River

7 Strategi Efektif Search Engine Marketing untuk Meningkatkan Visibilitas Bisnis Anda

7 Strategi Efektif Search Engine Marketing untuk Meningkatkan Visibilitas Bisnis Anda

Visibilitas bisnis online Anda dapat ditentukan oleh hasil organik dan hasil iklan berbayar. Search engine marketing atau SEM adalah contoh metode iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas website di halaman mesin pencari.

SEM menjadi metode promosi yang lebih efektif dibanding organic reach yang membutuhkan waktu lama. Teknik pemasaran digital ini dapat mengarahkan pengunjung ke website bisnis Anda dengan lebih cepat. Nah, untuk meningkatkan performa SEM ada beberapa strategi efektif bisa diterapkan.

Strategi Meningkatkan Kinerja Search Engine Marketing

1. Tentukan target audiens

Ketika ingin mengaplikasikan SEM, Anda harus menentukan terlebih dahulu target audiens dan tujuan iklan. Misalnya target audience untuk iklan baju gamis yaitu wanita usia 20-40 tahun atau lainnya.

Jika memiliki target yang jelas, akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan budget untuk SEM. Ini perlu masuk dalam perencanaan sebelum Anda menggunakan SEM untuk bisnis.

Dalam membuat target audiens, Anda bisa menentukannya berdasarkan lokasi, waktu, usia, jenis kelamin, perangkat yang digunakan, dan minat pengguna.

2. Kenali sistem kerja SEM dengan baik

Hasil organik mungkin tidak mudah mengingat mesin pencari seperti Google biasanya menggunakan algoritma yang cukup rumit dan terus berubah. Namun, dengan SEM iklan Anda akan muncul di bagian atas mesin pencari meskipun website Anda tidak masuk pada halaman pertama mesin pencari.

Kenali sistem kerja SEM agar Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis. Terdapat beberapa platform SEM untuk iklan, seperti Google Adwords, Microsoft atau Bing Ads, dan Yahoo. Silakan pilih sesuai target pemasaran Anda.

3. Kombinasi SEM dan SEO

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, kenapa tidak menggabungkan strategi SEM dan SEO? Hasil SEM dapat memberikan traffic yang lebih cepat, sedangkan SEO biasanya dapat menghasilkan pelanggan yang loyal.

SEO akan membantu situs web Anda mendapat peringkat yang lebih baik di hasil mesin pencari. SEM seperti PPC yang akan membawa iklan Anda di bagian paling atas halaman pencarian.

4. Riset kata kunci

Jangan lupa untuk melakukan reset keywords atau kata kunci. Anda bisa menggunakan keyword search tools untuk mengetahui kata kunci apa yang cocok dengan jenis iklan dan target audiens Anda. Ada beberapa kategori keyword yang perlu Anda ketahui.

  • Branded keyword, kata kunci yang berhubungan dengan perusahaan atau nama bisnis Anda.
  • Service keyword, kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa Anda.
  • General keyword, kata kunci yang paling banyak dicari oleh pengguna melalui mesin pencari.
  • Longtail keyword, kata kunci yang nantinya akan di filter untuk iklan Anda ditampilkan atau tidak
  • Affinity keyword, kata kunci yang kaitannya cukup jauh dengan produk Anda tetapi dalam lingkup yang sama. Contohnya produk Anda minyak goreng, maka keyword yang digunakan bisa berupa resep masakan yang digoreng.

5. Tingkatkan engagement pengguna

Untuk memaksimalkan search engine marketing yang Anda buat, sebaiknya Anda membangun hubungan yang baik dengan pengguna. Dari SEM dapat menyediakan data untuk Anda mendapatkan leads, kemudian engagement ini dapat mengarahkan pengguna ke pembelian pada akhirnya.

6. Menghubungkan pencarian dengan media sosial

Media sosial saat ini cukup kuat untuk menyukseskan pemasaran digital. Anda bisa menghubungkan pencarian dengan media sosial menggunakan keywords yang sama atau relevan. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan pelanggan ideal yang berpeluang untuk menjadi pembeli.

7. Buat konten iklan yang menarik

Apapun jenis pemasaran digital yang Anda gunakan, membutuhkan konten iklan yang bagus dan menarik. Bagaimana cara membuat iklan yang menarik? Anda bisa membuat konten visual seperti gambar atau video yang lebih efektif dibanding iklan sebatas teks.

Jangan lupa untuk memberikan headline yang menarik pengguna agar penasaran dengan produk yang muncul di iklan. Perhatikan relevansi konten dan deskripsi iklan pada iklan SEM agar pengguna tidak kabur saat iklan Anda muncul.

8. Sesuaikan copywriting untuk SEM dengan landing page

Copywriting untuk iklan SEM harus disesuaikan dengan landing page. Misalnya di deskripsi iklan muncul promo cashback, maka di landing page juga harus dilengkapi menu transaksi dengan cashback yang jelas agar tidak membingungkan pelanggan.

Landing page dan SEM saling berkaitan dalam mempengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap suatu produk. Jadi, jangan buat kecewa calon pelanggan Anda dengan copywriting yang tidak sinkron antar konten iklan dan landing page.

Pastikan Anda menulis ad copy atau wording iklan SEM dengan benar dan tidak typo. Sebelum meluncurkan iklan, cek dulu URL di setiap keyword, kategori keyword, dan landing page yang dituju.

9. Evaluasi

Setelah iklan SEM, Anda masih harus memonitor kinerja iklan dan seberapa bagus hasilnya untuk bisnis Anda. Anda bisa melacak keyword apa saja yang berhasil dan mana yang tidak memberikan hasil. Evaluasi dan buat daftar keyword yang lebih baik yang lebih banyak menghasilkan traffic.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan search engine marketing agar visibilitas website Anda semakin baik di halaman mesin pencari. Dengan strategi iklan SEM yang baik akan membantu menaikkan konversi pembelian melalui situs web Anda.

Referensi:

Dreambox. “Beberapa Teknik Marketing SEM untuk Tingkatkan Pengunjung Website”. Dreambox.id

Salsabila Annisa. 2021. “Apa Itu Search Engine Marketing? Berikut Panduan Lengkapnya!”. Niagahoster.co.id

Diginews. 2021. “Mengenal SEM, Strategi Terbaik Tingkatkan Kunjungan Website”. Diginews.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *