River

Apa Email Marketing Masih Efektif untuk Jangka Panjang? Ini Penjelasannya!

Apa Email Marketing Masih Efektif untuk Jangka Panjang? Ini Penjelasannya!

Email marketing menjadi salah satu teknik pemasaran digital yang ternyata masih banyak dimanfaatkan sampai sekarang. Namun, apakah email marketing untuk jangka panjang masih dianggap efektif? Bukankah sekarang ada banyak sekali media digital lain yang dinilai lebih bagus untuk promosi? Mari cari tahu lebih jauh, seperti apa efektivitas email marketing di masa sekarang!

Apa Itu Email Marketing

apa-itu-email-marketing

(Canva)

Email marketing adalah jenis strategi pemasaran yang dilakukan lewat email. Pemasaran ini dilakukan untuk memberi informasi produk, diskon, program, dan informasi lainnya kepada konsumen dan calon konsumen. Sudah pasti tujuan dari email marketing adalah mendorong angka pembelian dan meningkatkan angka konversi. 

Selain membantu mempromosikan produk dan meningkatkan angka penjualan, teknik marketing ini juga bisa membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Lewat komunikasi email ini bisnismu juga akan mendapatkan recognition dari target pasar sehingga bisa memperbesar peluang konversi untuk meningkat. 

Baca juga: Strategi Email Marketing untuk Jangka Panjang? Ini Pengaruhnya!

Cara Melakukan Email Marketing

cara-melakukan-email-marketing

(Canva)

Teknik pemasaran satu ini bisa memberikan hasil yang bagus dan memuaskan jika dilakukan dengan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa cara email marketing yang bisa diterapkan dalam sebuah bisnis:

Kenali Target dengan Baik

Pertama-tama kamu harus mengenali dulu targetmu dengan baik. Siapa target audiens yang akan kamu kirimi email? Sudah pasti target ini merupakan kelompok orang yang sama dengan mereka yang menjadi target konsumen untuk bisnismu. Jika kamu sudah mengenali target dengan baik, kamu pasti bisa mengidentifikasi seperti apa karakteristik mereka. 

Ini akan mempermudah kamu untuk membuat konten email marketing yang sesuai. Jika kamu saja tidak paham siapa targetnya, maka sulit untuk memahami bagaimana karakter mereka. Pada akhirnya kamu akan bingung sendiri konten seperti apa yang cocok untuk target audiens tersebut. 

Lakukan Segmentasi

Selanjutnya kamu bisa melakukan segmentasi atau pengelompokkan pelanggan. Hal yang satu ini juga tidak kalah penting karena akan membantu konten email marketing-mu jadi lebih spesifik. Apa lagi jika target pasar yang kamu bidik memang cukup luas dan produk yang kamu tawarkan juga bervariasi. 

Segmentasi ini bisa dilakukan berdasarkan beberapa kategori. Misalnya saja sesuai minat konsumen, usia, tempat tinggal, dan masih banyak lagi. Jika kamu bisa memberikan konten marketing yang sesuai dengan kategori atau segmentasi mereka maka hasilnya juga pasti akan lebih efektif. 

Buat Judul yang Menarik

Sudah pasti judul email marketing ini harus dibuat semenarik mungkin. Mayoritas orang pasti akan melihat bagian judul ketika mendapatkan email. Jika judulnya saja sudah tidak menarik maka email tersebut kemungkinan besar akan diabaikan begitu saja. 

Judul email in harus engaging, sesuai topik, dan tidak bersifat spam. Banyak orang yang sebenarnya tidak terlalu tertarik mendapatkan email marketing. Tapi pikiran mereka bisa berubah setelah membaca bagian judul. Apalagi kalau judulnya menarik, engaging, dan bikin penasaran. Paling tidak konten email marketing tersebut punya peluang besar untuk diklik. 

Tuliskan Isi Email yang Efektif

Lanjut ke langkah yang paling penting dalam strategi email marketing. Segera tuliskan isi email yang efektif dan menarik. Penulisan judul memang penting namun bagian isi email juga tidak kalah penting. Justru inilah bagian inti dari pesan promosi yang ingin disampaikan kepada target. Jadi secara otomatis memang harus dibuat menarik dan sejelas mungkin. 

Isi email tidak boleh terlalu panjang, to the point saja dan gunakan kalimat yang menarik. Selain itu pastikan ada CTA di dalam email yang bisa meningkatkan konversi. CTA ini akan mengarahkan audiens menuju website atau tautan lain tempat dimana bisa membeli produk dan melakukan hal-hal yang memang menjadi tujuan dari email marketing tersebut. 

Baca juga: Manfaat Email Marketing untuk Jangka Panjang Pada Bisnis Online

Apakah Email Marketing Masih Efektif?

apakah-email-marketing-masih-efektif

(Canva)

Seiring dengan banyaknya teknik digital marketing di zaman sekarang, banyak yang mempertanyakan apakah email marketing ini masih efektif? Apakah email marketing untuk jangka panjang bisa memberikan keuntungan bagi sebuah bisnis? Mari bahas satu per satu kelebihan dari email marketing ini dan lihat seberapa tinggi efektivitasnya. 

Personalisasi Konten Lebih Mudah

Melalui email marketing, kamu bisa lebih mudah melakukan personalisasi konten. Artinya, kamu bisa memberikan konten promosi yang sifatnya jauh lebih personal. Bahkan kamu bisa menuliskan nama si penerima email secara langsung. Ini akan membantu menjalin kedekatan antara brand dengan target konsumennya. Biasanya ini sangat efektif karena target audiens merasa istimewa dan lebih dihargai.

Meningkatkan Traffic ke Website

Jika bisnismu menggunakan website, maka email marketing ini sangat efektif untuk meningkatkan traffic ke website tersebut. Lewat CTA pada konten promosi di email tadi, kamu bisa menyematkan link menuju ke laman website. Jadi besar kemungkinan mereka untuk klik link tersebut dan langsung masuk ke website bisnismu. 

Meningkatkan Brand Recognition

Tahukah kamu bahwa email marketing ini sangat efektif untuk dipakai meningkatkan brand recognition. Melalui konten email tersebut kamu bisa menampilkan brand dengan sangat jelas. Perlahan-lahan target audiens yang menerima email tersebut pasti akan mengenali brand milikmu. Jika pengiriman konten email ini konsisten dan intens, maka tidak sulit untuk membuat target audiens terbiasa dengan brand tersebut. 

Meningkatkan Konversi

Tidak bisa dipungkiri kalau teknik marketing yang satu ini memang masih efektif untuk meningkatkan konversi. Melalui CTA yang diselipkan di email marketing tadi, target audiens punya peluang lebih besar untuk masuk ke link website. Jika target audiensnya tepat dengan konten marketing dan produk yang dijual, maka tingkat konversi meningkat dan angka penjualan jadi lebih memuaskan. 

Jadi apakah email marketing untuk jangka panjang ini masih efektif? Jawabannya, ya! Di tengah banyaknya media digital saat ini, email masih bisa dijadikan pilihan untuk melakukan promosi brand atau bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *