River

5 Cara Membangun Tim Digital Marketing Agensi

5 Cara Membangun Tim Digital Marketing Agensi

Digital marketing kini menjadi strategi pemasaran yang dinilai sangat efektif bagi sebuah perusahaan. Tidak heran jika bisnis digital marketing agensi kini punya peluang yang begitu besar dan menjanjikan. Kamu juga bisa menjalankan bisnis ini jika memiliki tim yang kompeten dan kompak. Berikut adalah 5 cara penting yang bisa kamu lakukan untuk membangun tim digital marketing yang tepercaya.

  • Pahami Tujuanmu

Pertama-tama kamu harus paham dulu apa yang jadi tujuanmu. Sebelum membentuk tim digital marketing, kamu harus tahu apa yang ingin dicapai di sini. Kamu akan menjalankan bisnis digital marketing dengan sistem atau konsep seperti apa. Layanan apa saja yang akan kamu tawarkan kepada klien dan hal-hal lain yang berhubungan dengan operasional agensi nantinya. 

Kebutuhan tim tersebut sudah pasti akan dipengaruhi oleh tujuan yang ingin dicapai oleh bisnismu. Kamu harus membentuk tim yang bisa membantu tercapainya tujuan dan target. Oleh sebab itu hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi tujuan tersebut. 

Di zaman sekarang, ada banyak sekali agensi yang bergerak di bidang digital marketing. Jika kamu masih merintis, maka kamu bisa mulai dengan target yang tidak terlalu besar. Kamu bisa mulai dengan jangkauan yang lebih kecil sehingga anggota tim dan kompetensinya dapat menyesuaikan. Nantinya kebutuhan tim ini bisa dikembangkan seiring berjalannya waktu. 

  • Hitung Anggaran yang Tersedia

Selanjutnya hitunglah anggaran yang tersedia untuk membentuk tim digital marketing tadi. Masalah anggaran atau bujet ini sangat penting mengingat kelancaran pembentukan tim sudah pasti akan dipengaruhi oleh hal tersebut. Bentuklah tim sesuai dengan anggaran yang tersedia agar prosesnya bisa berjalan lancar dan tidak memberatkan dirimu sendiri.

Tentu akan ada banyak hal yang harus dipertimbangkan di sini. Apalagi jika kamu masih merintis bisnis digital marketing dan memiliki bujet terbatas. Misalnya, saat anggaranmu benar-benar terbatas maka kamu bisa mempertimbangkan freelancer atau fresh graduate untuk bergabung.

Semakin banyak anggota tim yang kamu rekrut, tentu akan semakin banyak biaya yang perlu dikeluarkan. Oleh sebab itu hitung baik-baik berapa banyak orang yang sebaiknya bergabung. Kamu harus memastikan bahwa bujetmu sesuai dengan jumlah orang yang akan direkrut ke dalam tim. 

  • Cari Tahu Kebutuhan Tim

Kamu harus mencari tahu seperti apa kebutuhan tim digital marketing agensi yang akan kamu buat. Tentu setiap agensi memiliki kebutuhan tim yang berbeda-beda. Jika kamu paham kebutuhan agensimu maka kamu tahu siapa saja yang harus direkrut. Kamu tahu posisi apa saja yang akan dibutuhkan sehingga agensi digital marketing yang kamu kelola bisa berjalan. 

Perlu diketahui bahwa ada beberapa posisi yang akan kamu butuhkan dalam tim digital marketing. Mulai dari digital marketing analyst, content strategist, digital marketing strategist, customer relation officer, dan masih banyak lagi. Setiap posisi memiliki tugas yang berbeda dan butuh kompetensi atau skill yang berbeda pula. 

Sebaiknya kamu cari tahu apa saja yang menjadi kebutuhan utama sebuah agensi digital marketing. Anggota tim di posisi apa saja yang paling penting untuk dipenuhi pertama kali. Mulailah dari kebutuhan dasar terlebih dahulu sehingga agensi digital marketing-mu bisa berjalan meskipun anggota tim tidak begitu banyak. Nantinya kamu bisa merekrut lebih banyak orang dengan tugas yang berbeda-beda. 

  • Lakukan Rekrutmen dengan Tepat

Jika sudah tiba waktunya melakukan rekrutmen, maka lakukanlah dengan cara yang tepat. Proses rekrutmen itu sendiri tidak bisa disepelekan karena akan berpengaruh besar pada kesuksesan jasa digital marketing yang kamu kelola. Jika kamu menjalankan rekrutmen dengan tepat maka kamu juga akan memperoleh tim yang benar-benar kompeten. 

Susunlah persyaratan rekrutmen yang jelas dan sesuai kebutuhan tim. Setelah itu atur proses rekrutmen dengan sebaik mungkin sesuai kebutuhan. Pastikan bahwa proses rekrutmennya berjalan cukup ketat sehingga kamu bisa mendapatkan anggota tim sesuai kualifikasi. Ingat, semua anggota tim yang direkrut harus sesuai kebutuhan dan memenuhi kriteriamu. 

Di zaman digital seperti sekarang, rekrutmen bisa berjalan dengan berbagai cara. Kamu bisa merencanakan proses rekrutmen jarak jauh maupun tatap muka langsung. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan yang akan dijalankan oleh calon anggota tim digital marketing

  • Pastikan Ada Job Desc yang Jelas

Penting sekali untuk memastikan job desc setiap anggota tim yang berhasil direkrut. Pengaturan job desc ini akan membantu membuat timmu bisa bekerja dengan baik dan efektif. Setiap posisi harus punya aturan job desc yang jelas sesuai kemampuan masing-masing. Hal ini juga akan membantu mereka menyelesaikan semua tugas dengan baik tanpa ada yang kurang. 

Di sini kamu butuh pemahaman yang mencukupi tentang setiap posisi dalam sebuah agensi digital marketing. Jika kamu paham betul tentang semua peran tersebut, maka lebih mudah untuk menyusun job desc-nya. Dari sini kamu juga lebih mudah memberi penjelasan kepada anggota tim yang ikut seleksi sehingga mereka paham apa yang harus dikerjakan. 

Masalahi job desc ini juga biasanya perlu disertakan dalam pengumuman perekrutan. Mereka yang ingin ikut rekrutmen harus tahu apa saja yang akan dikerjakan di dalam tim. Pada akhirnya mereka punya ekspektasi yang sesuai begitu juga dengan penawaran gaji yang kamu berikan. Jadi tidak akan ada kesalahpahaman setelah pelamar berhasil kamu rekrut ke dalam tim. 

Membangun tim digital marketing agensi yang kredibel memang tidak mudah. Kamu harus memulai dari hal-hal mendasar dan lebih teliti memilih orang-orang yang kompeten. Tidak ada salahnya merekrut tenaga kerja freelance jika memang mereka kompeten dan bisa menyelesaikan tugas dengan baik sesuai target yang kamu inginkan. 

Sumber:

Digital Marketing School. (2018, Agustus 16). Langkah-Langkah yang Perlu Diperhatikan dalam Membentuk Sebuah Tim Digital Marketing. Diakses pada tanggal 10 Juli 2023 melalui https://www.digitalmarketingschool.id/langkah-langkah-yang-perlu-diperhatikan-dalam-membentuk-sebuah-tim-digital-marketing/.

Qwords. (2022, November 01). Panduan Cara Memulai Digital Agency dari Nol untuk Pemula. Diakses pada tanggal 10 Juli 2023 melalui https://qwords.com/blog/digital-agency/.

Pambudi, Novian. (2022, Februari 13). Struktur Tim Digital Marketing Paling Ideal. Diakses pada tanggal 10 Juli 2023 melalui https://visionic.co.id/struktur-tim-digital-marketing/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *