River

Digital Marketing Indonesia: Begini Cara Memaksimalkannya!

Digital Marketing Indonesia: Begini Cara Memaksimalkannya!

Digital marketing memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu bisnis. Pemasaran secara digital ini harus menjadi pertimbangan bagi pemilik bisnis untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Digital marketing Indonesia saat ini sudah banyak mengalami kemajuan.

Saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang memasarkan produk atau jasa mereka secara online. Semakin meningkatnya pengguna internet ini membuat strategi marketing secara online bisa sangat berpengaruh.

Sebelum memahami tentang strategi yang harus dilakukan dalam digital marketing Anda harus paham terlebih dahulu beberapa hal terkait dengan digital marketing berikut ini.

  • Native advertising, merupakan jenis iklan online yang ditampilkan dalam fungsi, kualitas dan bentuk yang mirip dengan isi atau konten di website dimana iklan tersebut ditempatkan. Fungsinya adalah membuat iklan ini seolah-olah terlihat sebagai konten yang serupa dengan konten-konten yang ada di website.
  • Content marketing, pembuatan konten yang bermanfaat yang menarik dan mendidik serta mempertahankan audiensi yang dimiliki.
  • Search engine optimization (SEO), peningkatan situs web sehingga bisa terdeteksi pada mesin telusur dan meningkatkan traffic dari situs web.
  • PPC atau iklan bayar per klik, strategi pemasaran yang melibatkan sebuah iklan online. Pengiklan membayarkan setiap kali pengguna mengklik iklan mereka.
  • Email marketing, pendekatan kepada calon customer menggunakan email sebagai cara untuk melakukan pemasaran serta mempertahankan klien potensial.
  • Media sosial marketing, merupakan praktek mempromosikan sebuah produk maupun layanan di media sosial.

Strategi untuk Memaksimalkan Digital Marketing

strategi-untuk-memaksimalkan-digital-marketing

(Canva)

Setelah paham tentang beberapa hal yang harus diketahui untuk membuat strategi digital marketing yang baik, berikut ini merupakan beberapa strategi yang harus Anda lakukan untuk memaksimalkan digital marketing.

Tujuan dan Alat

tujuan-dan-alat-digital-marketing

(Canva)

Pertama yang harus dilakukan yaitu mengidentifikasi tujuan serta alat yang akan digunakan. Tanpa memiliki tujuan strategi yang akan dilakukan tidak akan berhasil.

Pastikan bahwa tujuan yang akan Anda kembangkan ini sesuai dan dapat terukur. Sebagai contoh yaitu tujuan untuk memperbaiki digital marketing yang lemah.

Maka Anda harus meningkatkan konversi dari situs web untuk tahun depannya dan membuat penawaran promosi sebanyak 2 buah atau lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Dalam hal tersebut memang tidak bisa diukur untuk mencapai tujuan. Tetapi Anda bisa merumuskannya dengan menetapkan berapa persen yang harus dinaikkan untuk tiap tahunnya.

Berfokus pada Blogging

berfokus-pada-blogging

(Canva)

Konten digital marketing Indonesia harus memiliki kualitas tinggi dan kredibel. Ini adalah kunci yang sangat penting dalam pemasaran secara digital. Blogging menjadi cara untuk dapat membuat sebuah konten yang memiliki kualitas tinggi untuk memperluas strategi pemasaran Anda.

Kunci dari strategi pemasaran ini termasuk untuk bisa mendatangkan traffic yang lebih tinggi ke situs website yang Anda miliki.

Selain itu juga untuk memposisikan diri terhadap perusahaan lainnya memperkuat visibilitas dari media sosial dan juga untuk memberikan peringkat penelusuran dan juga kata kunci untuk jangka panjang.

Apabila Anda memiliki sebuah blog yang bermanfaat bagi pengunjung dan secara rutin diperbaharui maka situs website Anda akan dengan mudah ditemukan pada mesin pencarian Google.

Menggunakan Buyer Persona

buyer-pesona

(Canva)

Strategi digital marketing yang harus dilakukan yaitu dengan menggunakan buyer persona. Digital marketing tidak hanya mengumpulkan informasi kualitatif serta kuantitatif tentang target audience seperti jenis kelamin, usia, minat, lokasi, dan pekerjaan.

Sekarang ini strategi marketing yang paling efektif tidak akan lengkap tanpa buyer persona. Buyer persona ini merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan seorang pelanggan yang ideal.

Buyer persona ditentukan dengan cara melakukan survei dan menghubungi kelompok dari target pelanggan yang ditentukan sebelumnya. Dengan menggunakan buyer persona, strategi digital marketing Anda akan menyasar ke pelanggan yang tepat dan berkelanjutan.

Evaluasi Saluran Pemasaran Digital

evaluasi-saluran-pemasaran-digital

(Canva)

Lakukan evaluasi dan analisis akan sangat penting untuk keberlangsungan strategi marketing. Apakah strategi marketing tersebut masih efektif dan bisa digunakan untuk tahun selanjutnya? Adakah inovasi strategi digital marketing yang baru?

Hal ini akan membantu untuk menentukan bagaimana strategi marketing yang akan digunakan untuk tahun berikutnya. Evaluasi elemen-elemen seperti sosial media, konten blog dan lainnya ini akan sangat mempengaruhi pemasaran digital yang dilakukan.

Produksi Konten Sesuai dengan Platform

produksi-content-sesuai-platform

(Canva)

Jenis konten yang diposting digital marketing Indonesia harus sesuai dengan platform. Perencanaan konten harus dilakukan dengan matang.

Sebagai awal permulaan dalam perencanaan konten Anda harus menentukan konten yang tepat berdasarkan dengan platform yang dipilih untuk dapat melakukan promosi secara digital.

Setiap platform tentu saja memiliki karakteristiknya tersendiri. Jadi Anda perlu mengenali terlebih dahulu ciri khas dari platform sebelum memilih konten.

Instagram akan lebih berfokus pada konten visual yang lebih menarik untuk user dalam menikmati konten. Ada juga YouTube yang menyajikan konten video dengan durasi yang lebih panjang dan beragam.

Saat ini konten TikTok juga banyak memiliki penggemar bagi mereka yang suka konten pendek dan menarik. Setiap marketplace juga memiliki karakteristik berbeda tergantung dari demokrasi serta produk yang akan ditawarkan.

Kesimpulannya Anda perlu mengenal terlebih dahulu karakteristik dari setiap platform yang akan digunakan dan setelah itu bisa menentukan konten yang sesuai dengan target pasar.

Strategi digital marketing Indonesia yang tidak tepat sasaran ini akan membuat pemasaran menjadi tidak optimal dan hanya membuang-buang waktu serta tenaga.

Perlu pemahaman penuh untuk calon konsumen sehingga produk yang Anda tawarkan bisa dilirik oleh konsumen dengan tepat sasaran.

Memahami calon konsumen ini bukan berarti Anda harus mengubah produk yang sudah Anda buat tetapi perlu menyesuaikan keemasan agar menarik dan sesuai dengan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *