Saat ini ada banyak pilihan agency digital marketing Jakarta yang bisa kamu ajak untuk bekerja sama. Namun kamu harus tahu kalau memilih agensi dalam pemasaran digital bukanlah sebuah hal yang mudah. Salah pilih bisa membuat kamu rugi karena performa iklan kurang optimal dan pelayanannya mungkin kurang memuaskan. Lalu, apa yang perlu dilakukan?
Kriteria Memilih Agensi Digital Marketing
Pemasaran digital memang sedang populer saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, pemasaran lewat platform digital dianggap jauh lebih efektif. Demi mendapatkan hasil marketing yang optimal, maka kamu harus memilih agensi yang tepat. Berikut ini beberapa kriteria yang bisa dijadikan acuan dalam memilih agensi digital marketing terbaik.
Memiliki Layanan yang Responsif
Tentu saja agensi tersebut harus memiliki layanan yang responsif. Ini sangat penting untuk diperhatikan apalagi sebagai klien karena kamu pasti butuh pelayanan yang cepat tanggap. Apalagi urusan marketing ini sangat penting untuk keberlangsungan bisnis yang kamu jalankan.
Pastikan bahwa agensi tersebut memiliki customer service yang mudah dihubungi dan cepat tanggap dalam melayani kliennya. Hal ini juga berlaku untuk jalinan kerja sama jangka panjang. Selama kamu bekerja sama dengan agensi tersebut, maka kamu harus bisa mendapatkan kemudahan untuk menghubungi layanan mereka.
Menguasai Semua Jenis Platform Iklan
Kriteria lain yang harus dimiliki oleh agensi digital marketing adalah menguasai berbagai jenis platform iklan. Ini sudah menjadi sebuah kriteria mutlak karena bagaimanapun juga agensi tersebut akan mengoptimalkan performa iklan melalui berbagai jenis media.Semakin beragam media digital yang dipakai untuk beriklan maka akan semakin optimal hasil iklannya.
Lihat baik-baik apa saja media digital yang akan mereka gunakan untuk memasarkan produkmu. Pastikan bahwa media-media yang mereka kuasai sudah sesuai dengan target konsumen yang kamu inginkan. Hal semacam ini akan membuat hasil iklan jadi lebih optimal dan memenuhi target.
Mampu Mengukur Tingkat Keberhasilan
Kamu juga perlu memastikan bahwa agensi digital marketing yang akan diajak bekerja sama mampu mengukur tingkat keberhasilan. Artinya, tim yang bekerja di agensi tersebut bisa melakukan evaluasi dan mengukur sejauh apa keberhasilan iklan tersebut. Kemampuan semacam ini akan membantumu untuk menilai apakah memang iklan yang dilakukan sudah efektif atau belum.
Banyak agensi digital marketing yang jago melakukan pemasaran di berbagai media. Namun tidak semuanya ahli menganalisis data dan mengukur keberhasilan di masing-masing media tersebut. Padahal kemampuan analisis dan evaluasi ini sangat penting untuk membantu mengoptimalkan hasil iklan nantinya.
Memahami Semua Jenis Tools Iklan
Dalam dunia digital marketing, ada banyak sekali jenis tools yang bisa dimanfaatkan. Tentu saja digital marketer yang bekerja denganmu harus memahami semua jenis tools tersebut. Logikanya mudah, jika tim yang bekerja paham semua jenis tools dan bisa memanfaatkan secara optimal maka hasil akhirnya pun akan memuaskan.
Pemasaran digital tidak dilakukan secara asal-asalan. Ada strategi dan teknik yang harus diterapkan di dalamnya. Ada juga beragam jenis tools yang harus dipakai agar hasil iklan lebih optimal. Jadi sudah menjadi kewajiban bagi tim digital marketing untuk memahami fungsi dan cara pemakaian tiap tools tersebut.
Mampu Melakukan Remarketing
Hal berikutnya yang juga menjadi kriteria agensi digital marketing yang baik adalah punya kemampuan melakukan remarketing. Pemasaran bukan hanya sebuah aksi singkat untuk menarik perhatian publik. Lebih dari itu, pemasaran merupakan sebuah bentuk tindakan jangka panjang untuk membuat publik kembali melirik produkmu dan membelinya secara berkelanjutan.
Itulah mengapa sebuah agensi digital marketing harus mampu melakukan remarketing. Ini merupakan strategi untuk memasarkan kembali atau menampilkan kembali iklan yang sudah pernah dilihat oleh masyarakat. Tujuan utamanya adalah untuk merangkul konsumen potensial dan menjadikan mereka sebagai pelanggan yang loyal.
3 Hal yang Perlu Ditanyakan sebelum Deal
Sebelum menjalin kerja sama dengan agensi digital marketing, kamu harus benar-benar teliti. Sebagai calon klien, kamu perlu mengajukan 3 pertanyaan penting sebagai bahan pertimbangan. Berikut ini 3 hal yang perlu ditanyakan sebelum deal bekerja sama dengan agency digital marketing Jakarta.
Media Digital yang Digunakan
Setiap agensi digital marketing mungkin memiliki fokus media digital yang berbeda-beda. Jadi lebih baik diskusikan dulu media digital apa yang akan mereka pakai. Tentunya setiap jenis bisnis sudah memiliki target pasar masing-masing dan setiap target pasar punya relevansi yang berbeda-beda dengan media digital dalam beriklan.
Pastikan agensi tersebut memakai media digital yang memang sesuai dengan target pasarmu. Jangan lupa tanyakan juga kepada mereka seperti apa analisis untuk pemasaran di masing-masing media tadi.
Strategi Pemasaran yang Diterapkan
Agensi digital marketing harus memiliki strategi pemasaran yang jelas. Kamu bisa menanyakan hal ini terlebih dahulu sebelum mencapai deal kerja sama dengan mereka. Diskusikan seperti apa strategi pemasaran yang akan dijalankan dan pastikan strategi tersebut efektif untuk membantu mempromosikan bisnismu di mata publik.
Biaya Pemakaian Jasa
Tentu saja kamu juga harus bertanya soal biaya pemakaian jasa digital marketing di agensi tersebut. Pastikan biaya yang dibebankan sudah sesuai dengan bujet atau anggaran bisnismu. Jika ternyata belum sesuai, maka kamu bisa mencari layanan jasa digital marketing yang lain sesuai dengan kemampuan bisnis.
Ada banyak pilihan layanan agency digital marketing Jakarta yang bisa membantu promosi bisnismu. Namun kamu harus benar-benar teliti memilih agensi yang tepat dan profesional. Pastikan agensi tersebut kompeten untuk mempromosikan bisnismu kepada masyarakat luas agar keuntungan bisnis bisa optimal.
Sumber:
Hamid, Idham. (2021, November 29). Ingin Menggunakan Jasa Digital Marketing? Perhatikan 5 Hal Berikut! Diakses pada tanggal 12 April 2023 melalui https://aptana.co.id/blog-details/Ingin-Menggunakan-Jasa-Digital-Marketing-Perhatikan-5-Hal-Berikut–BL-22.
BAMAI UMA. (2023, Maret 11). 4 Tips Menggunakan Digital Marketing Agency. Diakses pada tanggal 12 April 2023 melalui https://bamai.uma.ac.id/2023/03/11/4-tips-menggunakan-digital-marketing-agency/.
Dahono, Yudo. (2022, Juni 30). Ini Tips Memilih Agensi Digital Marketing yang Terpercaya. Diakses pada tanggal 12 April 2023 melalui https://www.beritasatu.com/news/945817/ini-tips-memilih-agensi-digital-marketing-yang-terpercaya.