River

Cara Mengoptimalkan Iklan Facebook Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Cara Mengoptimalkan Iklan Facebook Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Dalam dunia periklanan digital mengenal strategi pemasaran gratis atau organik dan strategi pemasaran berbayar melalui iklan. Facebook Ads atau iklan Facebook merupakan salah satu strategi pemasaran berbayar.

Layanan iklan yang disediakan platform Facebook ini sudah banyak digunakan dan kian populer. Namun, Anda perlu strategi khusus agar iklan dapat memberikan hasil yang maksimal untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Cara Memaksimalkan Facebook Ads

Facebooks Ads adalah salah satu pilihan efektif untuk Anda yang ingin menjangkau audiens lebih luas dengan biaya iklan yang lebih terjangkau. Untuk memastikan platform ini dapat meningkatkan penjualan produk, Anda bisa terapkan beberapa cara berikut.

1. Tambahkan video ads

Layanan iklan Facebook menyediakan 4 jenis iklan yaitu gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide dan carousel. Jenis iklan dengan gambar tunggal cocok untuk membangun brand awareness, menggaet engagement, dan meningkatkan traffic bisnis.

Format iklan video tunggal bisa dipilih untuk menjangkau lebih banyak audiens. Kemudian, jenis iklan slide bisa digunakan untuk format gambar maupun video ads. Jenis iklan carousel hampir sama seperti slide yang menggunakan konten gambar dan video untuk Anda yang ingin menampilkan beberapa produk dalam satu iklan.

Apapun pilihan jenis iklan yang Anda gunakan, sebaiknya tambahkan dengan visual video agar terlihat lebih menarik oleh pengguna. Kerahkan kemampuan dan kreativitas Anda untuk membuat kampanye video dan mengikuti tren yang dapat mendongkrak iklan.

2. Gunakan fitur CTA

Buat konten iklan yang menarik dan tambahkan fitur call to action atau CTA. Apa itu CTA? Perlu diketahui bahwa CTA adalah action button yang berguna untuk mengarahkan audiens agar melakukan action atau tindakan dalam artian membeli produk yang ditawarkan.

Sebagus apapun iklan yang Anda buat, tidak akan menghasilkan apa-apa jika tidak dilengkapi dengan CTA. Untuk menarik pengguna agar mau menggunakan fitur CTA ini perlu iklan yang bagus dengan dilengkapi konten visual, deskripsi yang jelas, dan judul atau headline iklan yang membuat pengguna penasaran.

3. Retargeting Ads

Kelola iklan Facebook dengan memanfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan di Facebook Ads. Salah satunya adalah retargeting. Apa itu retargeting? Fitur ini dapat mengenali orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda.

Misalnya saat pengguna login ke Facebook dan masuk ke laman website Anda. Iklan dari website Anda yang pernah mereka kunjungi sebelumnya otomatis akan muncul di feed Facebook pengguna.

4. Berikan penawaran menarik

Tidak ada yang lebih efektif untuk menggaet pengguna selain memberikan penawaran menarik. Iklan dengan penawaran menarik seperti promo, diskon, cashback, dan sejenisnya cenderung lebih dipilih pengguna dibanding iklan biasa. Metode ini dapat Anda aplikasikan pada Facebook Ads. 

5. Tampilkan testimoni pembeli

Pembeli saat ini semakin cerdas dan sangat berhati-hati dalam memilih produk yang muncul di iklan online. Oleh sebab itu, Anda juga harus menerapkan strategi untuk bisa menarik pengguna dengan iklan Facebook yang bagus.

Selain konten yang menarik, jangan lupa untuk menampilkan review atau testimoni pembeli. Dengan menambahkan testimonial dapat menunjukkan bahwa produk Anda berkualitas dan dipercaya oleh pelanggan. Testimonial yang positif dapat mengarahkan pengguna untuk melakukan pembelian.

6. Kelola tayangan iklan dengan Ads Schedule

Saat Anda ingin konten Facebook banyak dibaca, maka perlu upload konten dengan waktu yang tepat. Begitu juga dengan iklan atau Facebook Ads yang sebaiknya ditampilkan pada waktu-waktu tertentu.

Bayangkan jika iklan Anda ditampilkan dini hari atau larut malam saat kebanyakan orang tidur dan tidak menggunakan media sosial. Hal ini akan menghambat iklan Anda untuk menjangkau banyak audiens.

Silakan gunakan fitur Ad Schedule yang ada di Facebook untuk membantu Anda agar tidak salah sasaran dalam menayangkan iklan. Fitur ini dapat digunakan untuk menghasilkan jadwal penayangan iklan yang lebih akurat sehingga hasilnya lebih optimal.

7. Pilih warna latar yang menarik perhatian pengguna

Warna latar cukup berpengaruh terhadap iklan yang Anda tampilkan. Disarankan untuk menggunakan warna latar yang netral yaitu putih. Warna ini terlihat lebih profesional dan menarik untuk menayangkan berbagai gambar produk.

Putih menjadi warna latar yang paling direkomendasikan untuk iklan Facebook karena dapat membuat iklan lebih menonjol. Dengan iklan yang lebih menarik seperti ini, Anda bisa mendapatkan klik iklan yang lebih banyak.

7. Melacak hasil kampanye

Setelah iklan diluncurkan, bukan berarti sudah selesai. Anda perlu melakukan evaluasi dengan melacak hasil kampanye iklan. Gunakan fitur analitik yang ada di Facebook Ads untuk mengetahui keterlibatan pengguna seperti likes, komentar, share, dan lain sebagainya.

Evaluasi apakah iklan yang Anda pasang memberikan traffic yang besar pada website utama. Anda bisa menggunakan hasil pelacakan ini sebagai pertimbangan untuk memperbaiki strategi pemasaran.

Tentukan langkah yang diperlukan untuk menarik pengguna yang sudah klik iklan untuk membeli produk Anda. Buat pengguna atau pengunjung merasa spesial sehingga tertarik melakukan pembelian.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa iklan Facebook agar dapat meningkatkan penjualan produk. Tentukan target audiens yang tepat, buat iklan yang menarik, dan manfaatkan semua fitur Facebook Ads untuk membantu mengoptimalkan iklan yang Anda buat.

Referensi:

Dreambox. “Bagaimana Cara Menggunakan FB Ads Secara Lebih Optimal?”. Dreambox.co.id

Digital Marketing Team. 2018. “7 Cara Memaksimalkan Facebook Ads untuk Meningkatkan Penjualan”. Arfadia.com

Upgraded. 2023. “10+ Cara Mengoptimalkan Facebook Ads Bagi Pemula”. Upgraded.id

Yuda Pramudyatama. “6 Tips Sukses Melakukan Facebook Ads”. Whello.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *