Terdapat satu tujuan yang ingin dicapai oleh pebisnis maupun juga para pengusaha yang menjalankan usaha maupun bisnis. Tujuan tersebut sudah pasti adalah pertumbuhan bisnis yang cepat dan pesat. Supaya dapat mewujudkan hal tersebut, strategi yang dapat dioptimalkan adalah dengan menggunakan referral marketing atau pemasaran berbasis rekomendasi.
Menurut pengertiannya, pemasaran berbasis rekomendasi ialah sistem pemasaran yang menggunakan perantara pelanggan maupun mitra bisnis untuk mempromosikan bisnis ke orang lain. Menggunakan metode berikut dinilai mampu dengan mudah menggali agar pertumbuhan bisnis berkembang dengan pesat.
Cara Menggali Potensi Pertumbuhan Bisnis Melalui Referral Marketing
Potensi bisnis dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan metode pemasaran berbasis rekomendasi. Berikut ini ada beberapa cara dan strategi yang bisa Anda manfaatkan demi menggali potensi pertumbuhan bisnis melalui pemasaran yang berbasis rekomendasi.
1. Memaksimalkan pengaruh rekomendasi.
Cara pertama yang dapat Anda aplikasikan secara langsung adalah dengan memaksimalkan pengaruh rekomendasi pada orang yang sudah Anda percaya. Misalnya saja salah satu pelanggan yang puas dengan produk Anda bisa Anda jadikan duta merek supaya mempromosikan produk Anda tersebut dengan cakupan jangkauan yang lebih luas.
2. Meningkatkan kepercayaan serta kredibilitas bisnis.
Penggunaan pemasaran berbasis rekomendasi sedikit banyak akan meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas akan bisnis yang Anda jalankan. Dengan menggaet mitra bisnis atau duta merek yang terpercaya, banyak konsumen akan lebih terbuka untuk mencoba produk yang Anda tawarkan.
Melalui rekomendasi dari orang yang sudah terpercaya seperti duta merek atau brand ambassador, para konsumen potensial Anda tidak akan ragu menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Bahkan nantinya mereka dapat merekomendasikan produk Anda ke orang lain secara berkelanjutan.
3. Meminimalisir beban biaya pemasaran.
Referral marketing atau pemasaran berbasis rekomendasi juga dapat meminimalisir beban anggaran atau biaya pemasaran yang Anda lakukan. Sistem pemasaran terdahulu terhitung memiliki anggaran pemasaran yang sangat besar dan sangat membebani.
Namun, berkat adanya pemasaran secara rekomendasi, anggaran pengeluaran pemasaran tersebut dapat Anda kurangi secara signifikan. Hal ini dikarenakan Anda cukup mengandalkan duta merek dalam hal pemasaran yang tidak membutuhkan biaya pemasaran yang berarti.
4. Optimalisasi laju konversi serta menjaga kepercayaan pelanggan.
Penggunaan pemasaran berbasis rekomendasi secara langsung mampu mengoptimalkan laju konversi pada bisnis Anda. Konsumen potensial yang sudah direkomendasikan pada umumnya memiliki minat yang besar dan berpeluang untuk membeli produk yang ditawarkan.
Di samping itu, konsumen potensial yang datang berkat adanya rekomendasi akan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi. Adanya kepercayaan ini tentu membuat potensi pertumbuhan bisnis Anda semakin nyata dan berpeluang untuk berlanjut terus menerus.
5. Menjalin hubungan yang berkesinambungan.
Terciptanya hubungan yang berkesinambungan dengan konsumen Anda juga dapat terwujud dengan adanya pemasaran berbasis rekomendasi. Saat pelanggan merasa puas dan mendapatkan manfaat dari produk yang Anda tawarkan, mereka akan terus setia membeli dan menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan.
6. Pemasaran yang lainnya akan meningkat secara efektif.
Pada umumnya, jika pemasaran berbasis rekomendasi sukses dan lancar, para konsumen akan meninggalkan testimoni dan ulasan positif mengenai produk Anda. Adanya testimoni tau ulasan positif tersebut dapat Anda maksimalkan sebagai bukti untuk menunjukkan bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang mumpuni.
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Referral Marketing
Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan referral marketing guna menggali potensi pertumbuhan bisnis yang cepat dan pesat, diperlukan pemahaman akan beberapa hal terlebih dahulu. Untuk membantu Anda, berikut hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan pemasaran berbasis rekomendasi.
1. Identifikasi tujuan bisnis yang Anda jalankan.
Pertama-tama, tentukan dan identifikasi tujuan bisnis saat akan menggunakan pemasaran berbasis rekomendasi. Memiliki tujuan bisnis yang jelas memungkinkan Anda untuk menerapkan strategi yang tepat dan efektif melalui pemasaran berbasis rekomendasi.
2. Pastikan kualitas produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Selanjutnya, pastikan jika produk atau layanan yang Anda tawarkan pada bisnis Anda miliki memiliki kualitas terbaik serta dapat diandalkan oleh para konsumen. Pemasaran berbasis rekomendasi akan lebih efektif jika konsumen Anda merasa puas dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan.
3. Program rekomendasi yang menarik perhatian.
Sebisa mungkin ciptakanlah program rekomendasi yang menarik, sesuai dan mampu mengambil hati para konsumen. Jika memungkinkan, Anda dapat memberikan imbalan berupa bonus, diskon hingga hadiah untuk menarik minat para konsumen potensial yang ada.
4. Komunikasi serta promosi yang baik.
Perlu dicatat jika program pemasaran berbasis rekomendasi tersebut dapat lebih efektif jika Anda memiliki komunikasi serta promosi yang baik. Anda dapat memanfaatkan berbagai platform seperti email, media sosial hingga hingga website untuk memberikan informasi berharga pada konsumen Anda.
Hal-hal yang sudah disebutkan di atas wajib Anda cermati dan perhatikan sebelum Anda memulai referral marketing. Dengan segala persiapan yang matang, pemasaran berbasis rekomendasi akan berjalan lancar sehingga pertumbuhan bisnis yang Anda inginkan akan berjalan dengan maksimal.