Saat ini Tiktok menjadi salah satu platform media sosial yang memiliki pengguna terbanyak. Peluang tersebut tidak disia-siakan oleh para pemilik bisnis untuk memasarkan produk-produk mereka. Dengan menerapkan funnel marketing digital di Tiktok, Anda bisa meningkatkan penjualan.
Banjir orderan di Tiktok tentu menjadi harapan bagi setiap pemilik bisnis. Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk mencapai target tersebut? Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk menjalankan funnel marketing di Tiktok.
5 Langkah Mudah Meningkatkan Penjualan Melalui TikTok
Digital marketing funnel dapat memudahkan para pelaku bisnis dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran. Anda juga bisa menerapkannya untuk berjualan di TikTok dengan beberapa langkah berikut.
1. Awareness – Dengan membuat konten menarik
Dalam funnel marketing, tahap paling awal adalah awareness atau kesadaran. Pada tahap ini, Anda harus bisa memasarkan produk dengan masif. Fokus utamanya adalah menarik perhatian audiens sebanyak mungkin agar mereka tahu produk Anda.
Untuk bisa menerapkan tahap funnel marketing ini, Anda bisa membuat konten TikTok yang menarik. Manfaatkan fitur-fitur TikTok yang dapat membuat video Anda mudah terlihat. Misalnya dengan mengikuti trend, menggunakan hashtag yang viral, sounds yang sedang tren, membuat filter Tiktok, dan lain sebagainya.
Dalam membuat konten TikTok, pastikan hashtag yang dipakai relevan dengan isi video. Buat video singkat yang menarik, kreatif, dan sedikit menyematkan produk Anda. Cara ini akan membuat audiens penasaran dan tertarik untuk mengulik lebih jauh tentang produk tersebut.
2. Discovery – Dengan berinteraksi dengan pengguna lain
Setelah membuat konten yang menarik untuk awareness dari target pasar Anda, maka langkah selanjutnya adalah membuat konten khusus untuk discovery. Konten yang diperlukan adalah video-video yang menjelaskan tentang produk Anda dan alasan mengapa harus menggunakannya.
Usahakan untuk bisa memberikan nilai jual dengan meyakinkan konsumen bahwa produk Anda adalah solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Selain itu, Anda juga harus rajin untuk berinteraksi dengan pengguna TikTok.
Interaksi dengan pengguna lain adalah strategi funnel marketing digital di TikTok yang penting untuk dilakukan. Anda bisa berinteraksi melalui komentar, TikTok Live, atau lainnya. Pada tahap ini, audiens tidak hanya tahu nama produk Anda tetapi sudah mulai memahami nilai atau manfaat yang ditawarkan dari produk tersebut.
Usahakan untuk sekali-kali memberikan respons pada akun-akun aktif yang mengikuti akun TikTok Anda. Jika memberikan komentar, buat yang berbobot dan tidak terkesan kehabisan topik sehingga dapat menarik pengguna lain yang membacanya.
3. Consideration dengan membuat konten testimony
Jika konsumen sudah mengetahui produk atau bisnis Anda, mereka biasanya akan mulai melakukan pertimbangan. Nah, untuk membantu konsumen dalam melakukan “consideration”, Anda bisa membuat konten khusus atau memberikan testimoni.
Dengan video TikTok yang berisi testimoni, audiens Anda bisa menjadi calon konsumen potensial. Kebiasaan konsumen saat ini memang banyak menggunakan pertimbangan dan testimoni agar tidak salah dalam memilih produk online. Jika testimoni atau review yang banyak diberikan bagus, audiens akan lebih tertarik untuk membeli.
4. Conversion – Dengan memasang produk di TikTok Shop
Tugas Anda selanjutnya adalah menyediakan cara pembelian produk yang mudah. Setelah konsumen mempertimbangkan produk dan tertarik untuk membelinya, mereka akan mencari menu atau link untuk melakukan transaksi.
Jika cara pembelian produknya sulit atau membingungkan, konsumen bisa kabur dan membatalkan niatnya untuk membeli produk Anda. TikTok sendiri sudah menyediakan fitur TikTok shop yang memang dikhususkan untuk bisnis.
Dengan TikTok Shop pengguna bisa membeli produk langsung dari aplikasi TikTok. Cara pembelian yang lebih mudah ini dapat menjadi strategi efektif untuk menghasilkan konversi. Permudah cara pembelian dan pembayaran agar konsumen bersedia melanjutkan transaksi.
Pada funnel marketing digital, di tahap conversion ini memang jumlahnya bisa mengerucut dari audiens yang ada di tahap awal. Oleh sebab itu, jangan sia-siakan peluang ini dengan tidak memberikan cara pembelian produk yang mudah dan praktis.
Selain itu, berikan juga kemudahan sistem pembayaran bagi konsumen yang ingin membeli produk Anda. Sistem pembayaran yang membuat mereka nyaman sehingga berani untuk bertransaksi.
5. Customer relationship – Dengan membuat promo menarik
Berikutnya Anda perlu melakukan pendekatan diri dengan pelanggan. Tujuannya untuk menciptakan loyalitas dari mereka yang sudah pernah membeli atau menggunakan produk Anda. Perlu diketahui bahwa menjaga konsumen yang loyal bisa lebih menguntungkan daripada harus mencari konsumen baru.
Oleh karena itu, penting untuk memberikan penghargaan-penghargaan bagi mereka yang sudah menjadi pelanggan. Anda bisa membuat promo menarik atau giveaway untuk memanjakan pelanggan yang Anda miliki.
Selain itu, Anda juga bisa membuat penawaran diskon khusus untuk konsumen yang loyal. Penawaran eksklusif ini akan membuat pelanggan atau konsumen merasa lebih dihargai dan seperti sudah menjadi bagian dari perusahaan.
Biasanya dengan layanan seperti inilah, pelanggan akan lebih nyaman untuk melakukan transaksi lagi dan tidak berkeinginan mencari brand lain. Konsumen-konsumen yang loyal tersebut adalah aset perusahaan yang perlu dijaga.
Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menerapkan funnel marketing digital melalui platform TikTok. Selain menggunakan pengunjung organik seperti di atas, Anda juga bisa memanfaatkan iklan berbayar untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk.
Source:
Aditya Mardiastuti. 2022. “Digital Marketing Funnel: Pengertian, Tahapan, dan Strateginya”. Detik Finance
Gustia Martha Putri. 2022. “5 Cara Banjir Orderan Lewat Tiktok Marketing Menurut Digital marketer”. Lummo Shop