River

CPAS: Keunggulan dari Penerapan Iklan CPAS Untuk Bisnis

CPAS: Keunggulan dari Penerapan Iklan CPAS Untuk Bisnis

CPAS atau kepanjangan dari Collaborative Performance Advertising Solution merupakan salah satu teknik promosi yang dirilis pertama kali oleh Facebook di tahun 2019 yang lalu. Promosi dengan iklan CPAS dilakukan dengan promosi sebuah brand produk dengan menggunakan konsep baru dari Facebook yang bekerja sama dengan salah satu situs web e-commerce. 

Dengan menggunakan CPAS maka bisa meningkatkan peluang sebuah brand untuk memiliki daya tarik sehingga membuat audiens ingin membeli produk secara online dengan menggunakan iklan yang ditayangkan di Facebook.

Pentingnya Gunakan CPAS dan Ketahui Cara Kerjanya

Banyak yang meragukan tentang apa kegunaan promosi dengan CPAS untuk bisnis. Padahal ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh oleh bisnis dengan menggunakan CPAS, diantaranya adalah:

  • Bisa menarik minat pengunjung untuk datang ke toko atau bisnis Anda meski tak melakukan pembelian
  • Bisa membuat toko atau bisnis Anda semakin dikenal luas sehingga bisa dikunjungi oleh calon konsumen yang belum pernah berkunjung ke toko namun memiliki ketertarikan dengan bisnis Anda
  • Melakukan penargetan ulang pada konsumen yang sudah pernah berkunjung dan membeli produk di toko atau bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk membuat mereka kembali dan melakukan repeat order karena adanya kepercayaan dari konsumen pada produk bisnis.

Bagaimana Sistem Kinerja CPAS Untuk Bisnis?

Bahwa iklan CPAS memiliki cara kerja yang terlihat simpel namun memiliki banyak manfaat dan keuntungan untuk bisnis. Yaitu dengan sebagai berikut :

  • Membagikan katalog yang dimiliki oleh toko atau bisnis online milik Anda yang sudah pernah diposting di platform penjual dengan menggunakan fitur Facebook Business Manager.
  • Setelah katalog berhasil dibagikan, kemudian Facebook akan menampilkan iklan promosi secara dinamis di platform mereka dengan menggunakan salinan katalog. Salinan katalog yang digunakan adalah yang sudah pernah ada di berbagai e-commerce atau marketplace ternama seperti Tokopedia, Shopee hingga Lazada.
  • Segera setelah target audiens melihat katalog maka mereka akan mengetahui apa saja produk yang dijual oleh sebuah brand dan menjadi daya tarik bagi mereka untuk membeli produk tersebut. Audiens yang berminat akan segera berkunjung ke toko atau bisnis dengan cara melakukan klik pada katalog iklan yang ditampilkan.
  • Platform Facebook akan membantu mengarahkan pembeli menuju ke toko atau bisnis yang dimaksud sehingga mereka bisa melakukan perjalanan untuk membeli produk dengan lebih mudah dan cepat.

Untuk menggunakan promosi metode CPAS bisa dilakukan dengan cara mengikuti langkah sederhana berikut ini:

  • Akses situs Ads Manager Facebook
  • Pilih akun Facebook yang akan digunakan untuk menggunakan promosi CPAS
  • Klik tombol “Buat Iklan” untuk memulai proses pembuatan iklan bisnis
  • Pilih “objective” dari campaign yang akan Anda lakukan
  • Tentukan jenis marketplace yang sudah menjalin kerjasama dengan bisnis Anda
  • Lakukan import katalog produk dari bisnis Anda ke Facebook Bisnis Manager
  • Kemudian tentukan berapa anggaran biaya, bid, target audiens, penempatan iklan dan format iklan yang akan ditayangkan
  • Lalu pilih dan upload iklan CPAS dari bisnis Anda, bisa dengan menggunakan bentuk iklan berbentuk slide maupun single sesuai kebutuhan bisnis
  • Semua link yang ditautkan harus ditujukan ke marketplace yang dipilih di atas, bukan menuju ke website pribadi bisnis Anda

Keuntungan Gunakan Iklan CPAS Untuk Bisnis

Jangkauan target audiens

Keuntungan menggunakan CPAS adalah memungkinkan bisnis untuk bisa menjangkau target audiens yang lebih banyak dan lebih luas. Hal itu dikarenakan CPAS memiliki transparansi performance iklan yang tampil dengan hasil yang lebih actual pada konten iklan yang ditampilkan.

Deteksi iklan

Dengan menggunakan fitur CPAS maka bisa lebih mudah untuk mendeteksi iklan mana yang memiliki tampilan kualitas yang lebih baik dibandingkan iklan lainnya. Hal itu akan membuat iklan yang kurang menarik bisa mendapatkan perbaikan sehingga bisa tampil lebih menarik untuk bisa mencapai tujuannya.

Lacak audiens dengan mudah

Dan keuntungan lainnya adalah bisa melacak dari marketplace yang mana audiens yang datang berkunjung ke toko atau bisnis. Bahwa CPAS juga bisa dilakukan dengan kolaborasi bersama brand lainnya sehingga bisa memperoleh visibilitas yang lebih baik.

Menjadikan sasaran iklan lebih tepat

Promosi dengan menggunakan iklan CPAS juga bisa membuat target sasaran pada iklan yang dibuat bisa dibidik dengan tepat. Seperti misalnya untuk membuat target audiens yang sudah pernah berinteraksi dengan produk atau bisnis online Anda sehingga memiliki peluang pembelian yang lebih tinggi. Dengan begitu, bisnis online Anda pun bisa memberikan informasi tentang target audiens yang lebih jelas dan terperinci sesuai kebutuhan pemasaran bisnis.

Membantu tingkatkan jumlah penjualan

Keberadaan CPAS Ads bisa membuat tampilan bisnis online bisa tampil menjadi sebuah e-commerce yang profesional sehingga brand akan secara otomatis mengarahkan traffic ke situs penjual. Semakin luas jangkauan iklan yang ditayangkan, maka semakin besar dan tinggi pula peluang bisnis online untuk mendapatkan jumlah penjualan yang banyak.

Membantu pembeli melakukan repeat order

Dan CPAS Ads juga akan membantu pembeli atau konsumen yang sudah pernah datang ke bisnis online baik melakukan pembelian atau tidak untuk datang kembali. Atau misalnya ketika pembeli hanya menambahkan produk ke keranjang belanjaan mereka namun belum melakukan pembelian maka bisa memancing pembeli untuk segera melakukan pembelian produk tersebut.

Demikian sedikit informasi tentang iklan CPAS, cara kerja dan keunggulan yang bisa diperoleh bisnis jika menerapkannya sebagai strategi marketing. Pastikan untuk memilih marketplace rekanan yang sudah popular sehingga iklan bisa mencapai tujuan promosi dengan baik.

Referensi:

Zawakali, Gifari. 2022. 5 Keuntungan Fitur CPAS dan Cara Penerapannya. Diakses pada 5 Juli 2023 dari Store.sirclo.com

CPAS Ads Adalah Fitur Iklan Hits yang Bikin Bisnis Sukses. 2023. Diakses pada 5 Juli 2023 dari Ginee.com

Kembangkan Bisnis Anda di Marketplace dengan Collaborative Ads-CPAS Facebook. 2023. Diakses pada 5 Juli 2023 dari Rectmedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *