River

4 Skills yang Wajib Dimiliki oleh Creative Director

4 Skills yang Wajib Dimiliki oleh Creative Director

Creative director merupakan orang yang bertanggung jawab untuk sebuah tim kreatif. Posisinya jauh lebih tinggi daripada art creator sehingga tanggung jawabnya juga lebih besar. Seorang creative director memegang kendali yang cukup besar terhadap image suatu brand atau perusahaan.

Creative director harus mampu bekerja sama dengan tim lain seperti tim IT dan tim art director. Jika ada anggota tim yang tidak menguasai suatu pekerjaan maka creative director harus mampu menjembatani tim kreatif agar bisa melanjutkan pekerjaan. Berikut setidaknya ada 4 keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang creative director.

1. Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Creative director merupakan orang yang menentukan arahan kreatif sebuah proyek dan menerjemahkannya dalam bentuk karya visual. Karya visual yang dimaksud merupakan produk dalam bentuk cetak, digital, maupun instalasi. Agar bisa melakukan arahan yang kreatif, tentu saja dibutuhkan kreativitas tinggi. 

Kreativitas merupakan pendorong utama dibalik inovasi dan keberhasilan campaign yang menonjol. Creative director harus mampu menginspirasi dan memotivasi timnya dengan cara berpikir out of the box sehingga berpengaruh terhadap anggota tim untuk berani mengeksplorasi ide-ide baru yang revolusioner. 

Dunia pemasaran yang berubah dengan sangat cepat harus dihadapi dengan kreativitas tinggi. Orang yang kreatif akan memiliki kemampuan untuk menemukan solusi yang inovatif dan unik. Dengan begitu maka campaign yang dihasilkan mampu menarik perhatian dan berbeda dengan para pesaingnya. 

Kreativitas yang tinggi tidak hanya sebatas ide-ide yang menarik, akan tetapi juga tentang menghubungkan kreativitas dengan tujuan bisnis dan strategi pemasaran. Kreativitas yang tinggi merupakan aset berharga bagi seorang creative director

Melalui kreativitas seseorang dapat berkembang dan mengarahkan tim untuk menghadirkan pesan-pesan yang memikat dan berarti bagi audience. Keunikan yang mampu menarik perhatian tentu saja bisa berdampak positif dalam dunia industri yang semakin kompetitif. 

2. Harus Mahir dalam Storytelling

Seorang creative director harus mahir dalam storytelling karena storytelling merupakan alat paling kuat dalam dunia pemasaran dan periklanan. Cerita yang bisa membangun koneksi emosional dengan audience hanya bisa dihadirkan oleh seorang creative director yang mahir dalam merangkai storytelling

Hal ini disebabkan karena informasi yang disajikan dalam bentuk cerita jauh lebih mudah dipahami dan diingat. Oleh karena itu, kamu harus mampu mengemas pesan atau konsep dalam bentuk cerita sehingga bisa membuatnya lebih melekat dalam ingatan. 

Melalui storytelling kamu bisa menjelaskan nilai-nilai dan misi merek dengan cara yang lebih menarik dan inspiratif. Hal ini akan membantu menciptakan citra merek yang kuat dan meningkatkan ikatan emosional dengan konsumen. 

Kamu harus mampu mengemas pesan mengenai fitur dan manfaat produk maupun layanan dalam sebuah cerita menarik sehingga para audiens bisa memahami bagaimana produk tersebut bisa memberikan nilai tambah dalam kehidupan mereka. 

Cerita yang menarik juga mampu meningkatkan engagement dan interaksi dengan audiens. Jadi pastikan pesan yang dibuat harus mampu menghasilkan cerita yang mengundang respon atau partisipasi dengan para audiens. 

Jadi creative director harus mampu membuat cerita pengalaman yang mendalam dan berkesan bagi audience. Kemampuan ini memungkinkan brand untuk mencapai tujuan pemasaran dengan cara yang lebih persuasif, berarti dan efektif. 

3. Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

Seorang creative director harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik karena komunikasi yang efektif merupakan elemen kunci dalam kesuksesan pekerjaannya. Menjadi seorang creative director berarti kamu memiliki tanggung jawab dalam mengkomunikasikan visi kreatif kepada tim kreatif. 

Hal itu tidak hanya bermanfaat untuk tim kreatif saja, tapi juga sangat berguna saat melakukan interaksi dengan klien karena kamu akan berurusan dengan klien secara langsung. Sebagai perwakilan tim kreatif tentu saja kamu harus menyampaikan presentasi dan melakukan pitching kepada klien. 

Keterampilan dalam berkomunikasi akan membuat kamu mampu memahami kebutuhan klien dan mengatasi masalah secara tepat. Melalui komunikasi kamu akan mengungkapkan ide-ide kompleks dengan cara yang jelas dan inspiratif.

Pesan-pesan yang disampaikan pada tim yang berada di bawah naungan juga harus disampaikan dengan jelas agar anggota tim bisa memahami secara tepat apa yang diharapkan dan diinginkan dari sebuah proyek. 

Selain itu, keterampilan komunikasi yang baik memungkinkan kamu untuk membuat narasi yang kuat dari sebuah brand sehingga pesan yang akan disampaikan bisa tepat sasaran. Dengan begitu maka produk yang dipromosikan akan mendapat umpan balik dari para audiens. 

4. Skill Project Management yang Baik

Mampu mengelola proyek dengan efisien dan efektif  harus dikuasai oleh seorang creative director. Pertama kamu harus bisa mengatur jadwal dengan baik. Dalam menyusun jadwal tentu saja butuh kemampuan mengidentifikasi tenggat waktu secara tepat.

Melakukan identifikasi secara tepat bisa membuat kamu mengalokasikan sumber daya dan membuat rencana kerja secara terperinci karena dalam setiap proyek akan ada saja kendala-kendala yang muncul. 

Melalui keterampilan project management, kamu akan bisa mengidentifikasi risiko potensial dengan cepat dan menemukan solusi untuk mengatasinya karena kita tahu dunia industri kreatif cenderung berubah dengan sangat cepat. 

Kita harus selalu bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada. Dengan menguasai project manajemen maka kamu akan siap menghadapi perubahan mendadak atau permintaan perubahan dari klien. 

Jadi skill project management dibutuhkan oleh creative director untuk mengelola proyek dengan sukses dari awal hingga akhir. Hal itu melibatkan kemampuan untuk mengatur jadwal, mengkoordinasi tim, mengelola anggaran hingga mengidentifikasi resiko dan menyelesaikan tugas sesuai dengan deadline yang sudah ditetapkan. 

Itulah 4 skills dasar yang harus dikuasai oleh seorang creative director. Untuk bisa memiliki keterampilan tersebut tentu saja bisa didapat dengan cara belajar dan berlatih. Bahkan saat ini banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan untuk belajar keterampilan-keterampilan tersebut secara gratis di internet.

Referensi

Apa Saja Sih, 6 Skill yang Harus Dimiliki oleh Creative Director? Simak di Sini!. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023 melalui https://glints.com/id/lowongan/skill-yang-harus-dimiliki-creative-director/

Perbedaan Art Director dan Creative Director, Sudah Tahu?. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023 melalui https://www.cermati.com/artikel/perbedaan-art-director-dan-creative-director-sudah-tahu

5 Creative Director Skills and How To Improve Them. Dikases pada tanggal 30 Juli 2023 melalui https://www.indeed.com/career-advice/resumes-cover-letters/creative-director-skills

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *