River

Digital Marketing Indonesia: Cara Memulai dan Strateginya

Digital Marketing Indonesia: Cara Memulai dan Strateginya

Di zaman yang serba digital saat ini, sudah banyak perusahaan Digital Marketing Indonesia yang digunakan jasanya oleh banyak pebisnis pemula maupun perusahaan korporat dengan skala usaha yang besar sekalipun.

Bagi Anda yang masih pemula, tahukah Anda bagaimana cara memulai menggunakan metode digital marketing? Seperti apa pula strategi yang dapat dipakai untuk menjalankan digital marketing tersebut? Simak ulasannya berikut.

Apa Itu Digital Marketing?

apa-itu-digital-marketing

(Canva)

Digital marketing juga seringkali disebut dengan e-marketing, dianggap sebagai langkah pemasaran dengan lingkup yang lebih luas karena tidak hanya mengacu pada berbagai media digital namun juga meliputi pengelolaan data pelanggan hingga kombinasi antara internet dan media tradisional guna mendapatkan dan memberikan layanan kepada mereka.

Zaman dulu, media pemasaran yang digunakan lebih banyak berupa flyer, baliho, bahkan poster. Hanya saja kini, media tersebut dapat dikembangkan dan dipasang di berbagai platform digital sebagai langkah pemasaran dan mendapatkan pelanggan.

Ada berbagai hal yang membuat Anda sebagai pemilik suatu usaha perlu menjadikan digital marketing sebagai bagian dari pemasaran produk atau layanan jasa. Salah satunya, yakni dapat diterapkan untuk berbagai jenis bisnis guna meningkatkan pendapatan secara efektif.

Selain itu, digital marketing juga dinilai dapat menjangkau target konsumen secara lebih spesifik. Terlebih, hasilnya nanti juga akan memudahkan Anda dalam membangun dan mengembangkan brand bisnis yang dimiliki.

Langkah-Langkah Memulai Digital Marketing

langkah-langkah-memulai-digital-marketing

(Canva)

Sebelum menjalankan berbagai strategi dalam dunia Digital Marketing Indonesia, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Berikut beberapa langkah dan panduan yang bisa dijalankan ketika ingin menjalankan pemasaran secara digital.

1. Tentukan Target Pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu terlebih dahulu memilih target pasar alias siapa saja yang akan menjadi konsumen Anda. Adapun target pasar yang dapat dipilih seperti anak muda, usia dewasa, anak-anak, dan sebagainya. Jika sudah mengenal target pasar, tentunya pelajari kembali apakah produk yang Anda buat dapat menjadi solusi bagi mereka.

2. Pilih Produk yang akan Ditawarkan

Pastikan juga Anda sudah memilih produk yang tepat untuk ditawarkan. Pikirkan kembali apakah produk tersebut adalah yang terbaik dan bisa menjadi solusi. Dengan begitu, produk yang Anda buat tidak hanya sekadar dibuat dengan tujuan komersil namun juga solutif dan bisa menjawab permasalahan yang dialami calon konsumen.

3. Segera Membuat Website Sendiri

Jika sudah menemukan produk dan target pasar yang tepat, maka langkah selanjutnya yakni mengusahakan pembuatan website sendiri. Saat ini banyak penjual lebih memilih marketplace, namun sayangnya meski marketplace merupakan pilihan yang baik, tetap saja situs itu bukan milik Anda. Website sendiri cenderung akan membuat usaha Anda terlihat profesional.

Baca juga: Biaya Jasa Pembuatan Website Perusahaan, Mahal atau Murah?

4. Tidak Lupa Membuat Akun Media Sosial

Ada baiknya melengkapi usaha Anda dengan media sosial yang resmi. Media sosial ini juga sebagai ajang promosi yang tepat karena dapat menjangkau berbagai kalangan sesuai dengan target bisnis Anda di awal. Pilihannya juga terbilang banyak saat ini, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, bahkan TikTok.

5. Menerapkan SEO, SEM, dan Social Media Ads

Ketika semua hal sudah disiapkan, maka saatnya Anda menerapkan beberapa hal untuk meningkatkan jangkauan Digital Marketing Indonesia. Beberapa di antaranya seperti SEO supaya bisnis tampil di halaman pertama Google, SEM sebagai layanan berbayar supaya bisnis dikenal, dan Ads untuk beriklan di media sosial.

Contoh Strategi Digital Marketing Indonesia

contoh-strategi-digital-marketing-indonesia

(Canva)

Implementasi digital marketing di Indonesia sejatinya dapat dilakukan secara beragam. Demi target yang maksimal, selalu pastikan Anda sudah memilih strategi yang tepat, mulai dari pertimbangan budget hingga sumber daya yang mengaplikasikannya. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda coba untuk menjalankan digital marketing.

1. Google Maps

Siapa sangka, layanan Google satu ini bisa menjadi salah satu senjata ampuh dalam sebuah digital marketing di Indonesia. Melalui Google Maps, konsumen dapat menemukan lokasi bisnis secara lebih mudah, informasi jam buka, menu atau layanan yang disediakan, sampai review pelanggan.

2. WhatsApp Business

WhatsApp juga dapat digunakan sebagai sarana digital marketing yang efektif. Terlebih, pada WA Business dapat diatur beberapa fitur seperti profil bisnis, katalog produk, hingga auto-response yang membantu Anda membalas chat pelanggan.

3. Website

Selain menampilkan identitas bisnis secara online, website juga dapat membuat sebuah bisnis menjadi terlihat lebih profesional. Anda dapat membuat web dari nol maupun menggunakan CMS yang praktis. Kendati demikian, pastikan kembali domain yang digunakan adalah .com atau .co.id yang akan menunjukkan sisi profesionalitas dari website bisnis Anda tersebut.

4. Email Marketing

Selain melalui website, email marketing juga akan menampakkan sisi profesionalitas bisnis, terlebih dengan domain bisnis Anda sendiri. Sebagai contoh email info@namabisnisanda.com akan jauh lebih terlihat baik dibandingkan namabisnisanda@gmail.com. Email ini dapat digunakan untuk memberikan pesan promosi atau contact center.

Baca juga: Manfaat Email Marketing untuk Jangka Panjang Pada Bisnis Online

5. SEO, SEM, dan Ads

Selain beberapa hal di atas, Anda juga dapat menerapkan strategi Digital Marketing Indonesia melalui SEO, Copywriting, hingga iklan di media sosial. Ketiganya bisa menjadi cara yang tepat asalkan Anda dapat melakukan riset keyword, tren, hingga data yang tepat.

Itulah ulasan mengenai digital marketing Indonesia dan cara memulainya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *