Promosi atau iklan memiliki peran penting bagi perkembangan bisnis. Salah satu metode pemasaran yang kian populer adalah paid ads atau iklan berbayar. Jenis iklan ini mulai banyak digunakan sejak hadirnya internet dan media sosial.
Media digital yang biasa digunakan antara lain Google Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan lain sebagainya. Iklan berbayar ini bisa menjadi strategi digital marketing yang cukup efektif untuk bisnis Anda. Dengan menggunakan iklan berbayar, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.
Apa Keunggulan dari Paid Ads dalam Pemasaran Digital?
Pada dasarnya paid ads adalah iklan berbayar yang disediakan oleh beberapa platform digital. Kenapa harus menggunakan paid advertising atau iklan berbayar? Berikut beberapa keunggulan dari iklan berbayar untuk bisnis yang perlu diketahui.
1. Lebih efektif dibanding hasil organik
Hasil pencarian organik mungkin menjadi strategi efektif untuk mendapatkan konsumen yang setia. Namun, untuk mendapatkan hasil organik ini bukan perkara mudah dan bahkan bisa memakan waktu yang cukup lama.
Dibanding hasil organik, iklan berbayar dapat memberikan hasil yang lebih cepat. Pasalnya, konten Anda akan bisa dimuat pada iklan di bagian paling atas yang lebih mudah untuk dilihat ribuan orang dalam waktu singkat.
Iklan berbayar jelas diperlukan jika ingin iklan Anda mudah ditemukan konsumen meski situs Anda tidak masuk pada halaman pertama Google. Paid advertising dapat menempatkan iklan Anda di tempat strategis agar mudah dilihat dan berpotensi mendatangkan traffic ke situs utama dengan kata kunci tertentu.
2. Iklan lebih terukur
Alasan lain mengapa penting menggunakan iklan berbayar adalah tingkat keberhasilan iklan yang lebih mudah terukur. Jenis iklan ini memiliki indikator maupun tool yang dapat membantu Anda mengukur performa iklan.
Misalnya Anda menggunakan social media ads, biasanya ada tool analitik khusus untuk mengetahui jumlah iklan yang diklik, siapa saja yang melihat iklan Anda, dan bagaimana performa iklan dalam mempengaruhi penjualan.
Dengan melihat insight dari suatu iklan berbayar ini, Anda juga bisa mengevaluasi apakah iklan tersebut bekerja dengan baik atau tidak. Apabila masih jauh dari target, maka bisa dilakukan evaluasi untuk strategi yang lebih baik.
3. Target audiens lebih spesifik
Pemilik bisnis sangat disarankan untuk menggunakan iklan berbayar. Alasannya iklan ini memberikan kendali penuh bagi Anda untuk menentukan siapa yang melihat iklan atau di mana Anda menempatkan iklan.
Anda juga bisa melihat analitik platform digital untuk mendapatkan informasi seperti minat, hobi, topik, kata kunci, demografi, dan kebiasaan audiens. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan psikografis audiens agar dapat menjangkau mereka yang tertarik atau memiliki peluang untuk menggunakan produk Anda.
Apabila audiens melakukan klik pada iklan, Anda bisa menjalankan kampanye sehingga bisa terus melibatkan audiens atau pelanggan potensial yang tertarik dengan brand Anda. Cara ini akan membuat brand Anda lebih dekat dengan pelanggan potensial.
4. Biaya dapat disesuaikan
Paid ads dapat membantu Anda memperkenalkan produk ke audiens dengan jangkauan yang sangat luas dan besar. Meski demikian, tidak perlu khawatir karena biaya iklan yang dikeluarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau budget perusahaan.
Anda sendiri yang dapat menentukan biaya pemasangan iklan, mulai dari nominal kecil hingga besar. Strategi pemasaran digital ini sangat efektif agar anggaran iklan tidak over budget. Semua tergantung kebutuhan produk Anda dan biaya yang tersedia.
Biaya lebih terjangkau misalnya untuk iklan berbayar seperti PPC, Anda hanya perlu membayar saat ada yang melakukan tindakan klik iklan atau mengunjungi website Anda. Apabila tidak ada klik, maka Anda tidak perlu membayar.
Apabila iklan yang dijalankan untuk brand awareness, Anda bisa menggunakan PPV dengan biaya yang akan dikenakan per 1.000 tayangan. Jadi, saat menggunakan jenis iklan ini, Anda hanya perlu membayar sesuai dengan jenis iklan yang dijalankan. Silakan tentukan dulu budget iklan Anda dan pilih jenis iklan sesuai kebutuhan.
5. Meningkatkan brand awareness hingga penjualan
Paid ads sangat efektif untuk membangun dan meningkatkan brand awareness. Misalnya, saat iklan Anda terus muncul di feed audiens, mereka akan mulai familiar meskipun mereka awalnya tidak tertarik dengan produk Anda.
Dengan cara ini, lambat laun dapat menarik audiens untuk mulai penasaran dan mencari tahu brand yang sering muncul di feed mereka. Produk Anda pun akan mulai dikenal yang nantinya berpeluang terjadi pembelian.
Iklan berbayar memiliki potensi yang cukup besar dalam menjaring pelanggan baru. Tidak sedikit pelanggan yang membeli suatu produk setelah melihat sekilas iklannya di Instagram, Facebook atau platform digital lainnya.
Paid advertising atau iklan berbayar dapat membantu menempatkan iklan Anda di tempat strategis untuk menggaet calon pelanggan yang potensial dan mengarahkan mereka ke situs utama yang relevan.
Apabila tertarik, mereka bisa lanjut melakukan transaksi pembelian. Semakin sering terjadi transaksi, otomatis ROI (Return on Investment) atas iklan berbayar yang Anda gunakan akan semakin tinggi.
Bagaimana, tertarik untuk menggunakan paid ads atau iklan berbayar? Semua kendali ada di tangan Anda, mulai dari biaya iklan, target audiens, dan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Referensi:
Cinthya. 2023. “Apa Itu Paid Marketing? Ini Pengertian, Jenis dan 6 Manfaat Besarnya untuk Bisnis”. Accurate.id
Uptown. 2021. “10 Keuntungan yang Didapatkan Jika Menggunakan Paid Ads untuk Bisnis”. Uptown.id
Chuby Rawit. 2019. “Paid Ads: Apa dan Mengapa Penting?”. Chubbyrawit.id