Shopee merupakan platform e-commerce yang tergolong cukup besar terutama di Asia Tenggara. Dengan membuat akun disana maka secara otomatis Anda bisa memperoleh akses ke berbagai fitur untuk meningkatkan penjualan salah satunya adalah iklan Shopee.
Fitur iklan tersebut jika Anda mampu memanfaatkannya secara baik maka jangkauan usaha serta jaringan konsumen Anda dapat diperluas.
Kenapa Iklan di Shopee Diperlukan?
Penggunaan iklan tersebut memiliki tujuan supaya produk ataupun toko menjadi lebih dikenal konsumen. Jika Anda penjual pemula dan tidak bisa memanfaatkan fitur iklan ini dengan baik tentu saja akan kalah dengan kompetitor yang akan semakin di depan.
Ketika Anda tidak mencoba untuk beriklan maka kesempatan memperoleh pengunjung menjadi lebih lama serta sulit prosesnya dikarenakan persaingan tidaklah sedikit.
Belum lagi ketika barang yang Anda jual merupakan barang lama yang tentunya akan semakin banyak penjual melakukan perang harga.
Tips Pasang Iklan di Shopee
Ketika memasang iklan Shopee tentu saja memahami strategi merupakan suatu hal yang penting untuk memaksimalkan usaha serta menghindari kerugian. Berikut ini merupakan tips supaya Anda bisa memanfaatkan iklan secara tepat guna meningkatkan penjualan produk.
a. Menentukan tujuan iklan secara tepat
Sebelum membuat iklan pastikan terlebih dahulu menentukan tujuan untuk beriklan. Tujuan Anda apakah untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, ataupun ingin memperkenalkan produk baru.
Tentunya dengan menunjukan tujuan di awal Anda bisa menentukan pesan di iklan dengan lebih tepat sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai.
b. Pilih serta sesuaikan jenis iklannya
setelah memastikan tujuan jangan lupa pilih jenis iklan secara tepat serta sesuaikan dengan tujuan kenapa iklan tadi dibuat. Beberapa jenis iklan yang bisa dipilih di Shopee yakni iklan dalam aplikasi, iklan banner, iklan koleksi, iklan pencarian, iklan video, iklan branded content, iklan sponsored product, iklan flash sale, dan iklan event.
c. Pilih produk secara tepat untuk diiklankan
Pastikan juga untuk bisa memilih produk secara tepat untuk nantinya diiklankan. Alangkah baiknya ketika produk yang diiklankan tadi adalah produk yang mempunyai permintaan tinggi di pasaran serta mempunyai keunikan, keunggulan maupun berbeda dengan produk sejenis di pasaran.
d. Menggunakan kata kunci yang relevan
Tips lainnya yakni memakai kata kunci relevan sesuai produk yang ditawarkan. Ini tentunya akan membantu iklan yang dibuat keluar pada halaman depan ketika pengguna akan mencari produk sejenis.
Tidak hanya memunculkan iklan pada halaman depan, pemakaian kata kunci secara tepat juga memiliki tujuan supaya produk menjadi lebih mudah ditemukan calon pembeli. Maka pilih kata kunci yang memang sesuai dengan produk di judul iklan serta deskripsi produk.
e. Membuat deskripsi produk dengan menarik
deskripsi yang menarik umumnya bisa membuat pengguna menjadi tertarik mengklik iklan beserta membeli produk tersebut. usahakan membuat deskripsi secara singkat, jelas, serta informatif guna menggambarkan keunikan dari produk.
Jadi calon pembeli menjadi lebih mudah di dalam memahami produk yang Anda tawarkan pastinya. Jadi jangan remehkan kolom deskripsi dalam sebuah iklan di Shopee ya.
f. Buat promo menarik
Tips lainnya jangan pernah ragu untuk mepertimbangkan penambahan promo menarik di dalam iklan seperti gratis ongkir, voucher cashback, diskon, dan lainnya guna menarik perhatian dari para calon pembeli serta meningkatkan konversi penjualan.
g. Menentukan target market secara tepat
Salah satu fitur yang tersedia di Shopee yakni fitur targeting yang bisa membuat iklan ditargetkan pada audiens secara tepat. Contohnya begini ketika produk yang Anda buat ditujukan untuk wanita rentan usia 20 – 30 tahun, maka iklan yang dibuat dapat ditargetkan untuk kriteria usia tadi.
h. Melakukan uji coba iklan
Tips lainnya yaitu lakukan uji coba pada iklan Shopee guna mengetahui kinerja iklan yang Anda buat. Caranya yakni melakukan uji coba menggunakan budget lebih kecil untuk permulaan kemudian Anda perlu melakukan analisis kinerja iklan. Ketika hasilnya bagus maka dapat lanjut ke iklan lebih besar.
i. Cek performa iklan
Ketiak meluncurkan iklan maka pastikan untuk melakukan pengecekan pada performanya secara rutin. Contohnya periksa jumlah tayangan iklan, konversi penjualan, dan klik. Ketika iklan tadi tidak membuahkan hasil maka pertimbangkan melakukan perubahan strategi iklan ataupun konten iklannya.
j. Jadilah responsif
Ini merupakan hal yang penting namun banyak yang menganggapnya sepele saat berjualan di e-commerce. Ketika ada calon pembeli menghubungi lewat chat Shopee kebanyakan banyak merespon terlalu santai ataupun lambat padahal itu berpengaruh ke performa usaha di Shopee.
Usahakan menjadi penjual responsif supaya calon pembeli menganggap Anda penjual yang profesional. Sehingga kemungkinan calon pembeli untuk membeli barang dagangan Anda menjadi lebih tinggi.
Itulah beberapa tips untuk meningkatkan penjualan di Shopee melalui penggunaan strategi pada iklan Shopee secara tepat. Jika masih bingung tidak ada salahnya menggunakan layanan digital marketing agency dari River Work.
Layanan ini akan mengoptimalkan iklan untuk bisa tampil di mesin pencarian secara optimal sehingga membantu menampilkan iklan ke konsumen pada orang yang tepat dan di waktu yang tepat. Jadi apa yang menjadi tujuan dari iklan tersebut bisa secara maksimal direalisasikan.
Referensi:
Asih Hastini. 2023. “10 Tips Pasang Iklan di Shopee Anti Boncos!”. Ukmindonesia.id
Qblot. “10 Cara Iklan Shopee Agar Tidak Boncos”. Qblot.com
Amirah. Arras. 2022. “Tips Iklan Shopee yang Benar Agar Penjualan Anda Semakin Laris”. Daya.id