Sebagai seorang digital marketer, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing funnel atau funnel marketing digital. Digital marketing funnel ini bisa diaplikasikan atau dijalankan pada ragam media penjualan, salah satunya adalah Instagram. Kamu bisa intip 5 langkah menjalankan digital marketing funnel di Instagram pada ulasan di bawah ini.
Apa Itu Digital Marketing Funnel?
Sebelum membahas cara pengaplikasiannya, yuk pahami dulu apa yang dimaksud dengan digital marketing funnel. Digital marketing funnel adalah model strategis yang merepresentasikan sebuah proses pembelian produk atau jasa dari sebuah brand oleh konsumen, mulai dari awal konsumen mengenal brand tersebut, hingga akhirnya melakukan tindakan berupa pembelian.
Melalui digital marketing funnel ini, kamu bisa mengetahui dari mana awal konsumen memperoleh eksposur atas brand atau bisnis yang kamu jalankan, apa saja hal yang membuatnya tertarik akan produk yang ditawarkan oleh brand, hingga alasan mengapa pada akhirnya konsumen melakukan pembelian atas produk dari brand tersebut.
Digital marketing funnel merupakan bagian penting dari strategi digital marketing. Kamu bisa makin memahami konsumen, melalui perjalanannya dari awal mengenal brand hingga akhirnya melakukan pembelian. Selain itu, tentu saja digital marketing funnel ini bisa meningkatkan produktivitas dari sebuah brand, dalam hal menghadirkan konten yang sesuai untuk target konsumen.
Cara Menjalankan Funnel Digital Marketing di Instagram
Saat ini, Instagram merupakan salah satu platform media sosial favorit para pebisnis untuk memperkenalkan brand dan menjual produk yang dimilikinya. Makanya, tidak akan salah jika kiranya digital marketing funnel ini dijalankan di Instagram. Simak berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk menjalankan digital marketing funnel tersebut di Instagram.
Bangun Brand Awareness dengan Reels dan Instagram Ads
Langkah awal dalam menjalankan digital marketing funnel adalah membangun awareness atau kesadaran konsumen akan eksisnya brand kamu. Membangun brand awareness ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur Reels yang saat ini begitu masif penggunaannya oleh pengguna Instagram, serta tentunya fitur Instagram Ads.
Fitur Reels dan Instagram Ads merupakan gerbang awal bagi para target konsumen untuk mengetahui atau mengenali brand, tanpa harus mengikuti akun brand tersebut terlebih dahulu. Reels atau Instagram Ads yang dibuat bisa muncul di laman Explore aplikasi Instagram. Dari sinilah kemudian target konsumen bisa mulai mengenal brand dan mengikuti akun brand tersebut.
Bangun Keterlibatan Target Konsumen Melalui Stories
Jika brand awareness sudah terbangun, saatnya untuk membangun engagement atau keterlibatan target konsumen dengan memanfaatkan fitur Stories di Instagram. Langkah ini sendiri dikenal sebagai fase interest pada digital marketing funnel, yang tujuannya untuk makin meningkatkan minat target konsumen pada brand yang coba diperkenalkan.
Agar keterlibatan target konsumen bisa tinggi, maka hadirkanlah konten yang interaktif dan informatif pada Instagram Stories tersebut. Melalui konten Stories itu pula, pastikan target konsumen jadi tahu apa bisnis yang dijalankan oleh brand, bagaimana proses pembuatan produk yang dijual oleh brand tersebut, serta hal-hal penting lainnya yang mencakup perkenalan akan brand.
Posisikan Produk sebagai Solusi atas Masalah Target Audiens
Bagaimana bisa produk sebuah brand dilirik oleh target audiens? Tentu saja dengan kemampuan produk tersebut menjadi solusi atas masalah yang dialami oleh target audiens. Misalnya saja, produk mi instan yang terbuat dari bahan alami dihadirkan untuk menjawab kebutuhan target konsumen atas mi instan yang praktis dikonsumsi, namun tetap ramah bagi kesehatan.
Dengan memposisikan produk dari brand kamu sebagai solusi atas masalah atau kebutuhan dari target audiens, maka akan bisa meningkatkan desire atau keinginannya untuk membeli produk tersebut. Kamu bisa bikin konten menarik, baik untuk diunggah di Stories atau Feed, yang intinya menggambarkan bagaimana produkmu bisa jadi jawaban atas kebutuhan target konsumen selama ini.
Hadirkan Laman Shop dan Collection untuk Mempermudah Pembelian
Setelah tahap awareness, interest, dan desire, saatnya memasuki tahapan selanjutnya pada digital marketing funnel yakni action atau tahapan di mana pembelian berlangsung. Pada Instagram, kamu bisa manfaatkan laman Shop atau rangkaian fitur Instagram Shopping guna mengakomodasi target konsumen yang ingin melakukan pembelian produk dari brand milikmu.
Selain Instagram Shopping, kamu bisa juga memanfaatkan layanan berbagi link atau tautan seperti Linktree, untuk memuat semua tautan yang bakal mengantarkan target konsumen ke laman di mana mereka bisa melakukan pembelian, entah itu di website resmi ataupun akun brand di platform marketplace tertentu.
Kumpulkan Feedback dari Konsumen
Setelah pembelian dilakukan, saatnya untuk mengetahui bagaimana feedback atau umpan balik dari konsumen atas produk yang telah dibeli dan digunakannya. Tahapan ini dikenal juga dengan istilah engagement pada digital marketing funnel. Feedback yang diperoleh dari konsumen bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi nantinya dalam mengembangkan produk.
Lantas, bagaimana sih caranya untuk memperoleh feedback dari konsumen ini? Kamu bisa manfaatkan fitur Polls dan Question yang disediakan oleh Instagram. Misalnya saja, melalui fitur Question di Instagram, kamu bisa minta pendapat dari konsumen bagaimana kesannya atas produk baru yang diluncurkan oleh brand, serta mungkin apa hal yang diinginkan lebih dari produk tersebut.
Nah, itulah tadi 5 langkah funnel marketing digital untuk dijalankan di Instagram. Mengingat Instagram merupakan salah satu media sosial yang jadi favorit untuk memperkenalkan dan menjual produk, maka tidak salah kiranya untuk mengamati perjalanan pembelian konsumen melalui media sosial satu ini.
Sumber:
Martin, Michelle. (2022, Mei 17). How to Build an Instagram Sales Funnel in 8 Steps. Hootsuite. Diakses pada tanggal 5 April 2023 melalui https://blog.hootsuite.com/instagram-sales-funnel/
Murray, Brock. (2017, November 27). 7 Simple Tactics to Kickstart Your Instagram Sales Funnel. Search Engine Journal. Diakses pada tanggal 5 April 2023 melalui https://www.searchenginejournal.com/instagram-sales-funnel/225105/
Rock Content Writer. (2020, Maret 31). Digital Marketing funnel: what is, how to create one and what type of content work in each stage. Rock Content. Diakses pada tanggal 5 April 2023 melalui https://rockcontent.com/blog/digital-marketing-funnel/