Digital marketing menjadi strategi pemasaran yang sangat efektif di era modern seperti sekarang. Bisnis-bisnis kecil bisa mulai menerapkan digital marketing Indonesia untuk memperbesar jangkauan pasar dan meningkatkan keuntungan mereka. Tentunya dibutuhkan strategi yang tepat agar digital marketing ini bisa berjalan secara optimal.
Konsep Digital Marketing
Supaya bisa menjalankan digital marketing, maka kamu perlu memahami konsep dari strategi pemasaran ini. Digital marketing itu sendiri merupakan teknik pemasaran yang memanfaatkan media-media digital. Jauh berbeda dari pemasaran konvensional yang menggunakan media-media offline, digital marketing lebih fokus pada media online.
Strategi pemasaran yang satu ini dianggap sangat efektif dan mulai diterapkan oleh hampir semua pebisnis. Disebut efektif karena jangkauan audience untuk digital marketing begitu luas. Tidak ada batasan tempat dan waktu. Ditambah lagi sekarang masyarakat begitu akrab dengan media digital khususnya media sosial.
Digital marketing membantu bisnis-bisnis kecil di Indonesia berkembang begitu pesat. Tidak perlu membuka toko besar untuk meningkatkan penjualan. Bisnis-bisnis kecil yang baru mulai merintis bisa menjangkau target pasar yang jauh lebih luas dengan modal terbatas.
Rahasia Sukses Digital Marketing
Tentu saja dibutuhkan langkah yang tepat agar digital marketing berjalan optimal dan memberi banyak manfaat. Apalagi untuk bisnis-bisnis kecil yang baru memulai langkah pemasaran mereka. Berikut ini 5 rahasia kesuksesan digital marketing untuk bisnis kecil di Indonesia:
Optimalkan Konten Digital
Kunci penting dalam digital marketing adalah kekuatan konten. Penting sekali bagi para pelaku bisnis untuk terus mengoptimalkan konten-konten digital mereka. Jika kontennya bagus, maka tidak sulit untuk menarik perhatian dari target audience. Lebih dari itu, kamu juga bisa menjangkau audience yang lebih luas karena ada daya tarik pada konten yang ditampilkan.
Konten yang dihadirkan harus sesuai dengan produk yang akan dijual. Selain itu, kamu juga harus membuat konten yang sesuai dengan value dan identitas bisnis. Lakukan juga riset untuk melihat konten seperti apa yang sedang trending dan diminati oleh banyak orang saat ini. Sebisa mungkin hadirkan konten yang menarik, up to date, namun tetap relevan dengan tujuan promosi.
Di tahap ini, kamu harus banyak melihat referensi. Rajin-rajinlah melihat media sosial dan media digital lain. Lihat tren konten seperti apa yang sedang berlangsung saat ini. Nantinya kamu bisa membuat kesimpulan sebenarnya konten seperti apa yang diinginkan oleh publik, khususnya target audience yang kamu inginkan.
Terapkan Praktik SEO
Jika kamu memakai website bisnis, maka penting sekali untuk menerapkan SEO. SEO adalah Search Engine Optimization yang dipakai untuk meningkatkan performa website. Jika aplikasi SEO tepat, maka website bisnis yang digunakan sebagai media digital marketing ini bisa semakin terlihat oleh publik. Akses menuju website tersebut juga akan semakin mudah dan pengunjung website semakin banyak.
SEO yang efektif juga bisa membantu meningkatkan angka penjualan bisnis. Jadi tidak hanya membuat konten-konten website yang menarik namun strategi SEO juga harus diterapkan. Apalagi saat ini persaingan bisnis semakin ketat dan sebagian besar memanfaatkan media digital website.
Kamu bisa mulai mempelajari SEO atau mempercayakan hal ini kepada ahlinya. Saat ini ada SEO specialist yang siap membantu mengoptimalkan website bisnismu. Perhitungkan baik-baik apakah memang pemakaian jasa tersebut cukup menguntungkan atau tidak.
Lakukan Riset Kompetitor
Dalam dunia digital marketing Indonesia, ada banyak sekali kompetitor yang perlu kamu hadapi. Dari semua kompetitor tersebut, kamu juga bisa belajar banyak hal. Perhatikan seperti apa cara kompetitor menjalankan strategi digital marketing-nya. Cari tahu apa saja media digital yang mereka gunakan dan seperti apa konten-konten marketing yang ditampilkan.
Riset kompetitor perlu dilakukan agar kamu tahu seperti apa kondisi persaingan di dunia bisnis digital saat ini. Kamu bisa mengambil hal-hal baik dari kompetitor sebagai pelajaran atau inspirasi. Selain itu, kamu juga bisa menyusun strategi yang lebih baik dibandingkan strategi miliki kompetitor tadi.
Fokus pada Platform yang Tepat
Ada banyak sekali jenis platform digital yang bisa dimanfaatkan sebagai media marketing. Tidak ada salahnya untuk menggunakan semua platform tersebut. Semakin banyak jenis platform yang dipakai maka akan semakin luas juga jangkauan marketing-nya. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua platform bisa memberikan hasil optimal.
Efektivitas dari masing-masing platform akan sangat dipengaruhi oleh target pasar atau audience bisnismu. Misalnya, bisnismu menargetkan remaja dan mahasiswa maka Instagram dan TikTok bisa jadi pilihan tepat. Penentuan semacam ini perlu melalui sebuah proses karena pasti ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.
Lakukan Evaluasi secara Berkala
Pastikan untuk selalu melakukan evaluasi secara berkala. Strategi digital marketing yang perlu diterapkan bisa saja berbeda-beda mengikuti tren masyarakat. Jadi sangat penting untuk melakukan evaluasi agar bisa terkontrol. Melalui langkah evaluasi ini kamu bisa tahu platform digital apa yang efektivitasnya paling tinggi lalu konten seperti apa yang engagement-nya paling tinggi.
Evaluasi secara rutin akan mempermudah kamu untuk melakukan peningkatan. Apabila strategi digital marketing tidak terlalu efektif, maka kamu bisa langsung tahu bagian mana yang salah dan perlu diperbaiki. Sebaliknya, jika kamu sudah mencapai target yang diinginkan, kamu bisa meningkatkan lagi efektivitas digital marketing tadi agar hasilnya jauh lebih optimal.
Digital marketing Indonesia saat ini tengah berkembang pesat. Penting sekali untuk menyusun strategi yang tepat agar pemasaran lewat media digital bisa berjalan efektif sesuai target. Selain itu kamu juga harus sering-sering melakukan update karena bidang digital marketing ini terus berkembang dari waktu ke waktu.
Sumber:
Winasis, Brigitta. (2021, Agustus 27). Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Kecil, Ini Tipsnya. Diakses pada tanggal 6 April 2023 melalui https://www.modalrakyat.id/blog/digital-marketing-untuk-bisnis-kecil.
Destiana, Nisa. (2022, Mei 28). Inilah Strategi Pemasaran Digital Jitu untuk Usaha Kecil. Diakses pada tanggal 6 April 2023 melalui https://majoo.id/blog/detail/inilah-strategi-pemasaran-digital-jitu-untuk-usaha-kecil.
Hamid, Idham. (2022, Juni 24). Ampuh! Ini 6 Langkah Menyusun Strategi Digital Marketing yang Tepat. Diakses pada tanggal 6 April 2023 melalui https://aptana.co.id/blog-details/Ampuh-Ini-6-Langkah-Menyusun-Strategi-Digital-Marketing-yang-Tepat–BL-62.