River

3 Cara Menjadi Digital Marketing Specialist Terbaik

3 Cara Menjadi Digital Marketing Specialist Terbaik

Kalau membicarakan pekerjaan yang laris manis digunakan jasanya pada era digital seperti sekarang, digital marketing specialist tentu saja merupakan salah satunya. Digital marketing specialist adalah seseorang yang paham bagaimana cara memanfaatkan media digital untuk kebutuhan pemasaran. Untuk bisa jadi digital marketing specialist mumpuni, sontek caranya di sini.

Apa Itu Digital Marketing Specialist?

Digital marketing specialist adalah profesi atau pekerjaan yang memiliki tanggung jawab pada sebuah brand untuk menciptakan marketing campaign atau rangkaian aktivitas dengan tujuan mempromosikan brand tersebut. Digital marketing specialist merupakan sosok dibalik perencanaan, penciptaan, pengeksekusian, hingga pengevaluasian marketing campaign tersebut. 

Sebagai seorang digital marketing specialist, ada ragam keahlian yang baiknya dimiliki, agar hasil kerja nanti bisa memuaskan para klien. Adapun keahlian tersebut seperti SEO (Search Engine Optimization), content marketing, email marketing, keahlian dalam berkomunikasi, dan masih banyak lagi. Makin terasahnya keahlian tersebut, akan membuat hasil kerja makin impactful.

Keahlian yang Wajib Dimiliki oleh Digital Marketing Specialist 

Bagus atau tidaknya digital marketing specialist bergantung pada keahlian atau kemampuan apa saja yang dimilikinya. Layaknya profesi atau pekerjaan lain, tentu saja ada beberapa keahlian yang dianggap wajib untuk dimiliki oleh seorang digital marketing specialist. Pastikan kamu menguasai deretan keahlian atau kemampuan di bawah ini untuk jadi seorang digital marketing specialist

Analis Data 

Analisis data atau data analysis merujuk pada pemanfaatan prosedur fungsional dan perangkat lunak modern untuk mengumpulkan dan memproses informasi dari interaksi dunia maya yang dilakukan oleh target audiens. Informasi yang telah berhasil dikumpulkan tersebut kemudian dianalisis, dengan tujuan memanfaatkan hasil analisisnya dalam mengambil tindakan terkait pemasaran. 

Content Creation 

Pemasaran melalui media digital tidak bisa dilepaskan dari yang namanya pembuatan konten atau content creation. Digital marketing specialist harus punya keahlian dalam menciptakan konten yang menarik untuk kebutuhan pemasaran. Konten yang bagus tidak hanya harus berkualitas, namun juga bisa menunjukkan bagaimana proses membangun engagement dengan target audiens. 

SEO dan SEM 

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) juga merupakan keahlian yang wajib dimiliki oleh digital marketing specialist. Baik SEO maupun SEM akan bisa membantu menyalurkan konten yang dibuat ke target audiens, namun juga membantu dalam mempersempit database konsumen, sehingga konten yang dibuat bisa tepat sasaran. 

CRM 

CRM (Customer Relationship Management) merupakan keahlian dalam menentukan strategi yang tepat untuk digunakan memonitor dan memaksimalkan pengalaman konsumen. Digital marketing specialist diharapkan bisa terhubung dengan konsumen, baik secara personal maupun emosional, sehingga bisa meningkatkan loyalitas dari konsumen tersebut. 

Kemampuan Komunikasi 

Digital marketing specialist tidak hanya perlu tahu caranya untuk membuat konten yang bagus demi kebutuhan pemasaran, namun juga harus punya kemampuan komunikasi yang mumpuni. Kemampuan dalam berkomunikasi akan bisa membantu digital marketing specialist dalam menciptakan konten dan menyampaikannya ke target audiens dengan cara yang menarik dan relevan. 

