Email marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan email sebagai media promosinya. Email akan menghubungkan brand dengan target konsumennya, baik yang sudah menjadi konsumen ataupun konsumen potensial, sehingga memunculkan potensi untuk tindakan pembelian barang atau jasa, meningkatkan brand awareness, dan masih banyak lagi. Email marketing untuk jangka panjang diperlukan oleh perusahaan.
Meskipun email sudah dikenal sejak lama, namun hingga saat ini penggunaan email marketing untuk jangka panjang oleh para marketer masih terbukti ampuh. Hal itu membuktikan bahwa email masih bisa banyak berbicara di era digital sekarang ini. Untuk kamu yang penasaran dengan strategi ini, yuk simak 3 hal yang bikin strategi email marketing ini ampuh digunakan.
Punya Target yang Jelas
Cuma promosi lewat email saja, kok bisa meningkatkan revenue dari brand? Bagi orang yang belum paham cara kerja email marketing, pertanyaan tersebut mungkin kerap berputar di kepala. Namun, bagi orang sudah mengerti, pasti tahu seberapa ampuhnya email marketing tersebut, di mana salah satu kuncinya adalah punya target yang jelas.
Jika menggunakan email marketing, kamu bisa membuat segmentasi daftar email atau email list berdasarkan demografi, lokasi, serta data lain terkait target konsumen. Nantinya, email tersebut akan dikirim ke target konsumen, sesuai dengan kebutuhan dan hal yang menarik bagi target konsumen tersebut. Jadi, bisa dibilang isi email sifatnya spesifik untuk target konsumen yang jadi penerimanya.
Tidak hanya itu saja, email juga bisa dipersonalisasi sehingga membuat target konsumen yang menerimanya merasa lebih dekat dan terhubung dengan brand tersebut. Salah satu contoh dari bentuk personalisasi ini adalah penggunaan sapaan yang merupakan nama dari si target konsumen yang menerima email.
Email sebagai media promosi yang targetnya jelas dan bisa dipersonalisasi inilah yang mungkin tidak ditemukan di beberapa media pemasaran lainnya. Misalnya saja, jika kamu melakukan pemasaran melalui iklan di televisi, maka kamu tidak akan bisa mengontrol siapa saja yang melihat konten iklan tersebut. Kamu hanya bisa berharap kalau iklan bisa dilihat oleh target konsumen.
Bisa Diukur Tingkat Keberhasilannya
Ampuhnya email marketing sebagai strategi pemasaran juga disebabkan karena strategi ini bisa dengan mudah diukur tingkat keberhasilannya. Jika kamu menggunakan email marketing untuk jangka panjang, kamu akan bisa mengukur keberhasilan strategi tersebut dari tindakan yang dilakukan oleh target konsumen atas email yang dikirimkan padanya tersebut.
Untuk mengukur tingkat keberhasilan email marketing ini sendiri, ada beberapa metrik yang bisa digunakan, misalnya seperti open rate atau persentase orang yang membuka email dan membacanya sampai selesai, bounce rate atau persentase penolakan email oleh server penerima, serta click-through-rate atau persentase orang yang mengeklik tautan dalam email tersebut.
Masing-masing metrik ini akan memberikan informasi atau insight terkait karakter target konsumen, sekaligus hal yang menarik bagi target konsumen tersebut. Ragam informasi yang bersumber dari metrik inilah yang kemudian menjadi modal penting untuk menciptakan konten yang menarik bagi target konsumen ke depannya, sekaligus produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhannya.
Meningkatkan Brand Awareness
Penggunaan email marketing untuk jangka panjang akan bisa membantu untuk membangun brand awareness. Email yang secara rutin dikirim pada target konsumen, akan membuat mereka familier dengan brand yang dimiliki, khususnya produk atau jasa yang kamu tawarkan. Eksposur terus-menerus inilah yang kemudian membuat target konsumen merasa terhubung dengan brand tersebut.
Meskipun mungkin awalnya target konsumen ini belum akan melakukan pembelian, namun nama brand sudah terpatri dalam pikiran mereka. Saat tiba momennya mereka membutuhkan produk atau jasa yang memang dihadirkan oleh brand milikmu, maka nama brand milikmu yang selalu mengirim email marketing akan jadi pilihan pertamanya untuk membeli produk atau jasa tersebut.
Tentu saja, untuk bisa membangun brand awareness yang diinginkan melalui email marketing, konten atau isi email yang dikirimkan pada target konsumen harus dirancang semenarik mungkin. Jangan sampai karena isi atau konten email yang membosankan, email marketing yang dikirimkan hanya berakhir di dalam kotak sampah saja.
Tips Membuat Email untuk Email Marketing untuk Jangka Panjang
Email untuk kebutuhan email marketing yang tepat guna adalah email yang berhasil mengajak target konsumennya untuk membaca email dan melakukan tindakan yang diminta dalam konten email tersebut. Makanya, email harus dibuat seoptimal mungkin agar target konsumen merasa tertarik dan melakukan tindakan yang diminta. Simak berikut ini beberapa tips membuat email tersebut.
- Buat desain email yang menonjolkan identitas brand, seperti logo, warna, hingga gaya tulisan.
- Pastikan email bisa diakses dan dibaca dengan optimal baik diakses melalui desktop maupun mobile.
- Personalisasi konten email dengan cara seperti menyebutkan nama penerima di awal email hingga merekomendasikan produk berdasarkan aktivitas pembelian sebelumnya.
- Buat konten email yang sifatnya komunikatif, sehingga penerima bakal merasa email tidak monoton dan lebih personal.
- Kirimkan email lanjutan atau follow-up, untuk memastikan penerima melakukan tindakan yang disebutkan di dalam konten email.
Email memang sudah lama digunakan, namun bukan berarti email sudah tidak lagi relevan untuk digunakan sebagai media pemasaran. Penggunaan email marketing untuk jangka panjang akan bisa membuat brand jadi lebih terhubung dengan target konsumen, karena memang kontennya spesifik untuk si penerima. Hal ini menjadikan email marketing masih ampuh digunakan hingga sekarang.
Sumber:
West, Chloe. (2022, November 29). What is email marketing? Your 101 guide to email campaigns. Sprout Social. Diakses pada tanggal 3 Juli 2023 melalui https://sproutsocial.com/insights/email-marketing/#tips
WebFX Team. Is Email Marketing Still Effective in 2023? WebFX. Diakses pada tanggal 3 Juli 2023 melalui https://www.webfx.com/email-marketing/learn/is-email-marketing-effective/
Rodela, Jimmy. (2022, Agustus 05). Here’s Why Email Marketing Is Still Important. The Ascent. Diakses pada tanggal 3 Juli 2023 melalui https://www.fool.com/the-ascent/small-business/email-marketing/articles/why-email-marketing-is-important/