River

5 Rahasia Untuk Mendapat Lead Generation

5 Rahasia Untuk Mendapat Lead Generation

Di dunia digital marketing, lead dapat diartikan sebagai orang-orang yang sudah terindikasi oleh suatu produk atau bisnis. Biasanya digital marketing agensi memiliki lead berisi informasi kontak dari orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan.

Lead memberikan email atau nomor telepon yang bisa dihubungi dari orang-orang yang tertarik dengan produk tertentu. Untuk mendapatkannya tentu tidak semudah meminta nomor telepon ke kenalan. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mendapatkan leads.

Cara Mendapatkan Leads oleh Digital Marketing

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan leads. Namun, ada lima cara yang biasa dipakai marketing agency dalam memperoleh leads.

1. Melalui media social marketing

Agensi pemasaran dapat menggunakan berbagai platform media sosial untuk mendapatkan leads. Misalnya menggunakan media sosial Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan media sosial lainnya. Marketing agensi akan membantu membuat konten berkualitas untuk menarik calon pelanggan.

Melalui konten media sosial, Anda tidak hanya bisa mempromosikan produk tetapi juga mendapatkan leads. Marketing agency menyediakan layanan media social marketing untuk berbagai keperluan marketing dengan memanfaatkan platform yang bayak digunakan masyarakat.

Agensi pemasaran akan membantu membuatkan konten eksklusif untuk kebutuhan mendapatkan leads ini. Strategi yang dilakukan adalah menawarkan konten eksklusif yang hanya bisa diakses oleh pelanggan yang bersedia memberikan alamat email seperti subscriber blog.

Leads akan mendapatkan newsletter dari produk terkait, seperti promo yang sedang tersedia atau hadirnya variasi produk yang baru. Adanya lead generation dapat mempermudah untuk bisnis Anda menjangkau target pasar yang paling sesuai.

2. Menyediakan live chat pada website bisnis

Anda mungkin sudah pernah atau sering melihat fitur live chat yang ada di beberapa blog atau website bisnis. Fitur ini dapat mempermudah pelanggan dalam menghubungi perusahaan.

Nah, fitur live chat biasanya bisa diakses dengan memasukan identitas seperti nama dan alamat email. Data tersebut tentu bisa kamu pakai untuk keperluan bisnis. Jika Anda tidak bisa memasang fitur ini, digital marketing agensi dapat menjadi solusinya.

Digital marketing akan membantu Anda untuk memasang fitur live chat di website perusahaan. Selain itu, melalui layanan website design kamu bisa menata halaman error yang bisa muncul di website. Jika website bermasalah karena sering error, pelanggan mungkin akan berpikir ulang untuk subscribe atau memasukan informasi kontak mereka di live chat website.

3. Membuat form subscribe sederhana

Agensi juga dapat memperoleh lead melalui form subscribe. Ini biasanya sering dijumpai sebagai salah satu menu atau fitur yang sering dijumpai di halaman website. Apabila tertarik, pengunjung website akan ikut subscribe melalui menu yang sudah disediakan.

Biasanya form subscribe berisi data penting calon konsumen seperti nomor ponsel, nama, alamat email. Agensi akan mendapatkan data subscriber tersebut yang mengarah pada leads. Dari lead yang ada bisa digunakan untuk promosi produk baru atau lainnya yang sedang diadakan perusahaan.

Buat form subscribe yang simple dan memuat data-data yang paling penting seperti nama, jenis kelamin, usia, hingga preferensi produk dan lain sebagainya. Jika form cukup simple, calon pelanggan akan lebih tertarik untuk memasukan kontak atau data penting yang nantinya menjadi leads.

4. Melalui fitur uji coba gratis

Pada website yang digunakan untuk promosi produk yang bisa dicoba, biasanya dilengkapi fitur uji coba tersebut secara gratis. Tentu, fasilitas uji coba gratis ini tidak sepenuhnya gratis sebab konsumen harus memasukan data diri terlebih dahulu.

Pada digital marketing agensi yang profesional dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengarahkan pada leads. Orang-orang yang ada dalam leads juga termasuk calon konsumen yang potensial. Pasalnya, mereka sendiri sudah tertarik untuk mencoba layanan atau produk tersebut.

Anda bisa memberikan batas waktu untuk fitur uji coba gratis. Hal ini bisa memperbanyak leads yang masuk karena orang-orang sudah melihat fitur tersebut dan ingin mencobanya. Leads yang dihasilkan pun akan lebih berkualitas.

Leads yang dimiliki dapat digunakan untuk memperdekat hubungan dengan calon konsumen. Melalui promo atau newsletter untuk para calon pelanggan yang sudah memasukan data diri di form pengisian data sebelumnya.

Baca Juga: Langkah Menjalankan Funnel Marketing Tiktok

5. Menggunakan landing page

Agensi pemasaran digital juga bisa mendapatkan leads melalui landing page. Biasanya pada landing page terdapat form yang bisa mengumpulkan leads. Form tersebut dapat diisi oleh calon pelanggan yang memang sudah merasa tertarik dengan produk Anda.

Agensi dapat membuatkan landing page yang bagus untuk keperluan mendapatkan leads. Marketing agency yang berkualitas dan profesional dapat membantu membuat design web hingga menetapkan landing page yang tepat.

Hal yang perlu dilakukan adalah mengarahkan pengunjung untuk mengakses landing page dari website perusahaan. Strategi ini cukup efektif untuk mendapatkan leads. Selain itu, cara ini juga dinilai lebih efektif untuk dapat menggabungkan dengan cara mendapatkan lead generation lainnya.

Gunakan jasa marketing agency untuk membuat landing page yang menarik. Misalnya dengan logo yang eye-catching dan logo yang bagus. 

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai bagaimana cara marketing agency dalam mendapatkan leads. Bagi Anda yang berencana menggunakan digital marketing agensi juga bisa mendapatkan leads dengan cara-cara yang disebutkan di atas! Selamat mencoba.

Source:

Ananda. 2021. “Lead dalam Digital Marketing: Pengertian hingga Cara Jitu Dapatkan Lead”. Blog Gramedia

Alexandromeo. 2021. “Lead Generation: Pengertian, Manfaat, dan Tips Mendapatkan Leads. Makinrajin.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *