Digital marketing saat ini merupakan strategi pemasaran yang digunakan secara luas. Digital marketing ini sendiri ada banyak bentuk atau tipenya, salah satunya adalah email marketing. Sesuai dengan namanya, strategi pemasaran digital satu ini memanfaatkan email untuk memasarkan produk pada target konsumen, email marketing untuk jangka panjang.
Bagi masyarakat awam, mungkin email tidak terlihat semenarik media sosial yang begitu laku sekarang ini, seperti Instagram atau TikTok. Namun, pandangan itu tidak bisa mengesampingkan fakta bahwa penggunaan email marketing untuk jangka panjang memberikan impact positif. Yuk kenali email marketing lebih jauh dan alasan untuk harus memilihnya di bawah ini.
Apa Itu Email Marketing?
Email marketing merupakan salah satu strategi marketing atau pemasaran di email digunakan sebagai media untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh pelaku usaha. Melalui email ini, target konsumen bisa mengetahui apa saja produk terbaru, diskon yang sedang berlangsung, sekaligus menginformasikan secara tidak langsung nilai dari brand usaha tersebut.
Cara kerja email marketing terbilang cukup simpel. Email pemasaran tersebut akan dikirimkan secara otomatis pada para subscriber atau orang yang telah termasuk dalam email list dari brand tersebut. Jika sekarang kamu melihat isi dari kotak masuk emailmu, mungkin kamu bisa menemukan banyak pesan untuk kebutuhan email marketing tersebut.
Email marketing ini sendiri ada beragam tipenya, 5 di antaranya yang paling umum adalah promotional emails, newsletter emails, lead nurturing emails, survey emails, dan milestone emails. Masing-masing tipe email ini memiliki fungsi berbeda, seperti promotional emails yang untuk kebutuhan promosi, sedangkan newsletter emails untuk memberikan informasi terbaru terkait brand.
Alasan Memilih Email Marketing Untuk Jangka Panjang
Alasan mengapa email marketing masih digunakan hingga sekarang tentu saja karena dampak positifnya untuk kebutuhan promosi sebuah brand. Bagaimana tidak, di tengah gempuran ragam media sosial, email marketing masih juga bisa diandalkan. Simak alasan mengapa email marketing untuk jangka panjang begitu layak dipakai di bawah ini.
Punya ROI yang Tinggi
Mengapa email marketing disukai oleh para marketer? Salah satu alasannya adalah karena email marketing punya ROI atau Return of Investment yang tinggi. Maksudnya adalah, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk menggunakan email marketing, namun hasil yang diberikannya nanti bakal bisa lebih besar dari modal awal yang kamu investasikan.
Jika kamu mencari bentuk promosi dengan modal yang lumayan terjangkau, maka email marketing bisa menjadi pilihan. Dengan adanya email marketing, kamu tidak perlu memakai jasa influencer, selebgram, ataupun memakai jasa pembuat konten video untuk mengiklankan produkmu, karena promosi akan dilakukan via teks yang dikirimkan dalam bentuk email pada para pelanggan.
Meningkatkan Traffic ke Website
Bagi sebuah brand, situs atau website resmi sudah menjadi wajah dari brand tersebut. Makanya, keberadaan website sangat penting bagi setiap brand. Sayangnya, tidak sedikit brand yang kesulitan untuk mengajak lebih banyak pengunjung untuk datang ke website-nya tersebut. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang digunakan adalah mengirim email marketing.
Email marketing pada umumnya mencantumkan alamat atau URL website dari brand pada email yang dikirimkan. Nantinya, jika pelanggan tertarik, mereka bisa langsung mengeklik tautan tersebut, yang kemudian akan mengantarkannya ke website. Tidak hanya bisa menginfokan tentang produk terbaru, namun email marketing juga bisa meningkatkan traffic ke website dari brand.
Meningkatkan Brand Awareness
Setiap pemilik brand pasti menginginkan orang-orang bisa mengenali brand yang dimilikinya. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut tentu harus ada strategi khusus yang dilakukan. Jika kamu ingin brand milikmu bisa dikenal oleh khalayak ramai, khususnya para target konsumen, maka email marketing bisa kamu jadikan sebagai salah satu strategi pemasaran dari brand-mu.
Lantas, bagaimana cara kerja email marketing dalam meningkatkan brand awareness ini? Penggunaan email marketing untuk jangka panjang akan memungkinkanmu untuk berinteraksi secara rutin dengan target konsumen. Komunikasi yang rutin inilah yang kemudian membuat target konsumen menjadi makin familier dan mengingat brand yang dipromosikan via email tersebut.
Memperkuat Hubungan dengan Konsumen
Alasan lain mengapa email marketing perlu untuk digunakan adalah karena manfaatnya yang bisa memperkuat hubungan dengan konsumen. Konsumen yang sudah merasa begitu terhubung dengan sebuah brand biasanya akan menunjukkan loyalitas, sehingga tidak cukup hanya dengan belanja satu kali saja melainkan akan kembali melakukan pembelian selanjutnya.
Email yang dikirimkan secara reguler pada target konsumen akan bisa meningkatkan komunikasi, menawarkan produk atau jasa yang tepat sesuai dengan kebutuhannya, sekaligus meminta pendapat atau feedback mereka atas produk sekaligus layanan dari brand. Hal ini juga yang kemudian menjadikan para konsumen potensial menjadi konsumen sesungguhnya.
Menghadirkan Konten yang Bersifat Personal
Email marketing juga direkomendasikan untuk digunakan karena bisa mengirimkan konten berupa email yang sifatnya personal alias khusus untuk masing-masing target konsumen yang menerimanya. Inilah mengapa orang yang menerima email marketing merasa lebih terhubung dengan brand tersebut. Salah satu contohnya adalah penggunaan nama sapaan di pembukaan email.
Penggunaan email marketing untuk jangka panjang akan mendatangkan banyak keuntungan bagi usaha yang kamu jalankan. Modal untuk menggunakannya yang terbilang cukup terjangkau hingga sifat kontennya yang personal, bakal bisa membantumu untuk mengembangkan bisnis sekaligus menjalin hubungan yang erat dengan para konsumen dan konsumen potensial ke depannya.
Sumber:
Neil Patel Team. Beginner’s Guide to Email Marketing. Neil Patel by NP Digital. Diakses pada tanggal 3 Juli 2023 melalui https://neilpatel.com/blog/beginners-guide-email-marketing/
Adobe Experience Cloud Team. (2023, Januari 25). 10 types of marketing emails you should be sending. Adobe. Diakses pada tanggal 3 Juli 2023 melalui https://business.adobe.com/blog/basics/common-email-types
Riserbato, Rebecca. (2023, Juni 20). 16 Email marketingBenefits Your Marketing Team Must Know. Hubspot. Diakses pada tanggal 3 Juli 2023 melalui https://blog.hubspot.com/marketing/benefits-of-email-marketing