River

Branding 101, Semua yang Harus Kamu Ketahui Tentang Branding

Branding merupakan sebuah proses penting dalam berbisnis. Branding sendiri meliputi nama, ciri, simbol, tagline, desain, brand voice, serta identitas lain yang berhubungan dengan sebuah produk. Branding dilakukan untuk menciptakan citra unik supaya produk yang kamu miliki mendapatkan ruang di benak konsumen. Saat ini mudah untuk membangun branding berkat keberadaan media sosial. Yuk simak branding 101 di artikel ini. 

1. Riset Merek atau Brand Research

Riset merek atau brand research merupakan langkah penting dan mendasar karena dengan melakukannya, kamu akan mampu memahami siapa target yang akan dibidik, apa yang diinginkan oleh mereka dan bagaimana produk bisa memenuhi kebutuhan mereka. 

Tanpa mengetahui hal tersebut, upaya branding bisa menjadi tidak efektif dan kurang relevan. Riset merek juga akan membantu kamu melakukan identifikasi terhadap para pesaing dan menganalisis kekuatan mereka untuk mendapatkan celah agar bisa masuk ke sektor tersebut. Dengan memahami persaingan, maka kamu bisa menciptakan strategi branding yang bisa menjadi pembeda dari pesaing yang ada. 

2. Pilih Nama yang Mampu Merepresentasikan Produk

Pemilihan nama tidak boleh sembarangan karena nama seharusnya mampu merepresentasikan produk atau jasa yang ingin kamu jual. Pilihlah nama yang sederhana namun mudah diingat karena nama merupakan hal pertama yang akan diidentifikasi oleh konsumen terkait dengan merek yang kamu miliki. 

Nama merek yang mudah diucapkan, ditulis dan diingat akan memudahkan konsumen untuk berbicara tentang produkmu dan berbagi informasi dengan orang lain. Begitu juga sebaliknya, nama yang kompleks atau sulit bisa menyulitkan calon konsumen untuk mencari, mengingat atau bahkan mengidentifikasinya. 

3. Menggunakan Logo yang Berkarakter

Selain nama, logo juga menjadi elemen penting dalam melakukan branding dan pemasaran. Logo memiliki peran khusus dalam membantu merek yang kamu miliki dikenal dan diingat oleh konsumen. Logo adalah bentuk representasi visual yang menjadi gambaran agar produk mudah dikenali. 

Jadi saat konsumen melihat logo yang kamu miliki, mereka akan langsung menghubungkannya dengan merek perusahaan. Buatlah logo dengan desain visual yang unik dan menarik sehingga terkesan lebih menonjol dan para konsumen mudah mengingatnya. 

4. Menentukan Slogan Brand

Buatlah slogan yang catchy supaya bisa mewakili visi dan misi brand milikmu. Hal ini merupakan sesuatu yang cukup penting meskipun sulit menemukannya. Pilih slogan yang singkat namun bisa mewakili brand. Selanjutnya tempatkan slogan tersebut sebagai headline di kartu nama, website, atau akun media sosial. 

Slogan yang sudah kamu buat suatu saat bisa diubah jika brand mengalami perkembangan supaya memudahkan kegiatan marketing. Mengubah slogan brand bahkan sudah dilakukan oleh produk ternama seperti Pepsi yang sudah mengganti slogannya lebih dari 30 kali. 

5. Membangun Citra Merek

Citra merek adalah persepsi, kesan, dan reputasi yang terbentuk di benak konsumen terhadap merek atau perusahaan kamu. Hal ini mencakup berbagai elemen seperti gaya komunikasi, desain visual, layanan yang diberikan, cara interaksi dengan pelanggan, dan pengalaman secara keseluruhan.

Citra merek yang baik bisa menciptakan rasa percaya pada konsumen. Saat konsumen sudah percaya terhadap merek yang kamu tawarkan, mereka cenderung memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan dibanding produk lain dari para pesaing karena mereka tidak ingin membuat keputusan yang berisiko. 

6. Terus Mengembangkan Bisnis

Dalam melakukan branding harus secara terus-menerus, begitu juga dengan mengembangkan bisnis. Kamu harus selalu ada dan konsisten saat calon pelanggan mulai berinteraksi. Jika mendapatkan pelanggan baru, pelajari siapa mereka dan bagaimana cara mereka berinteraksi agar engagement meningkat. 

Perlu disadari bahwa kamu tidak bisa mengendalikan bagaimana persepsi orang terhadap brand yang ditawarkan. Oleh karena itu, jagalah reputasi sebaik mungkin di hadapan pelanggan dan kembangkan terus bisnis ke arah yang lebih positif supaya semakin banyak pelanggan loyal. 

7. Promosi di Media Sosial

Strategi branding modern sudah pasti memanfaatkan media sosial. Media sosial telah menjadi platform yang sangat efektif untuk mencapai target pasar dan membangun sebuah merek.

Ada jutaan pengguna aktif yang selalu bertambah setiap harinya sehingga melakukan branding lewat sosial media seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan Twitter sangatlah efektif. 

Media sosial memungkinkan kamu untuk berinteraksi langsung dengan para konsumen. Kamu bisa menanggapi pertanyaan, memberikan dukungan, dan berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih personal. Interaksi positif ini bisa memperkuat hubungan dengan konsumen dan meningkatkan performa brand. 

8. Membuat Konten yang Relevan

Untuk mengembangkan bisnis, kamu bisa menciptakan banyak sekali konten menarik yang original dan unik. Namun kamu juga harus bisa memastikan bahwa konten-konten yang diproduksi relevan dengan tren yang sedang berkembang saat ini. Hindari menciptakan sesuatu yang unik namun tidak sedang tren di masyarakat. 

Konten yang relevan mampu menarik perhatian calon pelanggan sehingga meningkatkan keterlibatan dengan merek yang kamu tawarkan. Karena merasa tertarik, maka calon pelanggan akan merespon konten dengan menyukai, membagikan, atau berkomentar. 

9. Mampu Bersikap Konsisten

Kunci penting dalam melakukan branding yaitu mampu bersikap konsisten. Konsistensi yang perlu kamu lakukan meliputi kualitas produk yang selalu dipertahankan, menjaga karakter brand, menjaga loyalitas dan hubungan baik dengan para konsumen.

Dengan selalu konsisten dalam melakukan branding kamu akan membangun pondasi yang kuat, meningkatkan daya saing dan mempertahankan relevansi pasar yang terus berubah. Konsistensi bisa membuat kamu mampu menghadapi para pesaing baru yang terus muncul setiap harinya. 

Itulah 9 hal yang perlu kamu ketahui tentang branding. Selain mempraktikkan 9 tips di atas, dalam melakukan branding kamu perlu terus mengevaluasi hal-hal apa saja yang perlu dibenahi agar bisa berubah ke arah yang lebih baik.

Referensi:

4 Hal Utama yang Perlu Diperhatikan saat Membangun Merek Usaha. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023 melalui https://www.liputan6.com/bisnis/read/4628339/4-hal-utama-yang-perlu-diperhatikan-saat-membangun-merek-usaha

Ini 6 Hal yang harus kamu perhatikan saat membuat usahamu. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023 melalui https://www.brilio.net/news/ini-6-hal-yang-harus-kamu-perhatikan-sebelum-membuat-merek-usahamu-151130w.html

Membangun Brand: Apa dan Bagaimana Langkah Serta Tipsnya. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023 melalui https://koinworks.com/blog/langkah-untuk-membangun-brand-bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *