bekerja di agensi tersebut, pada tahun 1930 David mendesak agensi untuk mengirimnya ke Amerika. Di Amerika, ia sempat bekerja di George’s Gallups Audience Research Institute yang terletak di kawasan New Jersey. Di perusahaan ini, Davis mengaku bisa menganalisis dan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan pekerjaannya tersebut.
Meski begitu, perjalanan hidup dan karir David cukup panjang dan berliku. Bahkan David pernah tinggal di Lancaster County, Pennsylvania dengan keluarganya. Mereka mengelola sebidang tanah kecil yang digunakan untuk lahan peternakan dan pertanian.
Kecintaannya dengan dunia advertising atau periklanan seolah tak pernah habis hingga akhirnya David memutuskan untuk melanjutkan dunianya dan memulai bisnis tersebut bersama Francis. Bermodalkan dana terbatas sejumlah US$ 6.000, dua bersaudara tersebut memulai bisnis periklanannya sendiri dan diberi nama The Ogilvy and Mather.
Ramuan Sukses Dari Sosok Pemimpin David Ogilvy
The Ogilvy and Mather adalah nama bisnis yang dijalankan David dan sang kakak Francis. Perusahaan ini selalu memegang teguh prinsip bahwa fungsi utama sebuah iklan adalah untuk menjual. Bagi mereka, upaya iklan yang dilakukan tidak akan sukses jika tidak tahu informasi mengenai pelanggan yang akan menjadi targetnya.
1. Menjunjung Tinggi Etika Personal
Sebagai seorang yang ahli dalam dunia periklanan atau advertising, David Ogilvy melihat banyak sekali orang yang lebih mengutamakan kepentingan pribadi di atas segalanya. Namun di sisi lain, ia melihat banyak perusahaan besar yang tumbuh dengan kepemimpinan yang mengedepankan keteladanan.
Dari cara kepemimpinan tersebut, ia melihat bahwa setiap pekerja harus memiliki etika kerja yang tinggi yaitu sedikit bicara dan banyak bekerja. Dari sinilah, gaya kepemimpinan yang bisa dipelajari oleh semua orang yang ingin menjadi seorang pemimpin yang sukses dan efektif.
2. Menjadi Besar Tanpa Menjatuhkan
Dalam dunia advertising, memiliki pengetahuan dan kemampuan merangkai kata-kata agar bisa menarik perhatian pelanggan adalah kunci utama. Dengan keterampilan tersebut, kamu bisa mempersuasi pelanggan agar membeli atau menggunakan produk yang kamu pasarkan.
Seperti yang dicontohkan oleh seorang tokoh advertising dunia ini, ia melihat bahwa pemimpin bisa dikatakan gagal apabila mereka masih berpikiran sempit dan melakukan cara-cara yang tidak baik untuk menjadi sukses dan unggul seperti melakukan penyebaran hoax.
3. Memiliki Mental Baja
Segudang pengalaman yang sudah dilalui dalam perjalanan hidupnya, David Ogilvy pun pernah mendapat tekanan saat mengalami keterpurukan, kegagalan bahkan cemoohan dari banyak orang. Namun ia mampu mengatasinya, tetap tahan banting dan memperlihatkan betapa tangguhnya ia dalam menghadapi permasalahan tersebut.
Dari sinilah kamu bisa melihat keberhasilan seorang pemimpin. Pemimpin yang sukses dan kuat adalah mereka yang akan tetap bersinar dan memperlihatkan konsistensi serta ketahanannya dalam menghadapi segala masalah yang terjadi.
Memutuskan Berhenti, Namun Akhirnya Kembali Lagi
Setelah melewati perjalanan panjang dengan The Ogilvy and Mather, di tahun 1973 David memutuskan untuk berhenti dari agensi tersebut dan pindah ke kawasan Toufou, Perancis. Meski tidak terlihat langsung dalam proses operasional perusahaannya, The Ogilvy and Mather masih terus berkonsultasi dengan David.
Keputusannya untuk berhenti atau pensiun beberapa tahun membuat David akhirnya kembali lagi pada tahun 1980 sebagai pemimpin The Ogilvy, Benson and Mather di Negara India. Bahkan ia melakukan perjalanan keliling dunia sebagai perwakilan Ogilvy and Mather di pertemuan kalangan bisnis.
Hingga pada tahun 1989, Ogilvy Group dibeli WPP Group, dan akhirnya membuat David memutuskan untuk istirahat dari dunia bisnis advertising yang selama ini ia tekuni. Bapak periklanan modern tutup usia pada tanggal 21 Juli tahun 1999. Dari sosok tersebut, mengajarkan banyak hal kepada kita.
Bahwa ketekunan dan passion tidak hanya bisa diperoleh dari bangku kuliah saja. Tetap giat dan terus berusaha, cita-cita setinggi apapun bisa diwujudkan. Dengan upaya yang cerdas, efektif, dan penuh semangat maka akan mengantarkan kita kepada kesuksesan. Dari cerita perjalanan seorang tokoh advertising dunia, kamu bisa mempelajari banyak hal, salah satunya tentang gaya kepemimpinannya yang luar biasa.
Itulah fakta menarik dari tokoh advertising dunia, David Ogilvy. Seorang pemimpin yang sukses menulis banyak tulisan mengenai dunia advertising yang sampai hari ini pun ramuan atau tulisan tersebut masih banyak digunakan sebagai upaya mempersuasi pelanggan.
Sumber:
https://www.finansialku.com/david-ogilvy-gaya-kepemimpinan/
https://www.maxmanroe.com/david-ogilvy-bapak-perkembangan-iklan-modern-dunia.html