Media Sosial 

Sudah seharusnya digital marketing specialist menguasai penggunaan media sosial yang ada beragam jenisnya. Penguasaan atas media sosial bisa memberikan manfaat bagi digital marketing specialist berupa kemudahan dalam menyampaikan pesan yang relevan pada target audiens, melalui konten yang diunggah di media sosial tersebut. 

Cara Menjadi Digital Marketing Specialist Terbaik 

Kuasai Keahlian Dasar bagi Para Digital Marketing Specialist 

Untuk jadi seorang digital marketing specialist handal, tentu saja kamu harus bisa menguasai keahlian dasar yang wajib dimiliki oleh seorang digital marketing specialist. Keahlian seperti SEO, SEM, CRM, analisis data, kemampuan komunikasi, hingga media sosial sudah harus kamu hafal dan pahami di luar kepala. 

Untuk bisa menguasai keahlian tersebut, kamu tidak harus selalu menempuh jalur pendidikan formal. Ada banyak sekarang ini kursus, baik yang diadakan offline maupun online, yang mengajarkan bagaimana caranya mengasah keahlian tersebut. Makanya, terus asah keahlianmu tersebut agar bisa menjadi digital marketing specialist terbaik bagi para klien. 

Kuasai Ragam Tools di Bidang Digital Marketing 

Dalam dunia digital marketing, ada banyak tool yang digunakan untuk kepentingan pemasaran sebuah brand. Ada yang namanya Google Analytics yang berfungsi untuk memberi data-data statistik pengunjung di sebuah website, ada Google Ads yang digunakan untuk tracking dan memantau upaya periklanan, Hubspot, Buffer, Canva, dan masih banyak lagi. 

Nah, biar kamu makin jago sebagai digital marketing specialist, luangkan waktumu untuk menguasai ragam tool penting di bidang digital marketing ini. Jangan hanya puas dengan menguasai satu atau dua tools saja, karena bisa jadi kompetitormu menguasai lebih banyak tool untuk digital marketing dibandingkan dengan dirimu. 

Terus Asah Kemampuan dengan Mengikuti Kursus atau Bootcamp 

Jangan hanya puas dengan kemampuan yang kamu miliki pada saat ini aja. Bersikaplah haus akan ilmu dan informasi baru, sehingga kamu sebagai digital marketing specialist selalu mengetahui apa saja hal-hal baru di luar sana yang akan berdampak pada kondisi atau kultur digital marketing

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan atau keahlian di bidang digital marketing yang kamu punya. Kamu bisa ikuti kursus, bootcamp, ataupun sertifikasi. Selain membantumu dalam mengasah dan mengembangkan keahlianmu, kamu juga bisa dapat sertifikat yang akan menjadi bukti dari keahlianmu di bidang digital marketing tersebut. 

Digital marketing specialist adalah sosok dibalik pemasaran bisnis atau brand dengan menggunakan media digital. Kamu yang ingin menjadi seorang digital marketing specialist handal, harus pastikan untuk menguasai keahlian atau kemampuan wajib bagi seorang digital marketing specialist. Tak lupa, selalu asah kemampuan tersebut agar makin mumpuni. 

Sumber: 

Latifatunnisa, Hasna. (2022, Juni 16). Cara Menjadi Digital Marketer. RevoU. Diakses pada tanggal 10 April 2023 melalui https://revou.co/panduan-karir/cara-menjadi-digital-marketer

Allbarton, Rosie. (2023, April 05). What Are the Top Skills Every Digital Marketing Specialist Should Have? CF Blog. Diakses pada tanggal 10 April 2023 melalui https://careerfoundry.com/en/blog/digital-marketing/digital-marketing-specialist-skills/

Michael Page Team. Top 7 Skills Required to Become a Digital Marketing Expert. Michael Page. Diakses pada tanggal 10 April 2023 melalui https://www.michaelpage.ae/advice/career-advice/growing-your-career/top-7-skills-required-become-digital-marketing-expert

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *