River

5 Langkah Membuat Strategi Email Marketing B2B

5 Langkah Membuat Strategi Email Marketing B2B

Dalam hal pemasaran digital atau digital marketing, dikenal yang namanya strategi email marketing. Selain untuk memasarkan bisnis pada para target konsumen, email marketing untuk jangka panjang juga biasa digunakan untuk kebutuhan pemasaran B2B (business-to-business). Simak bagaimana langkah membuat strategi email marketing B2B tersebut pada ulasan di bawah ini. 

Apa Itu Email Marketing B2B? 

Sebelum membahas mengenai langkah-langkah membuat email marketing, sebaiknya dipahami dulu apa yang dimaksud dengan email marketing dan B2B itu sendiri. Email marketing merupakan strategi pemasaran di mana bisnis mengirim pesan yang berisikan promosi dalam bentuk email ke banyak orang dalam skala yang besar. 

Lantas, bagaimana dengan B2B? B2B atau business-to-business merupakan istilah untuk transaksi antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Jika dikaitkan dengan email marketing, email marketing B2B bisa diartikan sebagai strategi pemasaran dengan menggunakan media email, guna memasarkan bisnis pada bisnis lainnya, bukannya pada para target konsumen. 

Pemasaran melalui email untuk kepentingan B2B ini biasanya ditujukan untuk para individu atau pihak di bisnis lain yang memiliki kontrol atau bisa memengaruhi keputusan terkait dengan pembelian. Jika pembelian bisa diwujudkan, tentu saja itu berarti email marketing yang dilakukan oleh pelaku bisnis lainnya berhasil dilakukan.   

Langkah-Langkah Menyusun Strategi Email Marketing untuk Jangka Panjang 

Meskipun email marketing bisa dibilang sebagai strategi digital marketing yang sudah lama eksis dibandingkan dengan strategi lainnya, tetap saja strategi ini digunakan hingga sekarang karena memang bagus dampaknya bagi penjualan. Makanya, kamu tidak bakal menyesal pakai strategi ini. Bagi kamu yang ingin menyusun strategi email marketing B2B, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

Pahami Bisnis yang Jadi Target Email Marketing 

Bukan hanya konsumen, namun kamu juga harus memahami bisnis yang jadi target dari strategi email marketing yang akan dilakukan nanti. Tidak peduli apakah bisnis yang jadi targetmu nanti berskala besar atau kecil, kamu harus tetap melakukan research terlebih dahulu atas bisnis tersebut, untuk mengetahui informasi sebanyak mungkin terkait dengannya.

Dengan memahami bisnis yang jadi target email marketing-mu nanti, maka kamu bisa mengetahui masalah atau kebutuhan dari bisnis tersebut. Nantinya, melalui email marketing yang kamu kirimkan, kamu bisa berikan informasi terkait solusi yang ditawarkan oleh bisnismu, untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh bisnis tersebut. 

Tentukan Persona dari Bisnis yang Jadi Target Email Marketing 

Langkah selanjutnya dalam menyusun strategi email marketing B2B adalah menentukan persona dari bisnis yang jadi target email marketing yang akan kamu jalankan. Persona ini nantinya bisa membuatmu lebih tahu, bisnis mana saja yang jadi target dari email marketing. Dari persona ini jugalah kamu bisa menyusun email marketing yang isinya sesuai dengan persona target bisnis nantinya. 

Lantas, bagaimana sih caranya untuk menentukan persona dari target bisnis untuk email marketing nantinya? Nah, kamu bisa memulainya dengan mencari tahu tantangan apa yang dihadapi oleh konsumen idealmu, menentukan tipe bisnis yang jadi target, memastikan jabatan dari orang yang akan menerima email marketing, serta tanggung jawab kerja dari orang tersebut. 

Tetapkan Tujuan Email Marketing yang Hasilnya Bisa Diukur 

Strategi email marketing yang kamu lakukan tentu saja harus ada tujuannya. Keberadaan tujuan ini akan jadi tolak ukur keberhasilan dari strategi email marketing B2B tersebut nantinya. Selain itu, tujuan email marketing yang jelas sifatnya dan bisa dicapai juga akan jadi motivasi bagi kamu untuk terus berusaha mewujudkannya. 

Dalam menetapkan tujuan email marketing ini, awalnya sesuaikanlah dengan tujuan bisnis yang kamu jalankan. Sesudah itu, pastikan tujuan email marketing yang kamu buat dan tetapkan tersebut sifatnya bisa diukur, berhasil atau tidaknya. Agar lebih mudah dalam mengukur keberhasilannya nanti, kamu bisa gunakan angka dalam menetapkan tujuan email marketing tersebut.  

Buat Linimasa Proses Email Marketing 

Langkah menyusun strategi email marketing untuk jangka panjang selanjutnya adalah membuat linimasa atau timeline proses email marketing tersebut. Keberadaan linimasa ini nantinya akan sangat krusial sifatnya untuk mencapai tujuan dari strategi email marketing. Maka dari itu, buatlah atau susunlah linimasa yang sifatnya realistis, khususnya dari segi waktu eksekusinya nanti.

Kamu bisa siapkan linimasa atau timeline untuk kurun waktu setahun pelaksanaan strategi email marketing tersebut. Pada linimasa tersebut, pastikan kamu mencantumkan deadline yang spesifik, serta topik yang diusulkan untuk masing-masing email pemasaran nantinya. Linimasa ini nantinya bisa kamu revisi atau perbaiki, agar bisa mencapai targetmu tepat waktu.  

Analisis Hasil dari Strategi Email Marketing 

Menyusun dan mengeksekusi strategi saja tidaklah cukup, kamu juga harus sediakan waktu untuk menganalisis hasil dari strategi email marketing yang dijalankan. Dengan cara inilah kamu bisa tahu mana saja hal yang memang bisa membantu mencapai target yang sudah ditetapkan sebelumnya, serta mana yang sekiranya sama sekali tidak mendatangkan hal yang diinginkan. 

Analisis atas strategi email marketing ini bisa kamu lakukan per periode waktu tertentu, baik itu per minggu, per bulan, ataupun per kuartal. Hasil dari analisis ini bisa kamu jadikan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan strategi yang sudah baik, serta memperbaiki strategi yang sekiranya masih belum cukup dan belum mendatangkan hasil yang diinginkan.  

Email marketing untuk jangka panjang bisa jadi media pemasaran yang bagus untuk bisnis. Agar strategi email marketing B2B yang kamu jalankan bisa berhasil, kamu bisa lakukan 5 langkah di atas dalam membuatnya. Keberhasilan email marketing B2B ini akan mendatangkan keuntungan bagi bisnismu dalam menggaet bisnis lain sebagai konsumen. 

Sumber: 

Islam, Sabirah. (2020, September 03). 5 Steps to Developing a B2B Email Marketing Plan. WeMail. Diakses pada tanggal 8 April 2023 melalui https://getwemail.io/email-marketing/b2b-email-marketing-plan/

Kearns, Steve. (2022, Juli 04). What Is B2B Marketing: Definition, Strategy, and Trends. Linkedin. Diakses pada tanggal 8 April 2023 melalui https://www.linkedin.com/business/marketing/blog/content-marketing/what-is-b2b-marketing-definition-strategy-and-trends

Sherman. (2022, Juni 16). 5 Steps to Developing a B2B Email Marketing Plan. Lyfe Marketing. Diakses pada tanggal 8 April 2023 melalui https://www.lyfemarketing.com/blog/b2b-email-marketing/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *