Pada era digital seperti sekarang ini, digital marketing menjadi salah satu strategi marketing atau pemasaran yang banyak digunakan. Digital marketing ini sendiri merupakan strategi marketing yang mempromosikan sebuah brand melalui internet dan beraneka ragam platform digital, misalnya seperti email, media sosial, SEO (search engine optimization), dan masih banyak lagi.
Pemanfaatan digital marketing dengan efektif dan optimal bisa mendatangkan beragam manfaat, mulai dari meningkatkan revenue, meningkatkan engagement dengan target konsumen, hingga mendatangkan feedback yang diinginkan. Agar strategi ini bisa berjalan sesuai harapan, kamu bisa cari tahu cara efektif dalam menerapkan digital marketing Indonesia berikut ini.
Analisa Performa Strategi Pemasaran Sebelumnya
Saat kamu memutuskan untuk menerapkan strategi digital marketing, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan analisa terkait performa strategi pemasaranmu sebelumnya, seperti dalam kurun waktu satu tahun belakangan. Dari analisis tersebut, kamu akan mengetahui bagian strategi mana yang berhasil mencapai ekspektasi, serta bagian lainnya yang tidak berhasil.
Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari strategi pemasaran yang sebelumnya kamu aplikasikan, maka kamu akan bisa terbantu dalam menyusun strategi digital marketing yang lebih matang ke depannya. Alhasil, kegagalan dalam mencapai goals atau tujuan pemasaran di periode sebelumnya akan bisa dihindari di penerapan digital marketing ke depannya.
Susun Strategi Pemasaran Digital yang Tepat Guna
Cara yang efektif selanjutnya dalam penerapan strategi digital marketing Indonesia tersebut adalah dengan menyusun strategi pemasaran digital yang tepat guna. Bangunlah strategi pemasaran berdasarkan pada hal-hal atau tujuan apa saja yang ingin kamu raih dalam menjalankan usaha, berikut dengan cara yang bakal kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Tujuan yang ingin kamu capai dalam penerapan strategi marketing tersebut haruslah bersifat SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Timed). Tujuan yang SMART maksudnya adalah tujuan yang sifatnya spesifik, bisa diukur tingkat keberhasilannya, bisa dicapai, relevan yang visi dan misi perusahaan, serta punya tenggat waktu yang jelas untuk bisa dicapai.
Kenali Target Audiens
Salah satu kunci penting agar strategi marketing bisa berjalan sesuai harapan adalah dengan mengenali atau mengetahui dengan detail mengenai target audiens dari usaha yang kamu jalankan. Dengan begini, nantinya strategi digital marketing yang dipakai akan tepat guna, bukannya malah menghadirkan campaign pemasaran yang tidak sesuai dengan target audiens.
Lantas, apa saja sih yang perlu diketahui tentang target audiens ini? Carilah informasi yang seakurat mungkin menyajikan besarnya jumlah target audiens, demografi, karakteristik, serta tentu saja hal-hal yang menarik bagi target audiens tersebut. Dengan mengetahui deretan hal penting tersebut, maka kamu akan bisa terbantu dalam menerapkan digital marketing nantinya.
Cari Inspirasi Konten yang Sesuai dengan Target Audiens
Berdasarkan tujuan pemasaran dan target audiens yang telah kamu tentukan dan analisis sebelumnya, maka kamu sudah bisa memulai untuk merencanakan tipe konten apa yang bakal kamu hadirkan. Hasil analisa atas hal-hal yang menarik bagi target audiens bisa kamu jadikan sebagai salah satu acuan untuk membuat konten ini.
Jika kamu masih membutuhkan inspirasi yang lebih banyak untuk membuat konten ini, kamu bisa juga manfaatkan kata-kata kunci terkait usaha yang disarankan oleh mesin pencari seperti Google. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur media sosial, misalnya fitur tagar atau hashtag pada Instagram, untuk mengetahui apa sih hal yang lagi trending atau viral saat ini untuk dijadikan inspirasi konten.
Pilih Channel untuk Menjalankan Strategi Digital Marketing
Jika sudah mengetahui apa konten yang bakal dibagikan pada target audiens untuk mencapai tujuan pemasaran, saatnya kamu untuk memilih channel atau platform yang berpotensi besar untuk memberikan hasil terbaik dari penerapan strategi pemasaran yang kamu lakukan. Tidak hanya satu, kamu bisa memanfaatkan beberapa platform sekaligus.
Misalnya saja nih, untuk keperluan digital marketing yang kamu jalankan, kamu memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram dan TikTok, serta email. Nah, dari semua platform yang kamu pilih tersebut, pastikan semuanya menghadirkan kontribusi yang memungkinkanmu untuk mencapai tujuan pemasaran yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
Tentukan Key Performance Indicator (KPI)
Untuk mengetahui efektif atau tidaknya penerapan strategi digital marketing Indonesia yang kamu jalankan, jangan lupa untuk menentukan key performance indicator (KPI). KPI kerap dijadikan sebagai tolak ukur dalam menentukan tingkat pencapaian kinerja. Jika KPI tercapai, maknanya strategi pemasaran bisa dibilang efektif penerapannya, begitu pun sebaliknya.
Sebagai contoh, dalam penerapan digital marketing dengan channel media sosial, kamu bisa jadikan engagement pada media sosial tersebut sebagai KIP-nya. Jika melihat engagement, tentu tidak cukup hanya dengan jumlah pengikut yang banyak saja, melainkan apakah intensitas interaksi antara pengikut dengan akun media sosial sudah mencapai angka yang diinginkan atau tidak.
Minta Feedback dari Target Audiens
Jika strategi digital marketing sudah coba kamu terapkan, jangan lupa untuk mengumpulkan sebanyak mungkin feedback dari para konsumen atau target audiens. Input atau masukan yang kamu peroleh dari konsumen mengenai produk ataupun caramu untuk terhubung dengan mereka akan bisa dimanfaatkan untuk keperluan memperbaiki strategi pemasaran sehingga bisa lebih baik lagi.
Digital marketing Indonesia saat ini sedang begitu berkembang. Jika kamu ingin menerapkannya untuk kepentingan usahamu, pastikan kamu memahami bagaimana cara untuk bisa memakainya secara efektif. Penerapan strategi digital marketing yang efektif akan bisa membantu mencapai tujuan-tujuan yang kamu sudah tetapkan di awal menyusun strategi tersebut.
Sumber:
Neher, Krista. (2021, Februari 25). How To Create A Digital Marketing Strategy: Eight Steps To Laser Focus Your Plan. Forbes. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023 melalui https://www.forbes.com/sites/forbescoachescouncil/2021/02/25/how-to-create-a-digital-marketing-strategy-eight-steps-to-laser-focus-your-plan/?sh=207760067a82
Campaign Monitor Team. (2020, April 22). Top 10 Ways to Make Your Digital Marketing Efforts Successful. Campaign Monitor. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023 melalui https://www.campaignmonitor.com/blog/email-marketing/top-10-ways-to-make-your-digital-marketing-efforts-successful/
Oktriwina, Alifia Seftin. (2023, Maret 16). Metode SMART: Arti, Keuntungan, dan Contoh Tabelnya. Glints. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023 melalui https://glints.com/id/lowongan/metode-smart-adalah/#:~:text=SMART%20adalah%20singkatan%20dari%20lima,%2C%20dan%20time%2Dbound%20goals.
Gunawan, Jordy. (2021, Juli 05). KPI Social Media yang Penting untuk Anda Ketahui dan Cara Mengukurnya. Meson-Digital. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023 melalui https://meson-digital.com/blog/kpi-social-media-marketing/